image Aaron Ramsey (Twitter) Munir El Haddadi (New Straits Times)

Konsekuensi Aturan Bosman di Bursa Transfer Musim Dingin 2019

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Foxsports | Editor: Dedi Hermawan | 16 January 2019

uploads/news/2019/01/konsekuensi-aturan-bosman-di-24403218c7584d4.jpg

Konsekuensi Aturan Bosman di Bursa Transfer

aturan-bosman-foxsports--50103e6bd5eddfd
aturan-bosman-foxsports--741035421fd4e5f
SPORTKU.COM

Lantaran adanya aturan Bosman pemain bisa dikontrak klub lain tanpa harus menunggu kontraknya berakhir.

Memasuki bulan Januari 2019 di mana bursa transfer musim dingin untuk merekrut pemain baru pun kembali terbuka. Di masa ini, klub-klub bisa merekrut pemain yang mereka idamkan dalam rangka untuk memperbaiki performa tim atau bisa juga untuk menambah kedalaman skuat agar bisa konsisten hingga akhir musim.

Di bulan Januari juga sebagai bulan penanda di mana banyak pemain yang kontraknya akan berakhir sekitar enam bulan lagi. Itu artinya, menurut aturan Bosman, si pemain tersebut sudah dibolehkan untuk menjalin hubungan dengan klub lain tanpa harus meminta persetujuan klub yang dibelanya.

Bila deal kontrak disetujui, maka si pemain tersebut bisa pindah ke klub barunya itu secara cuma-cuma alias gratis di musim berikutnya.

Di era sepakbola modern saat ini. Juventus bisa dibilang sebagai klub yang paling sukses dalam memanfaatkan aturan bosman. Tercatat raksasa Serie A itu sukses membajak pemain bintang milik klub lainnya secara gratis.

Andrea Pirlo, Paul Pogba, Sami Khedira, Fernando Llorente, Dani Alves, dan Emre Can adalah segelintir nama besar yang berhasil didatangkan oleh Juventus tanpa modal.

Bahkan klub asal Turin itu bisa meraih untung besar ketika menjual kembali Pogba ke Manchester United 90 juta poundsterling atau sekitar Rp1,6 triliun pada tahun 2016 lalu di mana sebelumnya mereka merekrut pemain asal Prancis itu tanpa biaya.

Yang terbaru Juventus kembali mendapatkan bintang asal Liga Primer Inggris lainnya, yakni Aaron Ramsey dari Arsenal. Ia akan datang ke klub yang bermarkas di Allianz Stadium pada awal Juli 2019 dengan durasi kontrak selama lima tahun.

Melepas Ramsey mungkin berat bagi Arsenal, namun mereka bisa ikhlas mengingat di lini tengah The Gunners sudah dipenuhi talenta berbakat macam Mesut Ozil, Matteo Guendouzi, Henrikh Mkhitaryan, Granit Xhaka sampai pemain yang baru didatangkan di awal musim, Lucas Torreira.

Namun berbeda dengan kesebelasan Toulouse yang notabene merupakan tim papan bawah Ligue 1 Prancis. Mereka harus kehilangan pemain muda terbaiknya, Jean-Clair Todibo yang dibajak oleh Barcelona.

Presiden Toulouse, Oliver Sadran bahkan mengecam tindakan Barcelona yang dinilainya bertindak arogan dan tidak bersikap selayaknya klub besar Eropa. terjadi di enam bulan kedepan," ujar Sadran dilansir kepada L'Equipe.

Baca juga
Balap Lenka MiniGP Semakin Kompetitif


aturan-bosman-foxsports--50103e6bd5eddfd.jpg

Aaron Ramsey (Twitter)

Ia mengatakan seharusnya klub berjuluk Blaugrana bisa sedikit mengapresiasi dengan tidak mengumumkan terlebih dahulu pemain mereka lantaran dianggap melukai Toulouse yang telah mengembangkan bakat sang pemain. Todibo baru dapat promosi ke tim utama pada awal musim ini.

"Mereka tidak berperilaku seperti klub besar, dan ini juga luar biasa, mereka sudah mengumumkan pemain yang baru akan bergabung dengan tim di bulan Juli, padahal tak satupun yang tahu apa yang terjadi di enam bulan kedepan," ujar Sadran dilansir kepada L'Equipe.

"Bagi saya, sepakbola adalah ekosistem di mana setiap klub memainkan peran masing-masing. Ada klub-klub besar, ada klub-klub yang menghasilkan para pemain muda. Dari sudut pandang saya, pemain itu (Todibo) sangat layak untuk dimiliki karena ia telah tampil di sepuluh pertandingan Ligue 1. Barca belum memenuhi apa seharusnya mereka penuhi kepada kami," sambungnya.

Aksi Barcelona untuk merekrut pemain tanpa membayar pun dikritik oleh klub Prancis lainnya, Paris Saint-Germain (PSG). Bahkan manajemen mereka mengatakan bahwa klub yang bermarkas di Camp Nou itu telah mempengaruhi pemain jauh sebelum bursa transfer dibuka.

Hal ini menilik dari keengganan Adrien Rabiot untuk menandatangani kontrak baru bersama PSG. Direktur Olahraga PSG, Antero Henrique menduga Barcelona telah melakukan pendekatan kepada sang pemain jauh sejak jauh-jauh hari sehingga pemain andalannya itu tak mau memperbarui kontraknya.

"Rabiot sempat bilang, kami menerima tawaran di musim panas ini. Itu memang benar, tawaran ada pada 29 Agustus, 20 jam sebelum akhir dari bursa transfer. Sederhana saja, Barcelona pertama harus mencapai kesepakatan dengan Rabiot sebelum kita berbicara. Anda juga harus tahu bahwa tawaran Barcelona itu menggelikan," terang Henrique seperti dikutip dari Four-four Two.

"Saya kemudian menekankan: tak mungkin mencapai kesepakatan dalam 24 jam untuk pemain seperti Rabiot. Tampak jelas bagi saya, Barcelona telah membuat kesepakatan dengan Adrien [di luar bursa transfer]," sambungnya.

Belakangan PSG seperti melunak lantaran Rabiot sudah menutup hati atas sodoran kontrak baru. Bahkan klub berjuluk Les Parisiens siap menerima bayaran sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp242 miliar bagi klub manapun untuk merekrutnya, termasuk itu dari Barcelona.

Harga jual Rabiot yang jatuh itu dianggap lebih menguntungkan bagi PSG ketimbang membiarkan bintangnya pergi secara gratis di akhir musim.

Meski Barcelona dianggap menyalahi tata krama dalam aturan Bosman. Sejatinya mereka juga tengah menderita karena harus kehilangan salah satu talenta muda berbakat mereka, yakni Munir El Haddadi ke Sevilla.

Sevilla terlebih dahulu menawarkan kontrak ke Munir dan kemudian mereka hanya membayar sangat murah, yakni 1,05 juta euro atau sekitar Rp16 miliar.

Begitulah konsekuensi dari aturan bosman yang di satu sisi bisa menyenangkan klub namun juga membuat klub lainnya merasa sakit hati.

Munir El Haddadi (New Straits Times)
aturan-bosman-foxsports--741035421fd4e5f.jpg


Baca juga

Klasemen Sementara Rally Dakar 2019

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Foxsports | Editor: Dedi Hermawan | 16 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company