image

Belanda Tempel Ketat Rusia di Stage 1 Truk Rally Dakar 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 8 January 2019

SPORTKU.COM

Duo Belanda, Ton Van Genugten dan Gerard de Rooy memulai Rally Dakar 2019 dengan hasil yang baik di stage pertama.

Dengan mengendarai truk bernomor 509 di stage sepanjang 331 kilometer dengan uji klasifikasi 84 kilometer, Van Genugten harus menyerahkan 18 detik waktu kemenangan untuk pebalap Kamaz, Eduard Nikolaev. Sementara tempat ketiga dihuni oleh pebalap dari Argentina, Federica Villagra yang juga membawa nama tim Iveco.

Untuk rekan kompatriot Van Genugten, de Rooy yang sempat mengalami beberapa masalah teknis selama jalannya stage pertama, mampu menjadi yang tercepat di urutan keempat dengan catatan waktu lebih lambat 1 menit 44 detik dari Nikolaev.

"2018 adalah kejuaraan dakar yang hebat, meski akhirannya mengecewakan bagi saya. Power steering pecah dalam stage di gunung dan berkelok," kata Van Genugten ketika sedang menceritakan pengalaman Rally Dakar 2018. "Bernard, mekanik saya, harus membantu menarik dan mendorong roda untuk melewatinya. Rasanya seperti dua hari berada di gym," lanjutnya.

Baca Juga :
Rusia dan Belanda Dominasi Kelas Truk Rally Dakar 2019

"Tapi itulah yang terjadi dalam olahraga. Saya sudah dekat dengan tahap kemenangan seperti di tahun-tahun sebelumnya, dan akhirnya runtuh karena berbagai macam hambatan. Namun ini adalah pengalaman yang luar biasa, meski sebenarnya saya lebih suka finish di atas podium," tambah pebalap kelahiran 25 Januari 1983 itu.

Sementara pebalap asal Belanda lainnya yang juga ikut berkompetisi di kelas truk dan finish 20 besar, di antaranya Martin van den Brink (ke-13), Gert Huzink (ke-15), Janus van Kasteren (ke-16), Maurik van den Heuvel (ke-18) dan Gerrit Zuurmond (ke-20).

Selanjutnya, ke-41 kendaraan truk akan kembali melanjutkan sembilan stage yang tersisa hingga akhir kejuaraan nanti (17/1). Rally Dakar 2019 merupakan kompetisi balap yang ekstrim guna menyatukan para pebalap serta pesaing amatir yang sengaja datang untuk memenuhi impian mereka. Rally Dakar ke-41 kali ini diikuti oleh 534 pebalap baik pengemudi dan navigator dari 61 negara di seluruh dunia.

Data Fakta Rally Dakar 2019 (Truk)

Stage 1, Lima - Pisco
Tercepat : Eduard Nikolaev (Kamaz) 1 jam 9 menit 5 detik

Baca Juga :
Fakta Reli Dakar 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 8 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company