image

Menunggu Gebrakan Aprilia di Masa Sulit

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 30 January 2019

SPORTKU.COM

Saat ini, Aprilia menjadi tim pabrikan dengan prestasi terburuk di Kejuaraan Dunia MotoGP.

Aprilia RS-GP adalah nama seri dari prototipe sepeda motor V4 empat langkah yang dikembangkan oleh Aprilia untuk bersaing di Kejuaraan Dunia MotoGP. Hingga kini, Aprilia RS-GP masih terus berbenah untuk bisa bersaing dengan para kompetitornya.

Sejak tahun 2015, Aprilia kembali ke MotoGP dengan status tim pabrikan. Alvaro Bautista dan Marco Melandri didaulat untuk menjadi pebalap mereka. Tahun 2015 juga menjadi debut Aprilia sejak terakhir berkompetisi di kelas utama musim 2010. Aprilia kembali ke kelas utama MotoGP juga dengan menggandeng Gresini Racing.

Musim pembuka Aprilia di MotoGP masih berjalan lambat. Bautista yang merupakan mantan Juara Dunia GP125 (2006) berakhir di peringkat 16 dengan 31 poin. Raihan terbaik Bautista di posisi 10 saat balapan berlangsung di Indianapolis.

Sedangkan Melandri hanya bergabung hingga pertengahan musim. Sehingga dirinya sama sekali tak bisa kemas poin. Sebagai penggantinya, Aprilia menunjuk Stefan Bradl. Mantan Juara Dunia Moto2 2011 ini bergabung sejak seri MotoGP Indianapolis. Hingga akhir musim, Bradl menduduki posisi 18 dengan 17 poin.

Untuk 2016, Aprilia tetap di MotoGP. Bradl, pebalap asal Jerman ini masih bergabung dengan pasukan Aprilia. Musim keduanya di Aprilia berjalan lebih baik. Bradl kemas 82 poin dan menduduki peringkat 12 di klasemen akhir MotoGP 2016.

Begitu juga dengan penampilan Bautista. Pebalap asal Spanyol yang sebelumnya juga pernah menjadi andalan Aprilia di Kelas GP125 -kini Moto3- dan GP250 -kini Moto2- ini mengakhiri penampilannya di rangking 12 dengan kemasan 82 poin.

Dua musim di MotoGP, Aprilia masih menjadi tim dengan peringkat terendah untuk kategori manufactur pabrikan -bukan tim satelit-. Aprilia yang juga berada di bawah komando Piaggio Group ini masih kalah telak dari Honda, Yamaha, Ducati maupun Suzuki.

Baca Juga
Dinamika Winglet di MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 30 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company