image

Honda Yang Masih Kalah Cepat dari Ducati

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 20 January 2019

 

Namun, seperti Ducati, Honda juga perlu berhati-hati. Para insinyur Jepang memang tak akan membuat Honda RC213V 2019 menjadi jauh berbeda. Mereka hanya akan menampilkan perubahan kecil pada geometri, sasis, dan bagian dalam suspensi Ohlins.

“Sasis baru sangat sangat mirip, kami lebih bisa menguasai dan sekarang bagian depan tidak begitu liar," sambung Marquez yang selama tes pramusim di Sirkuit Valencia dan Jeres lebih banyak menggunakan ban depan dengan compound medium.

Fokus besar Honda lainnya adalah tentang mesin. Meskipun mesin adalah peningkatan terbesarnya musim lalu. Misalnya di Aragan, di mana sepeda motor berakselerasi dari gigi pertama ke gigi keenam, defisit top speed Honda terhadap Ducati menyusut dari 2,5 mph pada 2017 menjadi 0,7 mph pada 2018.

Tapi tetap saja, Honda mengaku jika motor balapnya masih kalah cepat dari Ducati. Sejak era MotoGP tahun 2002 silam, top speed Ducati memang selalu menjadi pemegang rekor. Hingga kini Ducati masih menjadi motor dengan top speed tertinggi. Diraih oleh test rider mereka Michele Pirro di angka 254.7 mph pada musim 2017 lalu.

"Performa mesin Ducati masih lebih tinggi daripada kami, jadi kami perlu akselerasi lebih banyak untuk 2019," tegas Tetsuhiro Kuwata, Direktur HRC.

Jadi tidak diragukan lagi akan ada banyak hal yang datang dari perbaikan internal Honda. Seperti dari sisi pengisian bahan bakar, pemetaan, dan sebagainya. Dan perjalanan pertama Marquez dengan motor Honda RC213V 2019 di tes pramusim di Sirkuit Jerez, Spanyol belum lama ini meyakinkannya bahwa ia akan memiliki performa yang lebih baik di trek lurus.

"Perbedaan terbesar dalam sepeda baru adalah mesin. Ini adalah evolusi baru dan ini merupakan peningkatan. Tetapi kita perlu bekerja dan memahaminya, karena kita perlu menyesuaikan elektronik dengan karakter mesin," sambung Kuwata.

Baca Juga
Rekam Jejak Toby Price, Jawara Dakar 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 20 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company