image

Sirkuit Spa-Francorchamps Dipersiapkan Khusus untuk World Rallycross 2019

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : World Rallycross | Editor: Andi Wahyudi | 7 February 2019

SPORTKU.COM

Tahun ini, Sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia, menjadi tuan rumah World Rallycross menggantikan Sirkuit Jules Tacheny Mettet.

Berdasarkan kalender balap FIA Wolrd Rallycross yang sudah dirilis, Belgia, menjadi tuan rumah ketiga dalam gelaran tersebut pada 11 dan 12 Mei 2019. Sirkuit Spa-Francorchamps terpilih sebagai arena yang menggantikan sirkuit lain yakni Jules Tacheny Mettet yang sejak 2014. Dengan terpilihnya Sirkuit Spa-Francorchamps tersebut, penyelenggara juga telah menyiapkan beberapa tantangan berat.

"Tidak hanya FIA World Rallycross yang baru pertama kali mengunjungi Sirkuit Spa-Francorchamps, tapi promotor lokal telah memberikan tantangan yang berat dengan pengungkapan lay out sirkuit yang dibangun secara khusus. Perubahan ketinggian yang luar biasa, lompatan yang spektakuler, dan gagasan setiap pebalap tentang uji coba keberanian terbesar, dan bagian dari Eau Rouge/Raidllion yang terkenal, menambah jantung pebalap berdenyut kencang," ujar Paul Bellamy, Senior Vice President of IMG Motorsport yang bertindak sebagai promotor.

Baca Juga :
Firestone Kembali Bersinergi dengan Indycar

Dari keseluruhan sirkuit, World Rallycross mengambil lahan sekitar 913 meter dan menggunakan sebagian kecil sirkuit Formula 1. Dari lay out yang sudah mereka bagikan, desain lintasan memang mayoritas mengambil lahan tanah, sedangkan untuk area aspal, penyelenggara menggunakan sektor Eau Rouge yang menjadi ciri khas Sirkuit Spa-Francorchamps sebagai arena balapan WRX ini. Secara keseluruhan, penyelenggara menyajikan medan aspal sebanyak 60 persen dan gravel 40 persen.

Jika melihat desain lintasannya, pebalap harus memulai dengan lintasan lurus kemudian berbelok ke kiri dan melintasi Eau Rouge dan memutar di hairpin pertama. Setelah itu, mereka dihadapkan dengan lintasan tanah yang di ujungnya menjadi dua, sebelah kiri untuk joker lap, dan yang kanan untuk putaran normal. Selain rangkaian balapan World Rallycross, dalam event tersebut penyelenggara juga turut menghadirkan beberapa acara termasuk tes drive supercar di sirkuit yang begitu fenomenal dalan gelaran Formula 1.

Tahun lalu, saat balapan berlangsung di Sirkuit Jules Tacheny Mettet, pereli dengan titel juara WRC 9 kali, Sebastien Loeb, mengukuhkan podium tertinggi. Pereli kebanggsaan Perancis tersebut, berhasil mempertahankan posisinya dari Johan Kristoffersson dan Peter Solberg yang menjadi rival terkuatnya.

Baca Juga :
Mengenal Karakter Dua Sirkuit Speed Offroad

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : World Rallycross | Editor: Andi Wahyudi | 7 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company