image

Nama Racing Point Paten Digunakan Untuk Kejuaraan F1 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Racing Point F1, Motorsport Week | Editor: Andi Wahyudi | 7 February 2019

uploads/news/2019/02/nama-racing-point-untuk-87682f64ad3307a.jpg

Nama Racing Point Untuk 2019

racing-point-tetap-menggunakan-823496618e3ec54
SPORTKU.COM

Racing Point telah dikonfirmasi secara resmi sebagai nama pengganti dari tim Force India untuk kejuaraan F1 2019.

Setelah sempat dinyatakan bangkrut, tim balap Formula 1 Force India diambil alih oleh konsorsium di bawah kepemimpinan Lawrence Stroll, hasil kolaborasi dengan Chief Operations Officer, Otmar Szafnauer, beserta staf-staf senior manajemen Force India.

Kemudian pada Grand Prix Belgia 2018, FIA memberi izin tim balap Force India menggunakan nama pengganti Racing Point Force India, menyusul adanya pemegang saham baru bagi skuat pink panther tersebut. Lalu usai putaran terakhir F1 2018, bos tim Otmar Szafnauer mengatakan bahwa pihaknya telah mengadopsi nama sementara sebelum akhirnya memutuskan nama permanen.

Pada Desember kemarin, FIA pun merilis daftar tim untuk kejuaraan Formula 1 2019, dan di situ tercantum nama Racing Point Force India yang diganti menjadi Racing Point F1. "Saya bersemangat untuk melampirkan nama yang lebih menarik sebelum tim berbaris di grid Melbourne Maret mendatang," kata Lawrence Stroll.

Tapi Otmar Szafnauer secara tegas menambahkan, bahwa perubahan nama ini hanya bersifat sementara, dan permanennya akan diumumkan sebelum musim 2019 berjalan. Prosedur untuk mengubah nama tim telah disederhanakan. Perusahaan hanya perlu mengajukan permohonan kepada FIA, dan tidak kepada komisi F1 beserta tim-tim balap lainnya.

Namun diyakini, upaya tim untuk mendapatkan nama alternatif tidaklah berhasil, termasuk pendekatan individu yang memegang hak atas nama tim F1 warisan, di antaranya Lola, Lotus atau Brabham, yang baru-baru ini gamblang menolak tawaran serius untuk kembali menghidupkan nama keluarganya di F1 2019.

Baca Juga :
Dilanda Kebangkrutan, Otmar Szafnauer Masih Setia Terhadap Force India

David Brabham, mantan pebalap jet darat era 90-an, memang tak menyebutkan secara jelas siapa pihak yang melakukan penawaran tersebut, tapi satu kemungkinan yang paling masuk akal adalah Racing Point. "Saya memiliki daftar panjang orang-orang yang menghubungi saya dan berkata, saya ingin membeli tim F1 dan menyebutnya sebagai Brabham," katanya kepada Motorsport.

Tapi menurut David, tak satupun dari mereka yang benar-benar serius untuk membeli nama tim, dan akhirnya putra dari juara dunia F1 tiga kali Sir John Arthur Brabham atau Jack Brabham itu mengatakan kepada siapa saja yang melakukan penawaran serupa, untuk membuktikan terlebih dahulu bentuk fisik uangnya, dengan maksud agar ini tidak menjadi sia-siang dan membuang-buang waktu.

Oleh karena itu, skuat pink panther sepertinya akan tetap menggunakan nama Racing Point F1 untuk kejuaraan Grand Prix 2019, seperti yang tercantum pada daftar entri FIA yang dirilis beberapa waktu lalu. Selain itu, pada daftar tersebut juga tersemat judul resmi dari tim Haas, yakni Rich Energy Haas F1 Team dan tim Sauber yang akhirnya berganti menjadi Alfa Romeo Racing. Berikut daftarnya!

racing-point-tetap-menggunakan-823496618e3ec54.png

Baca Juga :
Racing Point F1 Umumkan Tanggal Peluncuran Mobil Baru

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Racing Point F1, Motorsport Week | Editor: Andi Wahyudi | 7 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company