image Nicky Hayden masuk daftar MotoGP Legend Nicky Hayden pernah Juara Dunia MotoGP tahun 2006

Dorna Pensiunkan Nomor Balap 69 Milik Hayden

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 25 January 2019

uploads/news/2019/01/nomor-69-milik-hayden-63904d2662687f4.jpg

Nomor 69 Milik Hayden Pensiun

dorna-pensiunkan-nomor-balap-952861f2a489876
dorna-pensiunkan-nomor-balap-37761e29031ba1c
SPORTKU.COM

Dorna Sports pensiunkan nomor balap 69 dari arena MotoGP untuk menghormati mendiang Nicky Hayden.

Sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum, Nicky Hayden yang meninggal pada tahun 2017 lalu, nomor 69 harus pensiun dari balap Grand Prix. Pensiunnya nomor balap 69 akan berlaku sejak MotoGP Amerika di Sirkuit Austin, Texas pada April mendatang. Dengan demikian, nomor balap 69 selamanya akan menjadi milik Hayden.

Hayden, pebalap asal Amerika yang menjadi Juara Dunia MotoGP 2006 sudah menggunakan nomor balap 69 di sepanjang karier balapnya di kelas premier dari 2003 hingga 2015. Hingga dirinya hijrah ke World Superbike (WSBK), Hayden juga tetap dengan nomor punggung 69.

"Suatu kehormatan besar bagi Nicky -nomor- #69 akan pensiun di Austin. Sangat tepat bahwa itu akan dilakukan pada balapan di AS karena balapan ini sangat berarti bagi Nicky. Bagi saya khususnya, ini akan menjadi acara yang sangat istimewa karena #69 adalah nomor saya ketika saya membalap dan saya sangat bangga melihat Nicky menggunakan #69 dengan sepeda motornya dalam seluruh kariernya," ungkap ayah Nicky, Earl.

Baca Juga
Produsen Ban MotoGP, Michelin Caplok Corsa dan Achilles Senilai Rp6,2 Triliun

"Atas nama seluruh keluargaku, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Dorna karena telah menghormati Nicky dengan cara khusus ini bersama dengan banyak gerakan lain yang telah mereka lakukan untuk mendukung kami dalam melewati masa-masa sulit."

"Saya bangga mengumumkan bahwa nomor 69 akan pensiun dari balap Grand Prix. Nicky Hayden adalah salah satu aset terbesar di paddock ini dan contoh yang fantastis sebagai pebalap di trek maupun di luar sirkuit," tutup Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

Pebalap berjuluk Kentucky Kid itu juga sudah masuk jajaran pebalap sebagai MotoGP Legend. Tepatnya pada tahun 2015 lalu, Dorna menganugerahkan Hayden sebagai salah satu legenda MotoGP. Di mana Hayden menduduki nomor 22 sebagai MotoGP Legend.

Pebalap kelahiran Amerika, 30 Juli 1981 silam itu meninggal pada Senin malam, 22 Mei 2017 sekitar pukul 19.00 di rumah sakit Maurizio Bufalini Hospital di Cesena, Italia. Setelah sebelumnya Hayden mengalami kecelakaan saat naik sepeda.

Baca Juga
Galeri Foto: Melihat Koleksi Museum MV Agusta
Ikhtiar Yamaha Kalahkan Ducati dan Kawasaki di WSBK

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 25 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company