image Safety Car MotoGP E89 BMW Safety Car MotoGP BMW Z8 Safety Car MotoGP BMW M5 Safety Car MotoGP BMW M4 Safety Car MotoGP BMW M2 Safety Car MotoGP BMW M

Evolusi Safety Car BMW Selama 20 Tahun di MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : BMW Blog | Editor: Andi Wahyudi | 24 January 2019

uploads/news/2019/01/evolusi-safety-car-bmw-65545c5c59eda83.jpg

Evolusi Safety Car BMW MotoGP

mengenal-generasi-safety-car-79865eb7ad83f1d
mengenal-generasi-safety-car-16021accd96ba14
mengenal-generasi-safety-car-34513ff698acc3f
mengenal-generasi-safety-car-99001e42e4e5565
mengenal-generasi-safety-car-19766e2f23426f5
mengenal-generasi-safety-car-57344a77b8d0278
SPORTKU.COM

Tahun 2018 menandai musim ke-20 BMW sebagai official car MotoGP. Banyak kisah sukses BMW di MotoGP selama 20 tahun berjalan.

Selama dua dekade, kendaraan BMW M telah berada di tengah-tengah aksi para pebalap MotoGP sebagai safety car. Sejarah kemitraan mereka dimulai dengan BMW Z8 Roadster yang legendaris. Mobil tersebut meski kini tampak kuno, namun pada zamannya sudah dilengkapi dengan hampir semua yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di trek balap.

Berkat desain yang dipinjam dari BMW 507, serta dipasangkan dengan fitur balap dan peralatan tambahan yang wajib untuk digunakan sebagai safety car MotoGP di tahun 2002, Z8 Roadster tetap mampu memukau penggemar di seluruh dunia dan merupakan salah satu highlights dari kemitraan jangka panjang.

Pabrikan asal Jerman tersebut kemudian mengandalkan E89 BMW Z4 M Coupe dalam daftarnya sebagai safety car MotoGP. Mobil bertampang sport tersebut juga mengesankan penonton dengan siluetnya yang tajam, dimensi yang ringkas dan mesin 6 silinder segaris. E89 BMW Z4 M Coupe menjadi kendaraan yang ideal untuk memimpin para pebalap motor tercepat sepanjang musim MotoGP 2007.

Di tahun 2011, hadir BMW 1 Series M Coupe yang ikonik. Mobil tampil dengan desain klasik di antara model M dan mobil kolektor masa depan. Dengan dimensi yang ringkas, bobot yang relatif ringan, transmisi manual dan dibekali penggerak roda belakang, BMW 1M adalah lambang kenikmatan berkendara.

Baca Juga
Galeri Foto: Melihat Koleksi Museum MV Agusta

Deretan lainnya juga muncul BMW M4 pertama sebagai safety car. Mobil dua pintu dengan tampang sport itu dihiasi dengan M Performance Parts dan M Motorsport livery yang khas. Generasi pertama BMW M4 malang melintang di sirkuit sepanjang musim MotoGP 2015.

Sebagai generasi terbaru dari jajaran safety car BMW, mobil itu menganut water injection system. Dilengkapi mesin M TwinPower Turbo inline 6-cylinder petrol.

Pengganti 1M tiba pada tahun 2016 dalam bentuk BMW M2 Coupe. Untuk memenuhi harapan yang tinggi dari sebuah safety car, BMW M2 Coupe dilakukan banyak upgrade oleh M Division dengan peralatan khusus dan merupakan bagian dari musim MotoGP 2016.

Di MotoGP 2018, diperkenalkan BMW M5 yang pertama kali diperlihatkan kepada publik pada bulan Februari. Sama seperti mobil balap asli, safety car BMW M5 juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti quick fasteners pada kap, bucket seats dari BMW M4 GTS dan front splitter yang dibuat khusus oleh insinyur BMW M.

Selain itu, kokpit yang diperluas mencakup pusat kendali yang kuat yang memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk dengan mudah memulai berbagai light signal programmes dan flashing frequencies.

Baca Juga
5 Pebalap Wanita MotoGP
Ikhtiar Yamaha Kalahkan Ducati dan Kawasaki di WSBK

  • DATA & FAKTA :
  • BMW pertama kali menjadi safety car di MotoGP tahun 1999
  • Di MotoGP, pabrikan asal Jerman ini mengandalkan BMW M Series
  • BMW juga menurunkan sepeda motor BMW S1000RR yang disediakan BMW Motorrad sebagai safety bike
  • Untuk MotoGP, juga digelar BMW M Award yang musim 2018 lalu masuki tahun ke-16

Text : Suhartono | Photo / Video : BMW Blog | Editor: Andi Wahyudi | 24 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company