image

Honda Yang Masih Kalah Cepat dari Ducati

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 20 January 2019

SPORTKU.COM

Marc Marquez telah memenangkan 5 gelar Juara Dunia MotoGP dalam enam tahun terakhir.

Kedatangannya di panggung MotoGP pada tahun 2013 lalu langsung membuar Marquez fenomenal. Pebalap asal Spanyol itu langsung menjadi buah bibir. Debutnya di MotoGP pun sukses dengan merengkuh gelar juara dunia. Hingga saat ini, Marquez sudah mengantongi 5 gelar Juara Dunia MotoGP.

Namun kesuksesan Marquez dengan gelar juara dunia juga tak lepas dari kecelakaan yang sering kali dia alami. Pentasnya di MotoGP 2018 lalu, Marquez tercatat 57 kali jatuh pada akhir pekan balapan. Belum lagi kecelakaan di sesi latihan bebas. Marquez mengakhiri musim lalu dengan menjalani operasi besar di bahu kirinya yang miring, yang telah berkali-kali alami dislokasi.

Inilah sebabnya mengapa salah satu titik fokus utama Honda untuk musim 2019 adalah perbaikan sektor depan RC213V. Teknik mengendarai Marquez dan arsitektur RC213V menempatkan tenaga besar ke ban depan, itulah sebabnya dia hampir selalu harus berpacu dengan pilihan ban keras.

Hal itu juga mengharuskan Marquez untuk menggunakan ban keras dalam sesi practice, yang merupakan salah satu alasan mengapa dia sering jatuh. Karena pada faktanya ban dengan compound keras memang lebih sulit dikendalikan dibandingkan dengan ban lembut.

"Kami masih menganalisis mengapa kami begitu sering menggunakan ban keras di depan. Dengan ban yang keras mungkin Anda bisa melaju lebih cepat, tetapi Anda mendapat lebih sedikit peringatan. Jika Anda bisa menggunakan ban yang lebih lembut, maka Anda bisa merasakan batasnya lebih baik," buka Marquez.

Baca Juga
Cek Fakta Budaya Sogok Menyogok di MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 20 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company