image

Volkswagen Target Pecahkan Rekor Nurburgring dengan Mobil Listrik

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Volkswagen | Editor: Andi Wahyudi | 21 January 2019

SPORTKU.COM

Setelah sukses mendobrak rekor Hillclimb Pikes Peak tahun lalu, kini Volkswagen memiliki ambisi untuk memecahkan rekor terbaru di Nurburgring, Jerman.

Dalam memakbulkan tekadnya tersebut, Volkswagen masih mempercayakan mobil balap listriknya Volkswagen I.D.R sebagai senjata utama mereka. Sebelum Volkswagen memecahkan rekor tersebut, perlu diketahui bahwa rekor Nurburgring sendiri telah dipegang oleh Peter Dumbreck. Ia sukses mencatatkan torehan waktu tercepatnya enam menit 45,90detik dengan menggunakan supercar NIO EP9 di tahun 2017.

Keinginannya tersebut diungkapkan secara langsung oleh Direktur VW Motorsport, Sven Smeets. Ia mengungkapkan porto folionya yang telah mencetak rekor di Hillclimb Pikes Peak tahun lalu, menjadi modal awal bagi mereka untuk menaklukan sirkuit yang dijuluki sebagai Neraka Hijau ini.

"Setelah mencatat rekor di Pikes Peak, waktu tecepat untuk mobil listrik di Nurburgring Nordschleife adalah tantangan terbesar berikutnya untuk I.D.R. Catatan putaran di Nordschleife adalah penghargaan terbesar untuk mobil apa pun, baik mobil balap ataupun mobil produksi," ujar Sven Smeets.

Volkswagen kembali merekrut pebalap berbakat yang juga sukses meraih kemenangan empat kali dalam ajang Nurburgring 24 hours bersama Porsche, Romain Dumas. Bagi Dumas, mengendarai mobil listrik di Nurburgring memberikan sebuah pengalaman yang cukup mengesankan. "Pikiran dalam mengemudikan I.D.R di Nordschleife sudah cukup untuk membuatku merasa merinding," ujar Dumas seperti dilansir motorsport.com.

Baca Juga :
George Russelll: Lando Norris Membantu Saya Menjadi Pebalap Williams Racing

Jelang penorehan rekor tersebut, Dumas juga mengatakan ia tidak bisa menggambarkan seperti apa perasaannya. Pastinya, akan ada sebuah tantangan berbeda yang akan ia rasakan ketika menggeber mobil listrik I.D.R Volkswagen di Nurburgring.

"Saya tidak sabar menunggu tes pertama. Memecahkan rekor listrik yang ada tentu tidak akan berjalan-jalan di taman. Saya tahu lintasannya dengan sangat baik, tetapi I.D.R akan menjadi tantangan yang sangat berbeda, dengan akselerasi ekstrim dan kecepatan menikung yang besar," tambahnya.

Meski telah sukses menorehkan rekornya di Pikes Peak, namun untuk bisa menaklukan Nurburgring, tim juga telah melakukan beberapa revisi di mobil. Seperti disebutkan oleh Direktur Teknis VW Motorsport, Francois-Xavier, timnya telah melakukan sedikit modifikasi pada I.D.R agar bisa menaklukan sirkuit bersejarah tersebut.

"Yang terpenting, kami akan memodifikasi aerodinamika dari I.D.R untuk mengatasi kondisi di Nordschleife, yang sangat berbeda dari kondisi Pikes Peak. Sebagian dari persiapan cermat kami adalah untuk upaya perekaman, kami akan menempatkan I.D.R melalui program pengujian dan pengembangan yang intens di berbagai trek balap di musim semi," pungkas Francois.

Baca Juga :
Sebastien Loeb: Underdog Dakar 2019


Data Fakta:

  • Volkswagen I.D. R merupakan mobil listrik bertenaga 670 hp dan torsi 650 Nm.
  • Romain Dumas menaklukkan lintasan Pikes Peak sepanjang 19,98km dengan waktu 7menit 57.148detik, dan mengalahkan rekor sebelumnya milik Sebastien Loeb dengan Peugeot T16 Pikes Peak yang diukir pada 2013. 

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Volkswagen | Editor: Andi Wahyudi | 21 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Formula 1 Buka Tender Gearbox

Formula 1 Buka Tender Gearbox

FORMULA 1
Gasly: Honda Melakukan Pekerjaan Baik

Gasly: Honda Melakukan Pekerjaan Baik

FORMULA 1
Renault Sport Terkena Dampak Regulasi

Renault Sport Terkena Dampak Regulasi

FORMULA 1
Hasil Tes Pramusim F1

Hasil Tes Pramusim F1

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company