image Khairul Idham Pawi kini menjadi salah satu pebalap andalan Idemitsu Honda Team Asia Khairul Idham Pawi, pebalap Malaysia yang kini balapan di Moto2

Calon Pebalap MotoGP dari Malaysia

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 30 January 2019

uploads/news/2019/01/calon-pebalap-motogp-dari-297170e492ca574.jpg

Calon Pebalap MotoGP dari Malaysia

kandidat-pebalap-malaysia-penerus-833742081f218da
kandidat-pebalap-malaysia-penerus-23673a65ac2e953
SPORTKU.COM

Malaysia menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang berhasil memboyong pebalapnya di Kejuaraan Dunia MotoGP.

Bersama Hafizh Syahrin, Malaysia menjadi salah satu negara peserta di MotoGP. Musim balap 2019 menjadi tahun kedua Hafizh Syahrin berkompetisi di MotoGP. Malaysia pun tak hanya memiliki pebalap di MotoGP, namun juga punya tim sekaligus.

Hafizh Syahrin menjadi pebalap tim satelit di Red Bull KTM Tech3 bersama rekan setimnya Miguel Oliveira. Sementara itu, Petronas Yamaha SRT (Sepang Racing Team) menurunkan kolaboras pebalap Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

Tak berhenti di situ, Malaysia pun akan terus berusaha melahirkan pebalap-pebalap hebat lainnya untuk mengikuti jejak Hafizh Syahrin. Pebalap muda Malaysia lainnya tengah dipersiapkan untuk menjadi rider MotoGP. Salah satu yang memiliki potensi cemerlang saat ini adalah Khairul Idham Pawi.

Pawi sudah sejak tahun 2016 lalu membalap penuh di Kejuaraan Dunia Moto3. Pada debutnya dengan motor Honda, pebalap kelahiran 20 September 1998 ini juga berhasil meraih dua kemenangan. Masing-masing di Moto3 Argentina dan Moto3 Jerman.

Pada tahun 2017 Pawi diumumkan naik ke Kelas Moto2 bersama Idemitsu Honda Team Asia. Pawi menggantikan Ratthapark Wilairot dan berpasangan dengan pebalap Jepang Takaaki Nakagami yang saat ini sudah naik ke kelas tertinggi MotoGP.

CEO Sepang International Circuit (SIC), Razlan Razali mengatakan kesempatan untuk Pawi membalap di MotoGP bersama Petronas Yamaha SRT akan terus terbuka.

Baca Juga
Harga Moge Harley-Davidson di Indonesia Turun

"Pawi masih menjadi aset nasional kami, sebagai satu-satunya orang Malaysia yang memenangkan perlombaan Grand Prix. Sangat disayangkan bahwa ia kemudian ditempatkan di Moto2 terlalu dini. Tapi tetap saja, dua tahun adalah pengalaman berharga,' ungkap Razali.

"Dia datang untuk mengunjungi tim MotoGP kami -setelah Valencia-. Kami berkata, 'lihat, Anda memiliki dua tahun untuk melakukan sesuatu karena kami ingin Anda menjadi pebalap MotoGP pertama dari Malaysia di tim ini," sambung Razali.

Razali berharap dengan begitu, Pawi yang saat ini membalap dengan tim Malaysia Petronas-SIC akan memiliki dorongan untuk benar-benar termotivasi, fokus, dan bekerja keras. "Karena dia tahu jika dia melakukannya dengan baik, ada perkembangan alami, dia dalam struktur kita ke MotoGP."

Menurut Razali, ada yang salah arah saat Pawi ditempatkan di tim lamanya. Dan hal ini kini menjadi tanggung jawab Razali untuk bisa mengarahkan ke program yang benar bagi Pawi. Razali telah menugaskan pelatih pebalap MotoGP untuk memperhatikan Pawi.

"Kami memiliki Torlief Hartelman sebagai pelatih pebalap kami untuk MotoGP, dia juga akan menonton dan duduk bersama Pawi untuk mengetahui apa yang dia miliki. Saya telah menekankan kepada Torlief tentang pentingnya Pawi bagi tim. Jadi kami berharap kami dapat melakukan sesuatu, tetapi sekali lagi pada akhirnya adalah individu yang tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan," tegas Razali.

Razali merupakan orang yang memainkan peran penting dalam menempatkan Hafizh Syahrin di tim Tech3 untuk menjadi pebalap Malaysia pertama di MotoGP. Dia pun kini memiliki banyak rencana untuk membuat Malaysia sebagai salah satu negara dengan banyak pebalap hebat di dunia.

Baca Juga
Ducati Bikin Team Order di MotoGP 2019?
DPR Minta Pemerintah Buka Jalur Tol Untuk Sepeda Motor

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 30 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company