image Sirkuit KymiRing nantinya akan memiliki panjang 4,5 kilometer Sirkuit KymiRing ditargetkan menjadi tuan rumah MotoGP 2020 Pembangunan Sirkuit KymiRing di Finlandia

Finlandia Siap Gelar MotoGP, Pembangunan Sirkuit KymiRing Hampir Rampung

Text : Suhartono | 27 January 2019

uploads/news/2019/01/finlandia-siap-gelar-motogp-8227271eb363b93.jpg

Finlandia Siap Gelar MotoGP 2020

finlandia-siap-gelar-motogp--47204ffa2b1e671
finlandia-siap-gelar-motogp--1215782bbd41a71
finlandia-siap-gelar-motogp--878464909b34901
SPORTKU.COM

Pembangunan Sirkuit KymiRing hampir selesai dan siap menjadi tuan rumah MotoGP.

Perjanjian antara bos sirkuit dan Dorna Sports telah menyepekati Finlandia untuk menjadi tuan rumah balapan MotoGP antara 2020 dan 2024. Namun tanggal putaran MotoGP Finlandia masih akan dikonfirmasi setelah tes di Sirkuit KymiRing berlangsung sekitar bulan Agustus atau September mendatang.

Sebelumnya, Finlandia dijadwalkan untuk bergabung dalam kalender MotoGP pada tahun 2019 ini. Namun akhirnya rencana tersebut batal dan Dorna Sports masih tetap menggelar MotoGP 2019 hanya 19 seri. Memang pada masa mendatang, Dorna Sports menargetkan bisa menghadirkan 20 seri MotoGP pada setiap musimnya.

Tapio Nevala, President of the Finnish Motor Union atau Presiden Federasi Balap Motor Finlandia, menyakini dengan menghadirkan MotoGP makan akan menjadi keuntungan finansial tersendiri untuk wilayah tersebut. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi persnya pada 16 Januari lalu yang juga dihadiri Markku Pietila, President & CEO of KymiRing.

Baca Juga
Polisport Kembali Bermitra dengan MXGP

“Jumlah penonton KymiRing MotoGP diperkirakan antara 100.000 dan 150.000 penonton," kata Nevala. Dia juga memberikan contoh untuk MotoGP Valencia yang memiliki dampak positif di sisi finansial mencapai 38 juta Euro atau sekitar Rp612,1 miliar.

"Finlandia memiliki tradisi motorsport yang panjang dan bagus, dan keahlian Finlandia sebagai penyelenggara acara dan operator olahraga motor dipercaya. Kompetisi MotoGP sangat penting bagi balap motor Finlandia, karena pengakuan kejuaraan meningkat di Finlandia dan di sisi lain, lebih mudah bagi pebalap Finlandia untuk bersaing di kelas internasional," sambung Nevala.

Sementara itu, ketika Sirkuit KymiRing selesai dibangun, maka trek tersebut nantinya memiliki panjang 4,5 kilometer dan mempunyai 18 tikungan serta jalur lurus terpanjangnya 1,2 kilometer.

Baca Juga
Royal Enfield Gelar Donasi Bareng Bikers
Diam-diam Rossi Puji Keberanian Marquez

Text : Suhartono | 27 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company