image

Atletico vs Real Madrid, Aroma Kental Nostalgia

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Daily Post | Editor: Andi Wahyudi | 9 February 2019

SPORTKU.COM

Kota Madrid akan terbelah dua saat Atletico Madrid menjamu Real Madrid dalam El Derbi Madrileno pada Sabtu (9/2) malam WIB. 

Stadion Wanda Metropolitano akan menjadi saksi tempat berlangsungnya derbi Madrid ke-164 pada pekan ke-23 LaLiga. Meski kota Madrid memiliki lima tim yang bertarung di LaLiga, pertarungan Atletico kontra Real Madrid menjadi laga terbesar di Ibu Kota Spanyol. 

Apalagi melihat posisi keduanya di tabel klasemen sementara. Atletico sedikit unggul karena ada di urutan dua dengan nilai 44 angka (terpaut enam poin dari Barcelona), sedangkan Madrid di bawahnya  dengan selisih dua angka saja. Bagi pasukan Los Blancos, kemenangan tentunya memiliki nilai ganda.

Selain merebut posisi kedua dari tangan rival sekota, tentu saja menjaga peluang untuk mengejar Barcelona yang duduk di puncak klasemen. Untuk Atletico, mereka juga dipastikan tak akan mau mengalah begitu saja, ditambah faktor tuan rumah bisa dipastikan akan membakar semangat tim besutan Diego Simeone. 

Kondisi Berbeda Dialami Kedua Tim

Jika melihat kondisi terkini, kubu El Real bisa sedikit jemawa karena catatan mereka sedang menanjak. Dari enam laga terakhir mereka sukses memenangi lima pertandingan, satu berakhir imbang. Sementara, Atletico sedang menurun usai dua hasil imbang, tiga kemenangan, dan satu kalah. 

Catatan mentereng Madrid pastinya tidak lepas dari Santiago Solari sebagai pelatih. Di bawah asuhan Solari, Madrid memang menjelma menjadi tim yang solid dan seimbang. Mengandalkan kombinasi pemain muda dan senior, Solari bisa membangkitkan kembali gairah Madrid setelah rentetan hasil mengecewakan di awal musim. 

Baca Juga:
Demi Atletico, Morata Tolak Dua Tim Raksasa

Uniknya, Solari pasti sangat mengenal Atletico karena jadi klub pertamanya di Eropa pada musim 1999/2000 sebelum membelot ke Real Madrid. Sebuah bumbu yang kian memanaskan atmosfer pertandingan tentunya. 

Meski kini performa Madrid sedang menanjak, Sergio Ramos dkk. tak bisa serta merta menganggap remeh rivalnya itu. Faktanya dari lima pertemuan terakhir, Atletico memenangi dua diantaranya, sedangkan tiga laga berakhir imbang termasuk pertemuan pertama musim ini September lalu. 

Belum lagi perang antara dua striker utama kedua tim musim ini. Di kubu Rojiblancos ada Antoine Griezmann yang sudah mengemas 10 gol, sama dengan torehan Karim Benzema untuk Madrid musim ini. 

Dan yang terakhir deretan pemain yang pernah membela kedua kesebelasan. Partai ini bisa dibilang penuh aroma nostalgia, selain hadirnya Solari, di bursa transfer Januari lalu, Atletico baru saja meminjam mantan pemain Real Madrid, Alvaro Morata dari Chelsea. Peminjaman ini pun dibumbui pro dan kontra mengingat dirinya cukup lama membela Madrid. 

Di sisi lain, Madrid kini memiliki Thibaut Courtois, penjaga gawang yang sempat membela Atletico selama tiga musim. Deretan faktor tersebut tentu menambah panas laga ini dan gengsi laga ini. Kemudian, ada Saul Niguez, Juanfran Torres, dan Filipe Luis yang menghabiskan masa muda di akademi Real Madrid. 

Apakah Atletico akan berpesta di markasnya sendiri, atau Madrid yang keluar sebagai raja di Kota Madrid? Menarik untuk kita nanti bersama.

  • DATA & FAKTA :
  • Rekor gol terbanyak di Derbi Madrid masih dipegang oleh Alfredo Di Stefano ddan Santillana dengan catatan 13 gol.
  • Kemenangan Atletico atas Real Madrid terjadi di tahun 1947/1948 dengan skor 5-0, sebaliknya kemenangan terbesar Madrid terjadi di tahun 1983/1984 dengan skor serupa.
  • Kedua tim tercatat sebagai pendiri LaLiga di tahun 1928/1929, dan pertemuan pertama mereka di kompetisi ini terjadi pada 24 Februari 1929 yang dimenangi Real Madrid dengan skor 2-1.

Baca Juga:
Juventus Mulai Kehabisan Bensin di Fase Krusial

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Daily Post | Editor: Andi Wahyudi | 9 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

FOOTBALL
Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

FOOTBALL
Solari: Kami Kalah Terhormat!

Solari: Kami Kalah Terhormat!

FOOTBALL
Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company