image

DPR Minta Pemerintah Buka Jalur Tol Untuk Sepeda Motor

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok MBI | Editor: Andi Wahyudi | 29 January 2019

SPORTKU.COM

Jalan tol atau juga disebut jalan bebas hambatan di Indonesia saat ini hanya terbuka untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Para bikers pengguna sepeda motor di Indonesia hingga kini masih belum diberi kesempatan untuk bisa menggunakan jalan tol. Padahal, sesama warga negara Indonesia, hal ini dianggap tidak adil. Hal tersebut juga diungkapkan langsung oleh Ketua DPR, Bambang Soesatyo.

Orang nomor satu di lingkungan DPR RI tersebut membujuk pemerintah untuk segera melegalkan sepeda motor bisa masuk jalan tol. Pasalnya, baik pengguna mobil maupun motor, mereka sama-sama membayar pajak. Namun dalam hal ini, para bikers merasa dikesampingkan karena tak mendapat hak menggunakan jalan tol.

"Sebenarnya sudah ada PP tahun 2009 yang memberi ruang bagi pengguna kendaraan roda dua memiliki jalur khusus di tol. Sekarang sudah ada di Bali dan Suramadu. Saya mendorong kepada pemerintah agar memikirkan ruas-ruas tol lainnya segera dipersiapkan jalur khusus untuk kendaraan roda dua," tegas Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet.

Baca Juga
Peluang Yudhistira Balap ARRC 2019

Menurut Bamsoet yang juga merupakan Ketua Pembina Motor Besar Indonesia (MBI), para bikers juga memiliki hak sebagai sesama warga negara untuk menikmati insfrastruktur hasil pembangunan pemerintah. "Bukan gratis, mereka juga harus bayar -saat masuk tol-. Tidak masalah, yang penting memberikan hak kepada pemilik sepeda motor untuk menikmati hasil pembangunan," sambung Bamsoet.

"Sebenarnya tidak ada kendala, hanya keinginan pemerintah saja. Dari pemerintah, terutama Menteri Perhubungan untuk mengatur adanya satu ruas 2,5meter di kiri kanan untuk jalur motor. Semua jenis sepeda motor bisa masuk. Tidak hanya untuk moge saja. Seperti di Bali dan Suramadu juga untuk semua jenis motor."

"Artinya kalau pemilik mobil bisa menikmati fasilitas jalan bebas hambatan, kenapa kita pemilik sepeda motor tidak punya kesempatan. Kan kita sama-sama sebagai rakyat, kita bayar pajak yang sama, Kita pakai tol juga bayar kok, gak gratis," tutup Bamsoet yang sering kali geber moge bersama para bikers.

Baca Juga
Menghitung Mahalnya Biaya Balap ARRC
Livery Baru Petronas Yamaha SRT Meluncur

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok MBI | Editor: Andi Wahyudi | 29 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company