image

Sara Garcia, Perempuan Anak Mekanik Terjun di Dakar 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : Diario AS | Editor: Andi Wahyudi | 11 January 2019

SPORTKU.COM

Spanyol menjadi negara dengan jumlah pereli terbanyak di Dakar 2019.

Salah satunya adalah pereli wanita Sara Garcia. Garcia merupakan pebalap kelahiran Zamora, sebuah kota di Spanyol pada tanggal 5 Februari 1988 silam. Dia membalap bersama Pont Grup Yamaha dengan tunggangan Yamaha WR450F.

Garcia selalu terbiasa menuntut dirinya untuk bisa meruntuhkan penghalang, mengatasi rintangan, dan mencapai tantangan yang belum pernah dijelajahi. Wanita berusia 30 tahun itu pun memberanikan diri menghadapi tantangan pertamanya di Dakar 2019.

Target Garcia di Dakar 2019 tak main-main. Meski masuk dalam jajaran pebalap pendatang baru, namun dia berupaya untuk menjadi wanita pertama yang menyelesaikan lomba, sesuatu yang belum pernah dicapai oleh pereli wanita siapa pun.

Persiapan Garcia untuk bisa tampil kuat di Dakar juga mengalami kendala. Dia alami kecelakaan di Merzouga Rally yang membuatnya patah tulang selangka atau fraktur klavikula dan menderita pneumotoraks -pengumpulan udara atau gas dalam rongga pleura, yang berada antara paru-paru dan toraks-.

Kecelakaan tersebut menandai persiapan yang membutuhkan banyak biaya untuk diatasi. Juga menurunnya kondisi fisik dan psikologis. "Saya harus mulai dari awal dan melatih banyak pikiran, setelah musim gugur saya harus menggunakan psikolog olahraga. Akhirnya kami berhasil sampai ke Dakar.

Baca Juga
Anastasiya Nifontova, Ibu Dua Anak Tampil di Dakar

Ayahnya telah menjadi pendukung dan tokoh kunci dalam pengembangan hasratnya terhadap sepeda motor, sesuatu yang membuat kompatibel untuk mengetahui teknik mesin.

"Ayah saya sebelum saya lahir dan pada tahun yang sama saya dilahirkan adalah seorang mekanik di Dakar, jadi saya dikelilingi oleh cerita dan anekdot tentang Dakar sepanjang hidup saya, saya tidak pernah dipaksa untuk bertanding tetapi tanpa dia saya tidak akan pernah sampai di sini," sambung Garcia.

Setelah menjadi wanita pertama yang menyelesaikan Intercontinental Rally, Garcia telah menetapkan Dakar sebagai tantangan besar berikutnya dalam cerita hidupnya. "Ini adalah balapan yang luar biasa, satu-satunya tujuan yang saya miliki adalah untuk menyelesaikan balapan ini."

"Ini menjadi salah satu Dakar terberat di Amerika Selatan, pasirnya sangat keras. Kami harus membaca medan dengan sangat baik dan itu melelahkan, kami harus selalu sangat tegang. Ini menjadi edisi Dakar yang berbeda dan sangat menarik."

"Kita semua yang bersaing dalam mimpi ini, untuk selalu berada di Dakar, rasanya tidak mungkin bagi saya empat atau lima tahun yang lalu tetapi sedikit demi sedikit kita menetapkan tujuan. Sekarang saya datang dengan harapan bisa menyelesaikannya," tutup Garcia.

Sara Garcia yang merupakan wanita anak mekanik ikutan Dakar

sara-garcia-perempuan-anak-283810b5005fbdd.jpg

Baca Juga
Melihat Peluang Dimas Ekky Cetak Poin di Moto2 2019
Yamaha R25 Belum Sesuai Ekspektasi Richard Taroreh

Text : Suhartono | Photo / Video : Diario AS | Editor: Andi Wahyudi | 11 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Toby Price, Jawara Dakar 2019

Toby Price, Jawara Dakar 2019

RALLY DAKAR BIKE
KTM Juara Umum Dakar 2019

KTM Juara Umum Dakar 2019

RALLY DAKAR BIKE
Price Menutup Dakar dengan Kemenangan

Price Menutup Dakar dengan Kemenangan

RALLY DAKAR BIKE
Klasemen Sementara Rally Dakar 2019

Klasemen Sementara Rally Dakar 2019

RALLY DAKAR BIKE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company