image

Produsen Ban MotoGP, Michelin Caplok Corsa dan Achilles Senilai Rp6,2 Triliun

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP, Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 25 January 2019

SPORTKU.COM

Sejalan dengan strateginya, Michelin telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 80% saham dari PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

PT Multistrada Arah Sarana Tbk (PT MASA) yang merupakan produsen ban terkemuka di Indonesia dengan merek Achilles untuk mobil serta Corsa untuk sepeda motor, kini telah dicaplok oleh Michelin. Mayoritas saham (80 persen) kini menjadi milik Michelin.

Perjanjian jual beli saham atas transaksi itu telah ditandatangani pada 22 Januari 2019 lalu. Dengan kurs Rp14.200 per saham, nilai akuisisi Michelin atas PT MASA mencapai Rp6,23 triliun. Michelin juga akan mengambil saham milik Pieter Tanuri dan PT Central Sole Agency.

Pabrikan ban yang berdiri di kawasan Cikarang, Jawa Barat ini memiliki kapasitas produksi 11 juta ban untuk mobil penumpang dan 9 juta ban untuk sepeda motor serta 250 ribu ban truk. PT MASA menghasilkan penjualan bersih sebesar USD 281 juta atau sekitar Rp3,9 triliun pada tahun 2017.

Dengan transaksi ini, Michelin yang juga merupakan penyuplai ban resmi untuk Kejuaraan Dunia MotoGP akan memperkuat kehadirannya di pasar Indonesia. Produsen ban asal Prancis ini melihat Indonesia sebagai salah satu pasar yang sangat menjanjikan.

Michelin akan semakin mengokohkan kehadirannya di pasar domestik. Memanfaatkan keahlian teknisnya dengan investasi baru yang terbatas, secara bertahap Michelin akan mengonversi produksi ban kendaraan penumpang dari kualitas tingkat 3 menjadi tingkat 2 dengan merek Michelin. Sehingga, diharapkan nantinya akan mendorong pertumbuhan permintaan volume ban kualitas 2 di Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

Baca Juga
Siap-Siap, Marquez Akan Ke Bandung

“Akuisisi Multistrada merupakan peluang bagus bagi Michelin untuk memperluas operasinya di Indonesia, negara berpenduduk terpadat di Asia Tenggara, dan dengan akuisisi ini segera kami melakukan produksi yang kompetitif dan berkualitas baik tanpa harus membuat fasilitas manufaktur baru," ungkap Jean-Dominique Senard, CEO Michelin Group.

"Kami sangat bangga dengan apa yang kami capai dengan Multistrada dan kami yakin Michelin adalah mitra ideal untuk membawa Multistrada maju ke era pertumbuhan dan kesuksesan baru untuk semua pemangku kepentingan dan para karyawan," sambung Pieter Tanuri, CEO Multistrada.

Selain itu, melalui akuisisi tersebut, Michelin akan memperoleh 20% saham PT Penta Artha Impressi untuk meningkatkan penjualan Michelin di Indonesia dan memungkinkan Michelin mempunyai akses ke pasar utama.

Potensi sinergi dalam proses manufaktur, penjualan, dan pembelian tersebut diharapkan bernilai sekitar US$70 juta per tahun dalam tiga tahun ke depan. Sebab, secara valuasi, Multistrada, dengan kepemilikan 20% saham di PT Penta dan sekitar 50 hektar lahan nilainya sudah mencapai US$700 juta atau setara 6.3 EBITDA selama 12 bulan yang berakhir pada 30 September 2018.

Pieter Tanuri, CEO Multistrada

louching-bunkus-ban-corsa-883622618bc34b6.JPG

Baca Juga
Evolusi Safety Car BMW Selama 20 Tahun di MotoGP (Video)
Galeri Foto: Melihat Koleksi Museum MV Agusta

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP, Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 25 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company