image

Mencari Striker Terbaik untuk Chelsea

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 12 January 2019

SPORTKU.COM

Kesulitan Chelsea dalam menemukan striker membuat penampilan mereka layaknya roller coaster

Penampilan Chelsea di putaran pertama musim 2018/2019 kali ini bisa dibilang bak roller coaster. Sempat memimpin klasemen Liga Primer Inggris di bulan Oktober namun penampilan The Blues belakangan menurun sehingga harus menempati posisi keempat di akhir tahun 2018.

Adapun penyebab mengapa Chelsea cenderung mengalami penurunan performa lantaran memudarnya lini serang klub yang berkandang di Stamford Bridge tersebut.

Alvaro Morata yang ditunjuk sebagai striker utama bagi Chelsea gagal menjalankan tugasnya. Tercatat pemain asal Spanyol itu hanya mampu mencetak lima gol dari 16 pertandingan Liga Primer Inggris yang ia lakoni sejauh ini.

Sementara penyerang Chelsea lainnya, Olivier Giroud lebih parah lagi. Penyerang asal Prancis itu hanya mampu mencetak satu gol dari 16 penampilan di Liga Primer Inggris di musim ini.

Bahkan pada akhirnya, Eden Hazard justru berhasil mencetak lebih banyak gol ketimbang Morata dan Giroud dengan mencetak 10 gol sekaligus menjadi top skor bagi Chelsea di Liga Primer Inggris.

Memang, tak masalah siapapun yang mencetak gol. Apalagi selama ini Chelsea memang lebih mengandalkan kolektivitas tim dalam mencetak gol. Tercatat nyaris semua punggawanya—kecuali kiper—telah mencetak setidaknya satu gol di musim ini.

Namun pada akhirnya, masalah ketiadaan penyerang haus gol di tubuh Chelsea mau tak mau harus diselesaikan bila skuat asuhan Maurizio Sarri itu masih ingin bersaing untuk meraih gelar Liga Primer Inggris musim ini.

Di awal pembukaan bursa transfer musim dingin ini, Chelsea sendiri kembali memulangkan pemain berposisi striker, yakni Michy Batshuayi yang sebelumnya dipinjamkan ke Valencia di awal musim.

Sejatinya, pemulangan Batshuayi sendiri akan menjadi barang barter atau akan dijual lagi mengingat penampilan pemain asal Belgia itu tak terlalu bagus di Valencia dengan hanya mencetak 1 gol dari 15 pertandingan di LaLiga musim ini.

Padahal, di musim lalu Batshuayi mampu mencetak tujuh gol dalam 10 pertandingan bersama Borrusia Dortmund.

Pemain yang diisukan bakal merapat ke Chelsea adalah Gonzalo Higuain. Pemain ini tengah menjalani masa yang kurang baik di AC Milan dengan hanya mencetak delapan gol dari 20 pertandingan.

Baca juga
Yohan Mulia Legowo Ingin Kembali Merasakan Kemenangan

Gonzalo Higuain dan Maurizio Sarri (The Sirens Song)
gonzalo-higuain-treehoze--58348b3c87921bb.jpg

Peluang Chelsea untuk merekrut Higuain cukup besar mengingat statusnya merupakan pinjaman dari Juventus di mana klub asal Turin tersebut dikabarkan meminati Morata. Milan pun nampaknya enggan mempermanenkan status sang pemain dan kemungkinan besar secara sukarela mereka mau melepas pemain asal Argentina ini mengingat kontribusi pemain berusia 31 tahun itu tak terlalu signifikan.

Bila ke Chelsea, Higuain akan reuni dengan mantan pelatihnya ketika di Napoli, Sarri. Di tangan Sarri, mantan pemain Real Madrid itu menjadi salah satu predator di Italia dengan keluar sebagai top skor di Serie A ketika bermain di Napoli.

Sebagai alternatif, Chelsea juga bisa mendatangkan pemain Bournemouth, Callum Wilson dan punggawa West Ham, Marko Arnautovic. Nama Wilson sendiri kabarnya merupakan instruksi langsung dari Sarri guna menambah daya dobrak.

Meski transfer ini terbilang sulit, namun lebih realitis ketimbang merekrut Arnautovic dari West Ham di mana klub tersebut sudah terang-terangan menolak tawaran dari semua klub, bahkan baru-baru ini mereka menolak tawaran 35 juta euro atau sekitar Rp567 miliar dari Shanghai SIPG.

Sebenarnya dari tiga nama yang disebutkan di atas, Chelsea pun mengincar nama beken lainnya di jajaran penyerang top Eropa saat ini macam Mauro Icardi, TImo Werner, Duvan Zapata, Luka Jovic, dan Maxi Gomez.

Namun, nampaknya Higuain yang paling realitis dan sesuai dengan tipikal permainan Sarri. Apalagi di Chelsea saat ini sudah ada Jorginho yang sudah saling mengenal satu sama lain saat di Napoli.

Mantan pemain Chelsea, Steve Sidwell sendiri mengatakan bahwa tidak mempersalahkan pemain bertipe apapun entah target man, penyerang komplit atau false nine, yang penting menurutnya si pemain bisa mencetak gol.

"Saya pikir Chelsea sangat membutuhkan striker. Saya kira mereka butuh seseorang yang akan merepotkan dua bek tengah lawan," ujar Sidwell di Express.

"Jika anda melihat kesuksesan Chelsea di masa lalu. Drogba bisa memenangkan pertandingan seorang diri. Anda boleh bicara pada bek tengah mana pun, bek tengah terbaik di Premier League, dahulu mereka benci harus melawan Drogba. Diego Costa, seseorang seperti mereka, seseorang yang akan membuat dua bek tengah lawan kerepotan."

"Mereka sungguh membutuhkan striker untuk mencetak gol sesungguhnya. Tak penting tipe strikernya, selama mereka bisa mencetak gol, itulah yang dibutuhkan Chelsea," sambungnya.

Baca juga
Pesepakbola Tertua Dapat Kontrak Baru

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 12 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

FOOTBALL
Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

FOOTBALL
Solari: Kami Kalah Terhormat!

Solari: Kami Kalah Terhormat!

FOOTBALL
Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company