image

Mengenal Sunil Chhetri, Pesepakbola India Penakluk Messi

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 11 January 2019

SPORTKU.COM

Beberapa hari terakhir ada satu nama pesepakbola India yang menghebohkan publik, namanya Sunil Chhetri. 

Sebelum dua gol yang dia lesakkan ke gawang Thailand di ajang Piala Asia pastinya jarang ada yang mengenal Sunil Chhetri. Tentunya sangat wajar, pasalnya ia berasal dari India, sebuah negara yang tidak terlalu populer di dunia sepak bola. 

Namun, namanya mendadak beken setelah sukses mencetak dua gol sekaligus mengantarkan negaranya menghancurkan Thailand dengan skor 4-1 pada Minggu (6/1). Hal tersebut pun membuatnya mengalahkan superstar asal Argentina, Lionel Messi dalam hal jumlah gol di level tim nasional.

Seperti diketahui, Messi sejauh ini sudah mencetak 65 gol dari 128 kali bersama timnas Argentina. Sedangkan Chettri kini sudah mengoleksi 67 gol untuk timnas India dari 105 kali membela Blue Tigers. 

Dengan jumlah tersebut, Chhetri tercatat sebagai pemain kedua yang mencetak gol terbanyak di level internasional di kategori pesepakbola yang masih aktif. Dia hanya kalah dari bintang Portugal, Cristiano Ronaldo yang sudah mengemas 85 gol dari 154 pertandingan bersama Portugal.

Lalu, kita semua pasti ingin mengetahui apakah sefenomenal itu kualitas Chettri?

Sebagai pesepakbola dari India, Chhetri memang dianugerahi bakat besar. Bagaimana tidak, kita semua tahu bahwa tidak banyak pesepakbol dari India karena olahraga yang populer adalah kriket atau hoki. 

Seperti dilansir BBC, Chhetri yang kini membela klub Bengaluru FC punya julukan ‘Kapten Fantastis’ karena selalu menjadi bintang di timnas India dan memiliki sikap rendah hati yang dicintai oleh rekan setim bahkan lawan. Sedangkan bagi masyarakat India, dia dijuluki sebagai ‘Mr Football’ karena kehebatannya di atas rumput hijau. 

Selebrasi Sunil (kiri) setelah mencetak gol ke gawang Thailand

sunil-chettri-91545a33f25140d.jpg

Baca Juga:
5 Pembelian Terbaik Musim Dingin

Itu pula yang membuatnya pernah mencicipi kompetisi Eropa dan Amerika Serikat. Di Eropa dia pernah bermain untuk Sporting Lisbon di tahun 2012 meski hanya menghangatkan bangku cadangan, namun tetap saja hal tersebut jadi pengalaman yang berharga. 

Dan di Amerika Serikat, dua klub pernah dibelanya, yakni Sporting Kansas City dan Wizards. Sayang, peruntungan Chettri sepertinya bukan di dua benua tersebut, sehingga dia akhirnya kembali ke negara asalnya untuk memperkuat Mumbai FC. 

Bersama Mumbai FC dan Bengaluru namanya terus terdengar sebagai pesepakbola handal di India hingga kini. Yang lebih hebatnya, Chettri mampu tampil secara konsisten di saat rekan seusianya sudah tak lagi produktif. 

Ketajaman serta kemampuannya seolah tidak termakan usia. Dia pernah mengungkapkan bahwa pengalamanlah yang membuatnya bisa terus konsisten. “Saya seperti kentang, usia memang menekan Anda sebagai atlet tapi dengan pengalaman saya bisa menjaga kondisi tubuh agar terus terjaga,” ucap Sunil dikutip ESPN.

Memasuki usia 34 tahun, Chettri memang tidak lagi banyak berlari seperti kebanyakan pemain muda. Namun, hal itu tidak melunturkan ketajamannya sebagai seorang striker. Bukti nyatanya sudah jelas, dua gol bersarang ke gawang Thailand sekaligus membuat namanya kini meroket.

Nama Chettri saat ini menjadi pembicaraan di media besar, namun rupanya dia tidak ingin terlalu menanggapi rekor yang baru saja dibuatnya. 

“Saya tidak terlalu menganggapnya serius. Tidak ada perbandingan apapun antara saya dengan Messi atau Ronaldo. Tapi saya sangat tersanjung. Setiap kali saya mendapat kesempatan, pasti saya akan melakukan yang terbaik untuk negara saya,” jawab Sunil saat dibandingkan dengan Messi dilansir dari Foxsports.

Jawaban rendah hati yang masih keluar dari mulutnya sampai sekarang. Itulah Sunil Chettri, seorang pesepakbola yang sangat dicintai oleh masyarakat di negeri Bollywood atas apa yang sudah dicapai selama ini. 

Sunil Chhetri ketika diperkenalkan sebagai pemain Sporting Lisbon

sunil-chettri-1726044a074033a.jpg

Baca Juga:
Mesin Pencetak Uang Bernama Dortmund

Baca Juga:
From Prince to King

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 11 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

FOOTBALL
Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

FOOTBALL
Solari: Kami Kalah Terhormat!

Solari: Kami Kalah Terhormat!

FOOTBALL
Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company