image

Liberty Media Diprotes Asosiasi Promotor Formula 1

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : YAS Island | 1 February 2019

SPORTKU.COM

Beberapa kebijakan baru yang digulirkan Liberty Media, selaku pemilik mayoritas saham Formula 1, menuai banyak kritikan dari asosiasi promotor F1.

Mereka menuntut Liberty Media harus bersikap dengan adil dan lebih berkolaborasi untuk menghasilkan sesuatu yang menguntungkan. , tentunya untuk kedua belah pihak. Dalam melakukan aksi protesnya, asosiasi promotor Formula 1, telah mengeluarkan makluman yang berisi mengenai kekhawatiran mereka. Dari beberapa hal yang dikhawatirkan, asosiasi tersebut telah merumuskannya menjadi tiga butir yang penting.

Pertama, dengan masuknya siaran balap Formula 1 ke jaringan televisi berbayar seperti yang diusulkan oleh Liberty Media, maka mereka (asosiasi promotor F1) khawatir akan mengurangi jumlah audiens. Ini berbeda jauh dengan sebelumnya, di mana tayangan Formula 1 bisa didapat atau disaksikan secara gratis.

Kedua, kurangnya kejelasan mengenai inisiatif baru di Formula 1. Dan dalam penerapannya, mereka menilai bahwa Liberty Media kurang melibatkan promotor dalam pengambilan keputusan bersama. Biar bagaimana pun, mereka juga merupakan pelaksana kegiatan balap Formula 1 di setiap negara masing-masing.

Ketiga, asosiasi tersebut menilai nantinya balapan-balapan baru seharusnya tidak digelar dengan mengorbankan event-event yang sudah ada. Namun asosiasi antusias untuk menyambut model bisnis alternatif yang ditawarkan oleh Liberty Media.

Mengenai bisnis alternatif yang disoroti oleh promotor, mereka melihat bahwa ada ketimpangan antara gelaran GP Miami nantinya dengan balapan yang sudah ada. Seperti dikabarkan, untuk pelaksaan Grand Prix Miami, Liberty Media diinformasi akan melakukan sistem bagi hasil antara promotor dengan Chase Carey. Melihat hal tersebut, promotor pun menolak dengan alasan sangat berbeda jauh dari regulasi yang sebelumnya.

Hal itu tentu saja menimbulkan konflik, karena secara tradisional, promotor biasanya membayar jutaan dollar untuk bisa mengadakan balapan paling prestisius di dunia. Dengan begitu, masalah ini pun menjadi kekhawatiran bagi promotor balap yang kontraknya telah habis di tahun ini. Adapun lima kontrak balap Formuyla 1 yang akan habis pada musim ini antara lain adalah GP Inggris, GP Italia, GP Spanyol, GP Jerman dan GP Meksiko.

Baca Juga :
Liberty Media Siapkan Acara Khusus untuk Formula 1 di Australia

 

Baca Juga :
Gaji Pebalap Formula 1 Untuk Musim 2019

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : YAS Island | 1 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company