image

El Clasico, Menanti Kejutan Real Madrid

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Barca Blaugranes | Editor: Andi Wahyudi | 6 February 2019

SPORTKU.COM

Laga klasik sarat gengsi kembali berlangsung kala Barcelona menjamu Real Madrid di Camp Nou, Kamis (7/2) dini hari WIB. 

Semua mata pecinta sepak bola dunia saat ini diprediksi tertuju pada laga akbar musuh abadi di tanah Spanyol, antara Barcelona versus Real Madrid. Bagi kedua klub, sudah jelas kemenangan menjadi harga mati di laga nanti.

Selain melapangkan jalan ke partai puncak, dengan kemenangan atas rival tentu menimbulkan kepercayaan diri menyongsong sisa musim. Bagi Madrid, pertandingan ini bisa dijadikan ajang balas dendam atas kekalahan pahit yang didapat Oktober tahun lalu. 

Ketika itu, Madrid secara memalukan kalah dengan skor telak 1-5, sekaligus membuat Julen Lopetegui lengser dari jabatannya sebagai pelatih. Santiago Solari sebagai pengganti, tentu paham, ini ujian untuk dirinya secara pribadi sebagai pelatih.

Reputasinya juga jelas dipertaruhkan karena berkat kekalahan El Real tersebut dirinya kini menduduki kursi pelatih. Selain menambah kepercayaan dari para fans, bisa mempermalukan Barcelona di kandangnya sendiri tentu membuat rasa percaya diri Madrid kian meningkat. 

Ditambah, dalam lima partai terakhir yang dimainkan, Madrid sukses sapu bersih dengan kemenangan. Mengandalkan para pemain muda, Solari secara perlahan mulai membawa Madrid ke arah yang lebih baik. 

Kini, skuat Madrid mungkin saja tak dihiasi nama-nama besar seperti beberapa tahun silam. Sekarang yang jadi andalan mereka, pemain-pemain seperti Vinicius Jr, Sergio Reguilon, Dani Ceballos, Marcos Llorente, dan Alvaro Odriozola. 

Baca Juga:
Solari 'Minta' Messi Dimainkan

Tetapi, dengan skuat muda itulah, Madrid kini menjadi tim yang soilid. Solari bisa mengkombinasikan darah muda dan pemain senior dengan sangat baik. Siapa yang mengira, pemain muda seperti Vinicius secara konstan menjadi andalan.

Kemudian, di tangan Solari juga ketajaman Benzema kembali. Dari lima laga, Benzema sukses menjaringkan enam gol, sesuatu yang jarang terlihat, bahkan di era Zinedine Zidane sekalipun. Faktor ini yang sudah sepatutnya menjadi ancaman bagi kubu Barcelona, karena Solari pastinya berambisi menaklukkan mereka. 

Sebaliknya, bagi Barcelona, perubahan besar nampaknya tak akan terjadi. Ernesto Valverde sebagai pelatih diprediksi masih mengandalkan susunan pemain yang sama seperti di pertemuan pertama LaLiga. Yang masih menjadi pertanyaan adalah ketersediaan Lionel Messi yang sempat diragukan akibat cedera.

Selain itu, absennya Ousmane Dembele seharusnya tak jadi persoalan karena dalamnya skuat yang dimiliki klub Catalan. Di sana masih ada Philippe Coutinho, Malcom, atau pemain pinjaman, Kevin Prince-Boateng. 

Kekhawatiran Barcelona seharusnya datang pada lini belakang mereka yang terlihat rapuh. Dari lima pertandingan terakhir yang dilakoni, gawang Barcelona kebobolan enam gol, sebuah catatan yang kurang ideal tentu saja. 

Hal lain yang wajib dikhwatirkan Barcelona oleh Madrid kali ini ialah hadirnya Solari. Ya, sejak ditangani Solari, Madrid kini jadi tim yang sulit terbaca. Ia secara brilian bisa mengakomodir taktik sesuai lawan yang dihadapi. Meski sering menerapkan pola 4-3-3, tak jarang Solari mengubahnya menjadi 3-5-2 ketika ingin bertahan. Hal ini sudah dipraktekkan kala mereka memgalahkan Real Betis beberapa waktu lalu. 

Kala itu, Madrid bermain rapat di belakang dan lini tengah dengan menumpuk seluruh pemain. Sesuatu yang sudah jelas tak disukai Barcelona dan terbukti mereka hanya meraih hasil imbang kontra Valencia yang menerapkan strategi ultradefensif. 

Tentunya El Clasico kali ini sangat menarik melihat fakta di atas, apakah Barcelona kembali keluar sebagai pemenang, atau Real Madrid bisa mengejutkan bersama Solari? Kita tunggu jawabannya bersama. 

  • DATA & FAKTA :
  • Ini menjadi pertemuan ke-35 kedua tim di Copa del Rey sejak 1902.
  • Kekalahan terbesar Barcelona dari Madrid di El Clasico tercipta di tahun 1943, kala itu Barcelona tumbang 1-11 dari Madrid.
  • Dari 34 pertandingan yang sudah berlangsung, laga antara Barcelona vs Madrid di Copa del Rey belum pernah berakhir tanpa gol.

Baca Juga:
Jelang El Clasico, Valverde Tak Ingin Pertaruhkan Messi

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Barca Blaugranes | Editor: Andi Wahyudi | 6 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company