image Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk

Resmi, IRC Mundur dari Kejurnas Motoprix 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 23 January 2019

uploads/news/2019/01/irc-mundur-dari-kejurnas-7530675ac9e420d.JPG

IRC Mundur dari Kejurnas Motoprix

resmi-irc-mundur-dari-820910d7e55875d
SPORTKU.COM

Resmi, akhirnya IRC keluar dari gelaran Kejurnas Motoprix 2019 sebagai salah satu sponsor utama.

Sudah sejak musim 2018 lalu, beredar kabar jika PT Gajah Tunggal Tbk dengan produk ban balap andalannya IRC tak akan lagi maju sebagai sponsor di Kejurnas Motoprix 2019. Berita keluarnya IRC dari Kejurnas Motoprix 2019 pun dipertegas sendiri oleh Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.

Penyebab hengkangnya IRC dari Kejurnas Motoprix 2019 salah satunya adalah soal budget. Informasinya, IMI (Ikatan Motor Indonesia) memasang tarif Rp1 miliar untuk IRC tetap menjadi sponsor di Kejurnas IRC 2019. Nilai tersebut memang naik setengahnya jika dibandingkan dengan musim lalu yang hanya Rp500 juta.

"Tahun lalu nilai sponsor sekitar segitu (Rp500 juta). Tahun ini tahun politik jadi budget sangat hati-hati," singkat Dodiyanto saat dimintai konfirmasi oleh SPORTKU.com.

Jika IRC sudah pasti mundur dari Kejurnas Motoprix 2019, maka bisa jadi IMI akan menganut sistem atau regulasi one make tire alias satu merek ban saja yang boleh dipakai oleh para pebalap.

Baca Juga
Yayasan Marco Simoncelli Untuk Penyandang Disabilitas Resmi Dibuka (Video)

Jika memang Kejurnas Motoprix 2019 dengan regulasi one make tire tetap berjalan, IRC juga sangat keberatan. Sebab di Kejurnas Motoprix sendiri, IRC mendukung banyak tim. Artinya, tak ada gunanya pula jika IRC tetap memaksa dukung tim. Padahal ada 24 tim yang didukung IRC di semua region.

"Kalau single tire atau ban IRC gak bisa dipakai, buat apa support tim? Kan yang sudah-sudah kalau gak sponsor di Motoprix, ban gak bisa dipakai. Kalau kita sih demennya ban lokal bisa dipakai semua, biar pabrikan ban berebut untuk sponsor di tim dan tim jadi ada nilai jual," lanjut Dodiyanto.

Seperti kasus yang terjadi di Kejurnas Motoprix 2018 lalu, hanya ada IRC dan Pirelli yang menjadi sponsor. Maka tim yang disupport oleh pabrikan FDR gak bisa pakai ban tersebut. "Tahun 2018 yang sponsor IRC dan Pirelli, yang bisa dipakai hanya ban IRC dan Pirelli. FDR gak bisa dipakai. Tim rata-rata disupport oleh IRC, FDR dan Pirelli," tutup Dodiyanto.

 

Baca Juga
5 Pebalap Wanita di Kejuaraan Dunia MotoGP
Builder Indonesia Juara di Kontes Modifikasi Eropa

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 23 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company