image

Cerita Pilu Gabriela Novotna di Dakar, Geber Motor dengan Tulang Selangka Patah

Text : Suhartono | Photo / Video : Sport - Aktualne, iROZHLAS | Editor: Andi Wahyudi | 14 January 2019

SPORTKU.COM

Tak sulit di masa kini menemukan pebalap wanita. Begitu juga di Rally Dakar. Banyak perempuan ikutan Dakar 2019.

Salah satunya Gabriela Novotna. Pebalap wanita asal Republik Ceko ini lahir pada 1 November 1988 silam. Bagi Novotna, cerita petualannya dengan sepeda motor dimulai pada tahun 2009, ketika dia berusia 21 tahun.

Motor pertama di tangannya saat dia mendapatkan Ducati Monster 696. Beberapa tahun kemudian, dia menemukan hasrat yang sebenarnya setelah merasakan sensasi berkendara di medan offroad dan enduro.

Setelah mendapatkan pengalaman di Rumania, Albania dan Maroko, Novotna akhirnya mengarahkan pandangannya pada Dakar. Dan pada tahun 2018 dia menjadi wanita pertama dari Republik Ceko yang mengambil bagian dalam Dakar, reli terberat di dunia.

Pengalaman buruknya di Dakar 2018 menjadi modal penting untuknya. Pada tahun lalu, Novotnya mengalami insiden kecelakaan di stage 10 yang membuatnya harus meninggalkan balapan lebih dulu. Meski begitu, usai kecelakaan Novotna masih bisa mengendarai sepeda motor sejauh 80 kilometer dengan tulang selangka patah.

"Meskipun itu sangat menyakitkan, dengan tulang selangka yang patah, saya terus berjalan," kenangnya. Namun kecelakaan itu tak membuatnya patah arang dan kendor. Justru sebaliknya, Novotna semakin girang tampil di Dakar 2019.

Baca Juga
Nicola Dutto, Pereli Dakar dengan Kaki Lumpuh

Di Dakar 2019, Novotna tidak menargetkan posisi tertentu. Dia hanya ingin tetap fokus di seluruh kompetisi Dakar dan memastikan bahwa kali ini, dia berhasil mencapai garis finish di Lima, ibu kota Peru yang menjadi titik start dan selesainya balapan.

“Saya selalu ingin memiliki sepeda, tetapi saya baru diizinkan memiliki SIM pada usia 21 tahun. Saya mulai dengan sepeda onroad Ducati, tetapi kemudian saya mendapat kesempatan untuk naik sepeda offroad. Dalam sebulan, saya menjual Ducati dan membeli sepeda enduro," ungkap Novotna.

"Sejak saat itu saya pergi ke luar negeri, saya tidak pernah kembali. Saya juga mencoba menavigasi sepeda enduro dan mengendarai bersama dan benar-benar jatuh cinta dengannya, saya menemukan hasrat saya. Saya pikir inilah yang ingin saya lakukan dalam hidup!" imbuhnya.

Setelah itu, rasa cinta Novotna dengan sepeda enduro semakin membuncah. Dia kemudian membeli sepeda enduro lainnya untuk menambah koleksi di garasi. Novotna akhirnya juga memiliki pelatih pribadi dan mulai mengendarai motorcross, berlatih secara sistematis lima atau enam kali dalam seminggu.

“Keputusan saya untuk ikut Dakar datang pada saat tahun baru 2015, dan tiga tahun kemudian saya berada di garis start. Saya senang untuk kembali di Dakar. Saya mencintai Peru, itu bagian favorit saya tahun lalu, jadi saya senang."

"Bagi saya itu sangat penting untuk tidak fokus pada posisi. Saya akan mencoba untuk tidak melihat hasilnya, tetapi saya akan mendorong diri saya sendiri sampai ke batas saya, untuk pergi secepat mungkin. Pergi ke perlombaan dan bukan balapan. Saya ingin merasa puas dengan apa yang saya lakukan setiap hari," pungkasnya.

Data fakta Gabriela Novotna
Asal: Chomutov, Republik Ceko
Lahir: 1 November 1988
Tinggi bada: 1,7 meter
Berat badan: 60 kg
Tampil di Dakar 2019 dengan Husqvarna FE450
Tim: Indigo Racing
Sponsor: Repsol, Central Bohemian Region, Motopalic
Tampil di Dakar sejak 2018

Gabriela Novotna tampil di Rally Dakar sejak 2018

pereli-cantik-dakar-2019-48505e6fdac9c34.jpg

Baca Juga
Galeri Foto Pereli Cantik Rally Dakar 2019
Sara Garcia, Perempuan Anak Mekanik Terjun di Dakar 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : Sport - Aktualne, iROZHLAS | Editor: Andi Wahyudi | 14 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

KTM Kembali ke Puncak Klasemen

KTM Kembali ke Puncak Klasemen

AMA SUPERCROSS
Kemenangan ke-4 Cooper Webb

Kemenangan ke-4 Cooper Webb

AMA SUPERCROSS
Yamaha Andalkan 4 Crosser MXGP

Yamaha Andalkan 4 Crosser MXGP

MXGP
Honda Kembali ke Puncak Klasemen

Honda Kembali ke Puncak Klasemen

AMA SUPERCROSS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company