image Ridwan Kamil saat bertemu Marc Marquez di Gedung Sate Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat

Ketemu Marquez, Ridwan Kamil Bilang Ingin Bikin Sirkuit MotoGP di Jawa Barat

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 10 February 2019

uploads/news/2019/02/ridwan-kamil-bikin-sirkuit-4111441544cac3b.jpg

Ridwan Kamil Bikin Sirkuit MotoGP

rencana-ridwan-kamil-ingin-73000b67baceefa
rencana-ridwan-kamil-ingin-968435ff1a4155c
SPORTKU.COM

Mimpi Indonesia untuk kembali menjadi tuan rumah MotoGP hingga kini masih belum terwujud.

Banyak wilayah di Indonesia yang mengajukan diri untuk membangun sirkuit MotoGP. Setelah belum lama ini ada Lombok dan juga Palembang, kini muncul kabar jika Jawa Barat juga memiliki ambisi untuk bangun sikruit balap yang bisa digunakan untuk ajang MotoGP.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat. Dalam sela-sela kesibukannya menjamu Marc Marquez yang tengah berkunjung ke Bandung pada Sabtu (9/2), mantan Wali Kota Bandung itu bahkan mengatakan sudah ada pihak investore yang tertarik.

Bagi Ridwan Kamil, gelaran bergengsi MotoGP saat ini sudah tidak hanya sebatas olahraga semata. Namun menurutnya, Kejuaraan Dunia MotoGP juga bisa menjadi arena pariwisata yang tentunya bisa mendatangkan pelancong mancanegara yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

"Sekarang kita melihat MotoGP ini bukan hanya urusan olahraga, tapi juga sudah pariwisata. Saya sudah dua kali kedatangan investore yang menyatakan minat untuk membuat sirkuit yang terkait MotoGP. Investore masih dari lokal, ini menandakan peluang bisnis event berbentuk olahraga ini tinggi sekali," ungkap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Baca Juga
AHM Luncurkan 5 Moge Terbaru

"Saya tidak ada masalah dan mendukung, sedang saya menghitung karena MotoGP ini berada dalam radius perhotelan. Sehingga pariwisata Jawa Barat bisa maju dengan jenis-jenis pariwisata alam juga pariwisata event," lanjut Ridwan Kamil kepada para jurnalis di Gedung Sate.

"Rencanaya di daerah dekat bandara Kertajati, supaya orang seluruh dunia kalau datang gak terlalu jauh dari bandara dan lahannya memang mau dikembangkan jadi kota baru yang saya sebut segitiga emas. Kapan waktunya, tahun ini lebih ke MOU dulu. Luas lahannya 200 hektar."

"Realisasi tahun depan, karena saingannya banyak ada di sumatera, NTB juga mau. Tapi menurut saya jangan hanya lokasi saya bilang, lihat jumlah pendudukunya. Kalau di Jawa Barat perfect karena jumlah penduduknya sangat besar dan merupakan konsumen motor," tutup Ridwan Kamil.

Baca Juga
Wiseco Perluas Pasar Lewat MXGP
Marquez Luncurkan Line Up Pebalap AHRT 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 10 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Peugeot Kenalkan 508 Sport Concept

Peugeot Kenalkan 508 Sport Concept

HOT ISSUE
IMI Awards Sumatera Selatan 2018

IMI Awards Sumatera Selatan 2018

HOT ISSUE
Antangin Juga Masuk Dunia Bola

Antangin Juga Masuk Dunia Bola

HOT ISSUE
IMI Jatim Kehilangan Sosok Zaky

IMI Jatim Kehilangan Sosok Zaky

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company