image

Anastasiya Nifontova, Ibu Dua Anak Tampil di Dakar

Text : Suhartono | Photo / Video : I-Moto, Red Bull | Editor: Andi Wahyudi | 10 January 2019

SPORTKU.COM

Rusia juga punya wakil pebalap wanita di Rally Dakar 2019. Dia adalah Anastasiya Nifontova, ibu dua anak yang memberikan dukungan penuh.

Pebalap kelahiran 19 Januari 1979 ini memulai debutnya di Dakar pada tahun 2017 lalu. Nifontova membuat sejarah pada penampilan pertamanya di Dakar ketika dia bukan hanya wanita Rusia pertama yang berkompetisi dengan sepeda motor, tetapi juga orang pertama yang menyelesaikan balapan dengan baik di posisi ke-75.

Nifontova kembali lagi di ajang Dakar dengan niatan untuk sekali lagi memasuki buku-buku sejarah dalam hidupnya. Kali ini, dan meskipun ia tidak akan menjadi satu-satunya pebalap wanita, ia bermaksud menjadi wanita pertama yang menyelesaikan Dakar dengan sama sekali tanpa bantuan sebagai bagian dari Original by Motul class.

Untuk bisa melakukan tantangan tersebut, selain dari persiapan fisik normalnya, dia juga fokus pada mempelajari aspek-aspek mekanis dari Husqvarna miliknya. Nifontova juga terus belajar tentang bagaimana menangani masalah pada motor balapnya itu. Maklum, sebagai wanita memang kadang suka dianggap remeh soal teknik motor.

“Saya menyukai sepeda sejak usia dini, tetapi saya mendapatkan sepeda pertama saya pada usia 16 tahun. Itu adalah sepeda motor Tula 200cc, sepeda off road kecil di Rusia dengan roda lebar. Penjelajahan pertama saya lakukan di ladang di sekitar rumah orang tua saya," ungkap Nifontova.

"Saya kemudian berkompetisi di balapan pertama saya -di kompetisi Baja Rally- dengan sepeda balap pertama saya Yamaha WR400F 4 tahun kemudian, ketika saya berusia 20 tahun," sambung Nifontova, ibu dua anak yang memang menyukai tantangan.

Dalam ceritanya, sejak masa kecil Nifontova memang lebih suka dengan motor offroad berbodi besar. "Jadi ketika saya mengetahui tentang Dakar, kompetisi paling menantang di dunia, di mana pebalap melintasi gurun dan negara dengan sepeda seperti itu, ide untuk berada di sana menetap di pikiran saya," kenangnya.

Baca Juga
Yamaha R25 Belum Sesuai Ekspektasi Richard Taroreh

"Kenangan saya tentang demonstrasi Dakar itu terutama terkait dengan emosi yang saya lihat, wajah yang lelah, helikopter dan debu berterbangan di udara, gurun yang tak berujung dan kendaraan yang berbeda saling berlomba dengan kecepatan tinggi. Semua gambar ini membuat jantung saya berdetak lebih cepat. Ketika saya besar, saya mulai berlomba dan mencoba berbagai jenis kompetisi motorsport."

Namun ketika waktunya tiba di Dakar 2017, barulah Nifontova mengetahui secara langsung betapa sulitnya bersaing di balapan tersebut. "Saya ingat benar-benar menderita panas di Argentina dan harus berurusan dengan sakit kepala dan pusing yang hebat. Saya hampir berhenti. Tentu saja momen yang paling berkesan adalah ketika saya mencapai finish."

"Untuk Dakar 2019 ini, saya membutuhkan tantangan baru. Secara umum saya suka menantang diri sendiri. Saya menunjukkan bahwa saya dapat menyelesaikannya, sekarang saya ingin melihat apa yang dapat saya lakukan dalam kondisi ekstrim," cetusnya.

"Saya melakukan balapan di Dakar 2019 dengan cara yang lebih keras. Saya tahu bahwa di Dakar tidak ada yang mudah, tetapi kenyataannya bahwa kita tidak harus berurusan dengan hujan dan ketinggian seperti di Bolivia dan ini lebih cocok untukku, saya suka trek pasir. Membuat sejarah itu penting tetapi terutama tentang diri saya sendiri," tutup Nifontova.

Memberanikan diri ikut tampil di Dakar 2019, Nifontova juga mendpaat dukungan penuh dari kedua anaknya. Bahkan anak perempuannya yang masih berusia 15 tahun berpikir jika Nifontova bukanlah sekadar ibu biasa.

Anastasiya Nifontova ikut Dakar sejak tahun 2017

anastasiya-nifontova-ibu-dua-88092b3298ddbea.jpg

Baca Juga
5 Momen Terbaik MotoGP 2018
Penderita Down Syndrome Bikin Sejarah di Rally Dakar 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : I-Moto, Red Bull | Editor: Andi Wahyudi | 10 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company