image

Liga Champions, Ujian Sebenarnya Untuk Solskjaer

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Evening Standard | Editor: Andi Wahyudi | 11 February 2019

SPORTKU.COM

Langkah mulus Manchester United bersama Ole Gunnar Solskjaer mendapat ujian berat dari Paris Saint-Germain (PSG) di 16 besar Liga Champions.

Stadion Old Trafford akan menjadi saksi si empunya markas saat menjamu PSG di leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (13/2) dini hari WIB. Tentu saja, laga ini sangat spesial bagi United karena kompetisi Eropa menjadi jalan mereka untuk mendapatkan trofi musim ini, selain Piala FA, mengingat kesempatan di Premier League terbilang kecil. 

Selain itu, ajang ini bisa menjadi ujian sesungguhnya untuk sang pelatih, Solskjaer. Dikontrak sementara sampai akhir musim, Solskjaer setidaknya harus menjawab segala keraguan yang sempat dialamatkan kepadanya selama ini lewat pertandingan ini.

Tidak sedikit yang menyangsikan kemampuan pria asal Norwegia tersebut ketika ditunjuk menggantikan Jose Mourinho Desember lalu. Namun, secara luar biasa, Solskjaer mampu membungkam segala keraguan dengan catatan 10 kemenangan dan satu hasil imbang dari 11 laga yang sudah dijalani. 

Catatan yang sangat impresif pastinya untuk pelatih interim sepertinya, meski masih ada saja nada sumbang yang mengatakan United belum bertemu lawan sulit di kompetisi domestik. Bahkan suara tak percaya datang dari mantan rekan setimnya, Gary Neville, yang mengatakan terlalu dini mengangkat Solskjaer sebagai pelatih tetap. 

“Saya pikir terlalu dini menunjuk Solskjaer sebagai manajer tetap,” kata Neville dikutip Sky Sports. 

Baca Juga:
Pep 'Iba' Melihat Maurizio Sarri

Melihat fakta itu, sudah seharusnya Solskjaer menggunakan laga ini sebagai acuan untuknya membuktikan diri memang layak menangani United.

Melihat lawan yang akan dihadapi, PSG bukan lawan sembarangan. Mereka adalah tim flamboyan yang dihuni deretan bintang mahal dalam skuatnya, sebut saja Neymar, Kylian Mbappe, Edinson Cavani, Angel Di Maria, dan Gianluigi Buffon. Siapa saja tim di Eropa tentu ciut melihat nama-nama tersebut.

Dan bak durian runtuh, jelang laga ini, United mendapat keuntungan luar biasa karena para pemain andalan PSG mengalami cedera. Neymar, Cavani, Marco Verratti, dan Thomas Meunier dilaporkan absen jelang laga krusial tersebut akibat cedera. 

Sebuah situasi yang kian memihak kepada United tentunya. Terbukti, dengan absennya Neymar, PSG secara tak terduga menelan kekalahan perdana dari Olympique Lyonnais di Ligue 1. Kemudian pada laga terakhir mereka juga hanya menang tipis dari Bordeaux akhir pekan lalu. 

Berbanding terbalik dengan situasi The Red Devils yang sangat positif, dari lima laga terakhir, United mencatat empat kemenangan dan satu hasil imbang. Ditangan Solskjaer pula, para pemain United terlihat enjoy dan lepas di atas lapangan. 

Pastinya pertandingan ini sangat menarik untuk dinanti, duel dua kekuatan besar di Eropa saat ini. Khusus untuk Solskjaer, ini bisa menjadi ujian baginya karena bukan tidak mungkin di akhir musim ia mendapat kontrak permanen seandainya membawa United terus melaju di kompetisi tertinggi antar klub Eropa. 

  • DATA & FAKTA :
  • Dalam laga resmi, ini jadi pertemuan perdana antara Man. United vs PSG. Satu-satunya laga antara MU kontra PSG tercipta di laga uji coba Juli 2015, saat itu PSG keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.
  • Paul Pogba menjelma jadi pemain yang paling berbahaya di bawah asuhan Solskjaer, dengan catatan tujuh gol di delapan laga terakhir.
  • Sepanjang bulan Januari, MU jadi pengumpul poin terbanyak di Premier League dengan 10 poin (main 4: menang 3x, imbang 1x, kalah 0).

Baca Juga:
Sarri Siap Menghadap Abramovich

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Evening Standard | Editor: Andi Wahyudi | 11 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

FOOTBALL
Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

FOOTBALL
Solari: Kami Kalah Terhormat!

Solari: Kami Kalah Terhormat!

FOOTBALL
Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company