image AHM resmi luncurkan Honda PCX Elektrik Honda PCX Elektrik hanya tersedia warna putih AHM belum umumkan harga jual Honda PCX Elektrik

Honda Luncurkan Motor Listrik PCX

Text : Suhartono | Photo / Video : AHM | 31 January 2019

uploads/news/2019/01/honda-luncurkan-motor-listrik-20351e8c3899419.jpg

Honda Luncurkan Motor Listrik PCX

honda-luncurkan-motor-listrik-9549627c824ecf1
honda-luncurkan-motor-listrik-88317d767df2fd6
honda-luncurkan-motor-listrik-369717b27df17ff
SPORTKU.COM

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda PCX Elektrik sebagai jawaban atas tren elektrifikasi sepeda motor masa depan.

Sebagai motor konsep, Honda PCX Electric pertama kali dipamerkan di Indonesia bersamaan dengan gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) pada awal November 2018 lalu. Kini AHM memproduksinya secara lokal di pabrik perakitan Sunter, Jakarta Utara.

Honda PCX Electric hadir dengan mengusung tampilan elegan dan kemewahan fitur yang dimilikinya. Moror ini dikembangkan dari Honda PCX yang populer dengan desain mewah dan bermesin ramah lingkungan. Tenaga dari mesin bakar diganti dengan sumber tenaga listrik yang dikembangkan lebih compact.

AHM mengklaim jika Honda PCX Electric mempunyai sistem yang mampu menghadirkan torsi optimial sejak putaran bawah, mewujudkan performa tinggi dari awal dan kemampuan menanjak yang mumpuni. Dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).

Untuk kenyamanan berkendara, Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/swap system), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

AHM pun sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor listrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/penggantian baterai.

Baca Juga
Petrucci Tertekan di Bawah Ducati

Sistem EV pada Honda PCX Electric ini menggunakan dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) demi mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal.

Sepeda motor listrik ini mampu menghasilkan output maksimum 4.2kW. Torsi maksimal 18 Nm pada 500 rpm. Unit daya yang kuat dan ringkas sanggup menjaga suhu sepeda motor serta mengontrol aliran listrik secara lancar dan presisi. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, dan kopling tidak diperlukan.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

Demi memberikan kenyamanan berkendara, selain dimensi sumbu roda yang lebih panjang, Honda PCX Elektrik juga menggunakan tipe suspensi belakang lebih panjang, dipadukan dengan letak motor listrik yang optimal. Demi keamanan, roda depan sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS).

Nuansa canggih dan mewah Honda PCX Elektrik ditingkatkan dengan sistem lampu full LED, serta menggunakan aksen biru di beberapa bagian yang akan terlihat saat lampu dimatikan. Terdapat hugger belakang yang terpasang di belakang power unit untuk menambah kesan canggih dan sekaligus unik. Honda PCX Electric hanya tersedia dalam warna Pearl Glare White.

Baca Juga
Audi Amankan Posisi Ducati
Ducati Bikin Team Order di MotoGP 2019?

Text : Suhartono | Photo / Video : AHM | 31 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company