image

Niki Lauda Sudah Keluar Dari Rumah Sakit

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Wide World Of Sports | Editor: Andi Wahyudi | 17 January 2019

SPORTKU.COM

Pihak rumah sakit tempat Niki Lauda dirawat telah mengonfirmasi bahwa pasiennya telah diperbolehkan pulang dari AKH Wina.

Juara dunia F1 tiga kali itu terpaksa harus kembali menjalani perawatan intensif di rumah sakit jelang pergantian tahun baru beberapa waktu lalu. Awalnya, Niki Lauda didiagnosa tertular pneumonia, infeksi paru yang berbahaya, namun kabar itu kemudian dibantah oleh dokter yang menangani mantan pebalap berusia 69 tahun itu.

"Karena dia habis transplantasi, situasinya lebih kompleks dibanding dengan orang yang sehat," jelas Walter Klepetko, dokter spesialis Lauda yang menambahkan bahwa pasiennya kelelahan dan menderita lebih dari selesma, infeksi virus umum yang menyerang hidung dan tenggorokan.

Lauda memang menderita penyakit paru-paru parah dan harus menjalani transplantasi di Rumah Sakit AHK Wina, Vienna, Austria pada (2/8). Transplantasi sukses dilakukan oleh Walter Klepetko dan Konrad Hotzenecker. Kira-kira satu minggu setelahnya, pihak rumah sakit mengabarkan bahwa Ketua non-eksekutif Mercedes itu sudah dapat bernapas tanpa bantuan alat dan memiliki kesadaran penuh 24 jam.

Lauda pun akhirnya diizinkan untuk meninggalkan rumah sakit pada Rabu (24/10). Kendati demikian, mantan pebalap F1 yang pernah mengalami kecelakaan nahas di GP Jerman tahun 1976 itu tetap masih harus menjalani pemulihan. Bahkan ketika kemarin dinyatakan kembali menjalani perawatan di rumah sakit, sebenarnya kondisi Lauda masih dalam status rehabilitasi.

Baca Juga :
Niki Lauda Kembali Jalani Perawatan Intensif

Klepetko menjelaskan, Lauda tak dapat dirawat di ruangan bangsal yang normal, karena dia bekas menjalani transplantasi. Tapi sekali lagi Klepetko menegaskan bahwa legenda F1 itu tidak tertular pneumonia. "Niki menjaga kesehatannya dan melakukan segala cara dengan benar," ujarnya. "Dalam situasinya yang sekarang ini, risiko tertentu sangat tidak bisa ia hindari."

Dilansir dari F1i, Klepetko kemarin memberi keterangan kepada kantor berita Austria, APA, bahwa Lauda telah keluar dari rumah sakit beberapa hari yang lalu. Dokter bedah itu juga menambahkan, infeksi flu yang diderita oleh pasiennya tidak membahayakan kondisi Lauda.

Kepulangan Niki Lauda dari rumah sakit tentunya merupakan kabar baik bagi seluruh penggemar F1, termasuk tim Mercedes, yang berharap Lauda bisa segera kembali ke paddock F1 dalam waktu dekat.

Skuat Silver Arrows tersebut juga tak sabar ingin menyambut Lauda di putaran pertama kejuaraan Formula 1 2019 yang berlangsung di Melbourne Maret mendatang. Meski semua tetap harus mendapat persetujuan dari pihak rumah sakit dan juga dokter yang menangani Lauda.

gp-brazil-interlagos-2017-9588983cb98a648.jpg

Baca Juga :
Begini Kondisi Niki Lauda Pasca Transplantasi Paru-Paru

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Wide World Of Sports | Editor: Andi Wahyudi | 17 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company