image

Rusia dan Belanda Dominasi Kelas Truk Rally Dakar 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 8 January 2019

SPORTKU.COM

Ajang tahunan Rally Dakar 2019 di kategori truk didominasi oleh pebalap dari Rusia dan Belanda yang mengemudikan kendaraan raksasanya.

Kejuaraan Rally Dakar ke-41 di tahun ini resmi diselenggarakan selama 11 hari pada (6-17/1) di Peru. Kompetisi ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh para pecinta reli di seluruh dunia, karena merupakan momen untuk berkumpul dan menyaksikan kendaraan truk, terlebih dengan berat 10 ton terbang di udara.

Pertempuran truk berat tersebut di tahun ini diramaikan oleh kehadiran tim Kamaz dari Rusia dengan pebalapnya Eduard Nikolaev dan navigator Evgenii Iakovlev, serta mekanik Vladimir Rybakov. Selain Rusia, tim dari Belanda yakni Iveco juga ikut turun bersama pengemudinya Gerard De Rooy, navigator Moises Torrallardona, dan mekanik Darek Rodewald.

Kedua tim itu bergabung dengan puluhan kendaraan lainnya dengan total keseluruhan 41 truk. Nikolaev pada 2013 lalu meraih kemenangan pertama. Sementara di tahun lalu pebalap kelahiran 21 Agustus 1984 itu juga menduduki juara pertama dengan kemenangan di tiga stage.

Baca Juga :
Nasser Al-Attiyah Unggul di Stage Pertama Dakar 2019

"Edisi terakhir Dakar sama sekali tidak mudah. Bahkan ada saat-saat ketika kami berpikir semuanya sudah berakhir untuk kami. Syukurlah, para kru tetap solid dan truk kami bertahan. Secara pribadi, itu adalah kegembiraan yang hebat untuk memenangkan Dakar edisi ke-40 saat kami merayakan peringatan ke-30 tim Master Kamaz," kata Nikolaev seperti dikutip dari situs resmi Dakar.

Sedangkan De Rooy, usai rehat satu musim di tahun 2018, ia ingin bangkit dan mengikuti jejak karier sang Ayah, karena Jan de Rooy merupakan mantan pebalap Dakar yang sukses merebut juara pada tahun 1987.

"Cita-cita saya adalah ingin balapan di Afrika Eco Race, seperti Ayah saya. Tapi memang, bertarung melawan tim Kamaz merupakan tantangan yang terlebih dahulu harus dihadapi. Dan mengalahkan mereka, adalah yang terbaik menurut saya."

Sejauh ini dari hasil stage pertama, Nikolaev masih mengungguli para rivalnya, dan De Rooy berada di peringkat keempat klasemen sementara kategori truk. Seperti apa kelanjutan Rally Dakar 2019? Simak terus berita selengkapnya di SPORTKU.

Baca Juga :
Fakta Reli Dakar 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 8 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company