image

Debut eSport di SEA Games 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 6 February 2019

uploads/news/2019/02/debut-esport-di-sea-33925a0b8c2dcab.jpg

Debut eSport di SEA Games

debut-esport-di-sea-961063fb2db6ccc
SPORTKU.COM

Dari 56 cabor yang dipertandingkan di SEA Games 2019, terdapat eSport yang bakal melakoni debutnya di musim ini.

Cabor eSport akan mempertandingkan enam judul game di ajang SEA Games ke-30 kali ini, di antaranya NBA2K19 dan Tekken (konsol), Dota 2 dan StarCraft II (PC), dan terakhir Mobile Legends dan Arena of Valor (mobile). Kendati belum dirilis resmi oleh pihak panitia, tapi Eddy Lim, selaku Ketua Asosiasi eSport Indonesia (IeSPA) telah mengonfirmasi kebenaran dari kabar tersebut.

"Iya, keenam judul game tersebut 1000 persen confirmed. Jadi kalau ada info berbeda di media luar, itu salah," terang Eddy. "Kans Indonesia untuk membawa pulang medali juga besar, terutama untuk di Dota2 dan Tekken7. Selebihnya ada di Mobile Legends untuk peluang ketiga, dan keempatnya di AOV. Tapi untuk AOV di Asian Games hasilnya kurang bagus."

Asosiasi eSport Indonesia juga kabarnya akan mengirim atlet pada nomor pertandingan yang berpeluang meraih medali. Eddy menilai untuk nomor lainnya, seperti StarCraft II besar kemungkinan tidak ada wakil Indonesia mengingat sedikit sekali atlet yang bisa memainkan game tersebut. "Kami jauh dari pesaing, seperti Filipina. Jadi kemungkinan tidak mengirimkan wakil," lanjutnya.

Baca Juga :
Indonesia Masuk Grup Neraka di Ajang eSports PES

Selain Filipina, Eddy menambahkan, ada dua negara lagi yang kemungkinan besar bakal menjadi pesaing berat untuk skuat Merah Putih, yakni Malaysia dan Vietnam. Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi turut mengundang Pengurus Nasional Perkumpulan Olahraga Elektronik Indonesia ke kantornya.

Imam menyampaikan bahwa pemerintah akan mendukung para pengurus IeSPA dalam mengembangkan cabor baru eSports di Indonesia. "Persiapkan dan rencanakan dengan baik, pemerintah akan dukung dan suport secara kebijakan maupun anggaran yang diperlukan, khususnya guna raihan prestasi medali emas untuk kategori eSports di SEA Games 2019," kata Menpora dalam keterangan resminya.

Pesta olahraga dua tahunan di Asia Tenggara, SEA Games, akan digelar di Manila, Filipina pada (30/11) hingga (11/12) mendatang. Sebagai tuan rumah, negara yang dijuluki penghasil padi terbaik itu telah menyiapkan tiga lokasi sebagai tempat diselenggarakannya kegitan ini, yakni Clark Green City, Subic, dan Metro Manila.

Baca Juga :
Upaya Irliansyah Wijanarko Majukan eSports di Indonesia

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 6 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

BCA Super League Triathlon Bali

BCA Super League Triathlon Bali

ACTUAL
Eko Yuli Raih Medali Emas

Eko Yuli Raih Medali Emas

ACTUAL
Palembang Tuan Rumah Kejuaraan Triathlon

Palembang Tuan Rumah Kejuaraan Triathlon

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company