image Karim Benzema dan Gareth Bale masih mandul (Fox Sports) thibaut courtois belum tampil sesuai ekspektasi (Fox Sports)

Mengapa Real Madrid Terpuruk di Musim Ini?

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Ghanasoccernet, Fox Sports | Editor: Andi Wahyudi | 18 January 2019

uploads/news/2019/01/mengapa-madrid-terpuruk-musim-697060b9af7174f.jpg

Mengapa Madrid Terpuruk?

real-madrid-ghanasoccernet--78132617bd274c4
real-madrid-ghanasoccernet--1327539c31945a7
SPORTKU.COM

Selain faktor kepergian Cristiano Ronaldo. Inilah alasan mengapa Real Madrid terpuruk di musim 2018/2019 kali ini.

Sebagai tim yang berstatus sebagai juara Liga Champions dan menempati peringkat ketiga di LaLiga musim 2017/2018 lalu, penampilan Real Madrid di musim ini sangat berbanding terbalik di mana mereka justru terpuruk hingga memasuki masa bursa transfer musim dingin Januari 2019 lali ini.

Banyak yang mengatakan bahwa kepergian Cristiano Ronaldo menjadi penyebab utama mengapa Madrid begitu terpuruk, utamanya dalam hal jumlah gol di mana tim asal ibukota Spanyol baru mencetak 28 gol sementara rivalnya, Barcelona jumlahnya dua kali lipat dari itu.

Ronaldo sendiri sebelumnya memang berstatus sebagai mesin pendulang gol di mana sejak direkrut Madrid dari Manchester United pada musim 2009/2010 lalu ia telah menyumbangkan 450 gol dan 131 assist dari 438 penampilan di semua ajang yang diikuti.

Tak heran, di era Ronaldo, Madrid begitu dominan tak hanya di Spanyol maupun di Eropa, tetapi juga dunia berkat raihan trofi demi trofi yang diraihnya bersama klub berjuluk Los Galacticos.

Madrid sendiri bukannya tidak berbenah. Mereka pun sudah memecat Julen Lopetegui pada akhir Oktober 2018 lalu. Namun di tangan Santiago Solari, tim yang sukses memenangkan 33 gelar juara LaLiga itu belum juga menunjukan perkembangan signifikan.

Memang, mereka mampu memenangkan gelar Piala Dunia Antarklub. Namun, posisi mereka di tabel klasemen LaLiga masih memprihatinkan dengan hanya menempati urutan keempat dan berjarak 10 poin dari Barcelona.

Hal ini tentu akan menyulitkan Madrid bila mereka ingin meraih gelar juara Liga yang terakhir mereka menangkan di musim 2016/2017 silam.

Lantas hal apa saja yang membuat Madrid terpuruk di musim ini. Adapun hal pertama adalah kegagalan mereka dalam merekrut pemain yang dibutuhkan oleh klub.

Kepergian Ronaldo meninggalkan lubang besar di sektor penyerangan. Sayang, untuk mengatasi hal tersebut, Madrid nampak tak melalukan apapun untuk menambal lubang tersebut di saat bursa transfer musim panas lalu.

Neymar yang dikabarkan bakal dibeli Madrid gagal didatangkan. Begitu pun nama-nama lainnya seperti Kylian Mbappe, Mauro Icardi, dan Eden Hazard juga tak menunjukan batang hidungnya di Santiago Bernabeu sampai bursa transfer ditutup.

Karim Benzema dan Gareth Bale masih mandul (Fox Sports)
real-madrid-ghanasoccernet--78132617bd274c4.jpg

Baca Juga
Crankworx Masukkan Lomba Dual Slalom di Musim 2019

Madrid sebenarnya telah mendatangkan dua penyerang anyar, yakni Vinícius Júnior dan Mariano Diaz. Namun keduanya hanya berstatus sebagai pemain pelapis dari dua penyerang mereka, Karim Benzema dan Gareth Bale.

Benzema sendiri belum menunjukan kesuburan yang signifikan meski sudah mencetak 12 gol sejauh ini alias lebih baik dari musim lalu. Sementara Bale yang digadang-gadang bakal menjadi penggnti Ronaldo justru lebih akrab dengan cedera yang membuatnya jarang berada di peak performance.

Kedua, tidak adanya kepemimpinan. Kapten Madrid sendiri saat ini dijabat oleh Sergio Ramos. Namun Ramos sendiri bukanlah tipikal pemimpin yang mampu membuat rekan-rekannya bisa bangkit bila dalam ketertinggalan.

Dalam beberapa tahun terakhir, sosok yang mampu membujuk para rekannya untuk bisa berkontribusi penuh di tim adalah Ronaldo. Sementara sang pemain pergi dan sampai saat ini sosok penggantinya belum juga ditemukan oleh Madrid.

Bahkan hal ini diamini sendiri oleh salah satu pemain Madrid, Marco Asensio. "Saya bukan orang yang bertanggung jawab. Ada pemain lain di klub dengan lebih banyak pengalaman yang harus mengambil alih tugas itu,” katanya.

Hal ini jelas mengindikasikan bahwa para pemain masih ragu-ragu untuk "melangkah" sejak kepergian Ronaldo.

Ketiga, krisis lini belakang Madrid. Terlepas dari ketidakmampuan mereka dalam mendulang banyak gol di musim ini. El Real juga memiliki problem yang lebih parah, yakni pertahanan yang buruk. Bahkan hal ini terjadi setelah mereka menginvestasikan uang sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp566 miliar untuk mendatangkan Thibaut Courtois.

Thibaut Courtois belum tampil sesuai ekspektasi (FOX Sports Asia)
real-madrid-ghanasoccernet--1327539c31945a7.jpg

Sayang, meski sudah mendatangkan Courtois yang berstatus sebagai kiper terbaik di Piala Dunia 2018 lalu, Madrid justru sudah kebobolan 24 gol di LaLiga. Bahkan di awal tahun 2019, klub tersebut telah kebobolan lima gol dalam tiga laga terakhir mereka.

Bahkan lebih parah lagi, belakangan Madrid juga tengah krisis bek setelah Marcelo dan yang terbaru Jesus Vallejo harus cedera sehingga hal ini bisa menjadi ancaman bila tidak diseriusi oleh Madrid.

Pembukaan bursa transfer musim ini harus dibijaki oleh Madrid dengan merekrut pemain baru agar ke depannya, peluang mereka untuk tetap bisa bersaing untuk merebut gelar LaLiga—dan gelar lainnya—bisa tetap terjaga.

Data fakta:

  • Oleh organisasi sepak bola FIFA, Real Madrid dinyatakan sebagai The Most Successful Club of The 20th Century.
  • Real Madrid merupakan tim paling sukses di Spanyol dengan memenangkan 33 gelar LaLiga.

Baca juga
Mustahil Leipzig Datangkan Calhanoglu

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Ghanasoccernet, Fox Sports | Editor: Andi Wahyudi | 18 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company