image Kemenangan Marcus Gideon dan Kevin sanjaya

Harapan Susy Susanti Untuk Kevin/Marcus di Tahun 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 6 February 2019

uploads/news/2019/02/harapan-susy-susanti-untuk-754987dae248f00.jpg

Harapan Susy Susanti Untuk Kevin/Marcus

final-indonesia-china-asian-games-460802874990953
SPORTKU.COM

Susy Susanti menghimbau agar ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bisa lebih selektif memilih turnamen di tahun 2019.

Penampilan pasangan rangking satu dunia yang akrab disapa The Minions, dalam beberapa tahun belakangan memang luar biasa. Pada tahun 2017 misalnya, Kevin/Marcus sukses meraih tujuh gelar super series, mulai dari All England (12/3), India Terbuka (2/4), Malaysia Terbuka (9/4), Jepang Terbuka (24/9), Cina Terbuka (19/11), Hong Kong Terbuka (26/11), dan terakhir World Superseries Finals (17/12).

Pada tahun 2018, Kevin/Marcus masih mendominasi sektor ganda putra dengan raihan delapan gelar world tour, di antaranya Indonesia Masters (28/1), India Terbuka (4/2), All England (18/3), Indonesia Terbuka (8/7), Jepang Terbuka (15/9), Denmark Terbuka (21/10), Cina Terbuka (11/11), Hong Kong Terbuka (18/11) dan ditambah satu medali emas Asian Games 2018.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengarahkan, agar The Minions bisa lebih selektif memilih turnamen di tahun 2019, karena tahun ini begitu krusial bagi semua pebulu tangkis elit, terlebih yang akan mengikuti klasifikasi Race to Tokyo Olympic 2020. "Pemain sekaliber Kevin/Marcus memang harus selektif memilih turnamen, kami harus bisa jaga kondisi mereka, karena mereka pasti diincar semua lawan," kata Susy seperti yang diwartakan situs resmi Badminton Indonesia.

Baca Juga :
Para Pemenang Indonesia Masters 2019

Peraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992 itu juga menambahkan, jika Kevin/Marcus ingin berangkat ke turnamen, dipastikan dalam kondisi terbaik. "Kami berharap prestasi Kevin/Marcus peak nya di olimpiade, tapi kalau diumbar, ada masanya yang akan kena itu non-teknisnya, pasti akan mempengaruhi, mending diatur saja," sambung Susy.

Kevin/Marcus lebih baik ekstra fokus ke major events di tahun ini seperti All England, Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, BWF Tour Finals dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan Susy agar The Minions bisa menjaga kondisi baik secara fisik maupun mental dalam arti terhindar dari kejenuhan, demi meraih peak performance di Olimpiade Tokyo 2020.

"Salah satu faktor mereka bisa selektif memilih turnamen karena memang sudah aman rankingnya, tapi kan bukan cuma jaga di rangking, tapi di kondisi, motivasi dan kalau terlalu over, ada jenuhnya," lanjut Susy. "Saya setuju kalau mereka harus fokus ke major events dulu tahun ini. Kevin/Marcus jangan dituntut terlalu berlebihan, mereka kan andalan kita di tahun depan (Olimpiade)."

"Yang penting posisi rangkingnya tetap aman, kalau bisa bertengger di rangking satu, kalau bisa di tiga besar aman," pungkas istri mantan pebulu tangkis Alan Budikusuma ini. Turnamen All England 2019 menjadi target terdekat bagi Kevin/Marcus. Turnamen ini akan dilangsungkan di Birmingham, Inggris, pada (6-10/3) mendatang.

Baca Juga :
Pasangan Kevin/Marcus Raih Penghargaan Pemain Terbaik 2018 Versi BWF

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 6 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company