image

Indonesia Raih Dua Gelar Juara di Turnamen Iran Fajr International Challenge 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Badminton Indonesia | Editor: Andi Wahyudi | 8 February 2019

SPORTKU.COM

Wakil Indonesia kantongi dua gelar juara di ajang turnamen bulu tangkis Iran Fajr International Challenge 2019 di Teheran.

Salah satu turnamen bulu tangkis tertua di kawasan Asia Barat, Iran Fajr International, merupakan perhelatan untuk memperingati Revolusi Islam 1979 dan juga sebagai perayaan sepuluh hari kepulangan Ruhollah Khomeini atau Ayatollah Khomeini, seorang pemimpin agama, filsuf, revolusioner, dan politisi Muslim Syiah Iran ke negaranya.

Turnamen yang diadakan ke-28 kali di tahun ini digelar di Teheran, Iran pada (4-7/2). Iran Fajr International Challenge 2019 memperlombakan empat nomor, yakni tunggal putra dan tunggal putri serta ganda putra dan ganda putri. Tidak ada sektor ganda campuran. Sama seperti kejuaraan bulu tangkis di BWF, ajang ini juga memperebutkan hadiah uang tunai sebesar USD 25,000 atau sekitar Rp349 juta.

Dilansir dari situs resmi BWF Badminton, skuat Merah Putih menurunkan beberapa pemain pelatnas, seperti Firman Abdul Kholik dan Chico Aura Dwi Wardoyo di sektor tunggal putra, Bening Sri Rahayu, Choirunnisa dan Aurum Oktavia Winata di sektor tunggal putri. Ada juga Karono, Alberto Alvin Yulianto, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, Iqbal Aji Tri Pamungkas, dan Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu yang juga bermain tunggal.

Baca Juga :
Jadi Atlet Bulutangkis Itu Bisa Kaya, Ini Buktinya!

Tunggal putri lainnya ada Sri Fatmawati dan Asty Dwi Widyaningrum. Sementara ganda putra diisi oleh pasangan Pramudya Kusumawardana Riyanto/Yeremia Erich Yoche Yacob, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Adnan Maulana/Ghifari Anandaffa Prihardika. Sedangkan wakil ganda putri hanya ada dua pasang, yakni Febby Valencia Dwijayanti Gani/Rayhan Vania Salsabila dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah.

Berdasarkan hasil keseluruhan, wakil Indonesia sukses memboyong dua gelar juara yang dipersembahkan oleh Nita/Putri dari ganda putri dan Adnan/Ghifari ganda putra. Kemenangan pertama diraih oleh Nita/Putri yang mengalahkan unggulan satu Bengisu Ercetin/Nazlican Inci dari Turki dengan skor akhir 21-17 dan 21-18.

Dikutip dari situs resmi Badminton Indonesia, Nita mengatakan usai pertandingan, "Alhamdulillah senang dengan hasil ini. Kami juga sudah bertemu untuk yang kedua kalinya. Jadi sudah sama-sama tahu kelebihan dan kekurangan lawan," katanya. "Tadi di game pertama kami sempat kebingungan, soalnya permainan mereka ada sedikit berubah dibanding Turki kemarin. Mereka main lebih cepat. Di game kedua juga sempat ketinggalan tiga poin, tapi kami bisa mengatasinya."

Di sektor ganda putra, Adnan/Ghifari menjadi juara usai mengalahkan rekan senegaranya Pramudya/Yeremia dengan skor 21-18 dan 21-13 dalam waktu 30 menit. Selain kedua pasangan yang menang, Indonesia sebenarnya juga memiliki wakil tunggal putri yang sampai ke partai final, yakni Choirunnisa. Tapi sayang, langkahnya terhenti di runner up karena kalah dari pemain Thailand Supanida Katethong dengan skor 16-21 dan 13-21.

Podium Ganda Putri Iran Fajr International Challenge 2019

iran-fajr-international-challenge-60016332d98f5e5.jpg

Baca Juga :
Kata Susy Susanti Mengenai Pentingnya Latihan Bulu Tangkis

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Badminton Indonesia | Editor: Andi Wahyudi | 8 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Kejuaraan Tim Campuran Badminton Asia

Kejuaraan Tim Campuran Badminton Asia

BADMINTON
PB Djarum Akhiri Puasa Gelar

PB Djarum Akhiri Puasa Gelar

BADMINTON
Aktivitas Debby Susanto Usai Pensiun

Aktivitas Debby Susanto Usai Pensiun

BADMINTON
Debby Susanto Resmi Pensiun

Debby Susanto Resmi Pensiun

BADMINTON

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company