image Eli Babalj (FTBL)

Mengenal Eli Babalj Pemain Kelas Eropa yang Trial di Kalteng Putra

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : FTBL | Editor: Andi Wahyudi | 27 January 2019

uploads/news/2019/01/mengenal-eli-babalj-77211b320cde161.jpg

Mengenal Eli Babalj

eli-babalj-ftbl--9297559116151fd
SPORTKU.COM

Mengenal Eli Babalj, pemain asal Australia yang pernah merumput di Eropa dan ingin mencoba Liga Indonesia bersama Kalteng Putra.

Kalteng Putra menjadi klub promosi Liga Indonesia yang mendapatkan perhatian media massa secara masif. Ini lantaran manajemen tim asal Kalimantan tersebut ingin merekrut pemain kelas dunia.

Diego Forlan, mantan punggawa Timnas Uruguay dan Manchester United sempat diwacanakan akan direkrut. Namun tim yang mendapatkan jatah promosi setelah lolos menjadi juara ketiga di Liga 2 itu belum juga mendapatkan sinyal positi dari pemain yang berhasil meraih gelar top skor di Piala Dunia 2010 dengan mencetak lima gol.

Meski demikian, janji mereka untuk mendatangkan pemain kelas dunia nampaknya bakal terealisasi dalam waktu dekat. Pasalnya, saat ini mereka berhasil mendatangkan penyerang asal Australia, Eli Babalj.

Saat ini status Babalj di klub tersebut adalah trial. Meski demikian, pemain berusia 26 tahun tersebut nampaknya dalam waktu dekat akan mendapatkan kontrak bersama klub yang sebelumnya bernama Persepar Palangkaraya tersebut.

Alasan pertama adalah bahwa Babalj merupakan pemain yang memiliki latar belakang yang cukup baik sebagai pesepakbola. Pemain yang mengawali karir di A-League bersama Melbourne Heart itu merupakan pemain yang berstatus Timnas Australia.

Bahkan pemain yang lahir di Sarajevo itu sudah menjadi andalan The Socceros sejak usia dini. Tepatnya sejak membela Timnas Australia U-17 lalu berlanjut ke U-20 dan menjalani debut bersama Timnas Australia senior pada tahun 2012 silam.

Baca juga
Ribuan Bikers Padati Gedung DPR

Bersama Timnas Australia senior dirinya mampu menciptakan raihan cukup baik. Dari dua penampilan, ia mampu mencetak dua gol ketika melawan Guam di EAFF Cup

Sepanjang membela Timnas Australia, Babalj mampu menyumbangkan trofi Piala AFF U-19 di tahun 2010 silam. Bahkan dirinya tercatat sebagai pemain tersubur kedua di ajang tersebut dengan mencetak dua gol dalam empat pertandingan.

Alasan kedua adalah Babalj merupakan pemain yang memiliki pengalaman yang cukup lama berkarir di Eropa. Pada tahun 2012 ia memutuskan hijrah ke Serbia dan bermain di Red Star Belgrade. Sayang di klub tersebut dirinya jarang mendapatkan waktu tampil yang cukup sehingga kembali dipulangkan ke Melbourne Heart setahun kemudian.

Seolah menolak menyerah, Babalj kembali mencoba peruntungannya di benua biru. Kali ini ia bermain di Liga Belanda dengan membela dua klub berbeda, yakni AZ Alkmaar dan PEC Zwolle dalam dua musim.

Setelah itu, Babalj pulang ke Australia dan membela Adelaide United dari tahun 2015 sampai 2017 dan memenangkan dua gelar di sana.

Babalj sempat kembali ke Eropa dengan bermain di Liga Ceko bersama Mladá Boleslav. Lalu semusim setelahnya ke India dengan bermain bersama ATK dan kini statusnya free transfer.

Bermain dengan banyak klub dan bermain di banyak negara, diharapkan Babalj bisa cepat beradaptasi sehingga dirinya bisa menunjukan kemampuan terbaiknya di Indonesia.

Berdasarkan situs Transfermarkt. Nilai kontrak Babalj berkisar 90 ribu poundsterling alias Rp1,6 miliar. Dengan angka sebesar itu diharapkan dirinya bisa memegang label pemain bintang yang diharapkan oleh Kalteng Putra.

Selama karir sepakbolanya, Eli Babalj tercatat telah bermain bagi sembilan klub berbeda.

Eli Babalj tercatat mencetak dua gol dalam kemenangan Australia atas Guam dengan skor 9-0 di ajang EAFF East Asian Cup 2013

Baca juga
Massimiliano Allegri Sulit Pulangkan Paul Pogba ke Juventus

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : FTBL | Editor: Andi Wahyudi | 27 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company