image

Juventus Mulai Kehabisan Bensin di Fase Krusial

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : AS | Editor: Andi Wahyudi | 8 February 2019

SPORTKU.COM

Raksasa Italia, Juventus, diliputi kekhawatiran, penyebabnya tak lain karena tenaga yang mulai habis di fase krusial.

Sampai pekan ke-22 Serie A, Juventu memang masih bertengger di puncak klasemen dengan perolehan 60 angka, unggul sembilan poin dari Napoli di tempat kedua. Jarak yang cukup jauh tentunya.

Sayangnya, rasa khawatir mulai muncul setelah dua pertandingan terakhir dilewati tanpa kemenangan. Yang pertama mereka dihajar Atalanta di perempat final Coppa Italia dengan skor telak 0-3. Lalu tiga hari berselang giliran Parma yang memaksa mereka bermain imbang 3-3. 

Padahal Juventus sempat unggul 3-1 sebelum akhirnya disamakan oleh Parma di menit akhir jelang pertandingan berakhir. Dua poin yang hilang secara menyakitkan karena dominasi yang mereka perlihatkan di awal.

Alhasil, atas dua hasil negatif ini membuat banyak pihak mulai bertanya-tanya mengenai kondisi I Bianconeri. Apakah mereka mulai kehabisan bensin? 

Sebenarnya jika dilihat ke belakang, dari tiga pertandingan terakhirnya, Juventus mulai kedodoran. Menang tipis atas Lazio, tersingkir dari Coppa Italia, dan ditahan imbang Parma di kandang sendiri. 

Ketika bertemu Lazio, meski meraih kemenangan 1-2, Si Nyonya Tua tidak mampu mengontrol pertandingan, terutama di babak pertama. Saat Lazio sukses melepaskan 9 tembakan ke gawang, Juventus sama sekali tak melakukannya. Bahkan, gawang mereka bobol lebih dulu setelah Emre Can melakukan bunuh diri. Beruntung, mereka memiliki Joao Cancelo dan Cristiano Ronaldo yang akhirnya memastikan tiga angka. 

Baca Juga:
Deretan Pesepakbola Wanita Terpanas di Dunia

Beberapa hari setelah kemenangan susah payah di markas Lazio, Atalanta menjadi lawan mereka di perempat final Coppa Italia. Cukup mencengangkan meski diperkuat Ronaldo dan Paulo Dybala, Juventus sama sekali tak berkutik dan dihajar tiga gol tanpa balas. 

Pressing ketat dengan sistem man to man marking seakan membuat para pemain Juventus tak bisa bernafas. Penampilan buruk pun parahnya kembali berlanjut kala mereka menjamu Parma. Di sini, lini belakang menjadi biang kerok. 

Menurunkan Joao Cancelo, Daniele Rugani, Martin Caceres, dan Spinazolla, organisasi lini belakang sangat berantakan, sesuatu yang diakui oleh Massimiliano Allegri sebagai pelatih. “Cancelo dan Spina terlalu asyik membantu serangan, mereka tidak membantu kinerja bek tengah,” kata Allegri dilansir. 

“Saya tidak berpikir beberapa hasil terakhir karena beban kami yang berat. Kami semua santai dan tidak khawatir, kami yakin dengan kemampuan tim dan kualitas teknis. Kami juga percaya satu sama lain di tim,” bantah Ronaldo ketika ditanyai mengenai penurunan Juventus. 

Permasalahan yang menimpa Juventus ini sebenarnya wujud dari perubahan yang dilakukan Allegri. Dilihat dari musim lalu, saat ini Juventus bermain sangat aktif, mereka lebih berani menguasai bola, dan bermain menyerang.

Datangnya Ronaldo mungkin saja membuat Allegri secara berani memberi perubahan dalam tim. Akan tetapi, timbul masalah di sini. Pemain I Bianconeri seolah belum siap dan lancar dengan skema yang saat ini. 

Tentunya ini pekerjaan rumah bagi Allegri sebagai pelatih untuk mencari solusi, terutama saat pemain penting absen. Dari tiga laga yang disebutkan tadi, Juventus turun tanpa kekuatan terbaiknya, Miralem Pjanic absen saat melawan Lazio. Sedangkan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci bergantian absen kala bersua Lazio dan Atalanta. 

Sekarang gelar Coppa Italia sudah lenyap. Tersisa Serie A dan Liga Champions, jika tidak segera berbenah, bukan tak mungkin justru semua yang ditargetkan menguap begitu saja. 

  • DATA & FAKTA :
  • Dua gol Cristiano Ronaldo ke gawang Parma membuat dirinya sudah mengemas 17 gol di Serie A dari 22 laga sekaligus menyamai rekor David Trezeguet di musim 2005/2006.
  • Kebobolan enam gol di dua laga terakhir menyamai rekor buruk Juventus sejak tahun 2011.
  • Meski performa sedang menurun, saat ini hanya Juventus satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang belum tersentuh kekalahan, 19 kemenangan dan 3 hasil imbang.

Baca Juga:
Intip Megahnya Istana Manchester United

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : AS | Editor: Andi Wahyudi | 8 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company