image Jersey Ikonik yang Diperebutkan di Ajang Cape Epic Jersey Ikonik yang Diperebutkan di Ajang Cape Epic Jersey Ikonik yang Diperebutkan di Ajang Cape Epic Jersey Ikonik yang Diperebutkan di Ajang Cape Epic Jersey Ikonik yang Diperebutkan di Ajang Cape Epic Jersey Ikonik yang Diperebutkan di Ajang Cape Epic Jersey Ikonik yang Diperebutkan di Ajang Cape Epic

Ragam Jersey Ikonik yang Diperebutkan di Ajang Cape Epic

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cape Epic | Media Source: Cape Epic | 12 February 2019

uploads/news/2019/02/jersey-ikonik-di-cape-186891c52fefbea.jpg

Jersey Ikonik di Cape Epic

jersey-ikonik-cape-epic-7650479e7bf4f9f
jersey-ikonik-cape-epic-941149885845cee
jersey-ikonik-cape-epic-4371816f6464f1e
jersey-ikonik-cape-epic-34992acbdf8b6c2
jersey-ikonik-cape-epic-229248920f3cf3a
jersey-ikonik-cape-epic-1180787df746b02
jersey-ikonik-cape-epic-24697ec4a61ad2f
tim-investec-songo-specialized-di-cape-15256d9b65d92f2
SPORTKU.COM

Seperti Tour de France, kejuaraan MTB marathon Cape Epic juga memiliki jajaran jersey ikonik yang diburu oleh para pesertanya.

Jersey tersebut umumnya memiliki simbol superioritas dan diberikan kepada para pemimpin race pada beberapa kategori yang ditetapkan oleh penyelenggara.

Di Cape Epic, jersey pemimpin race terbagi dalam beberapa kategori dan memiliki warna yang berbeda. Jersey kuning/hitam/putih, misalnya, untuk pemimpin race kategori putra atau oranye/hitam/putih untuk elite putri.

Selain kedua jersey tersebut, ada beberapa jersey dengan warna dan makna lainnya. Berikut ini adalah beberapa spesial yang terdapat di Cape Epic:

Kategori elite putra
Pada kategori ini terdapat jersey spesial yang berwarna kuning/hitam/putih. Jersey ini diberikan atau dikenakan oleh tim yang memimpin race pada klasemen umum dan menjadi jersey yang apling bergengsi.

Kategori Elite Putri
Seperti pada elite putra, pada elite putri juga terdapat jersey khusus bagi pemimpin race. Hanya saja, warna jersey-nya berbeda, dimana berwarna oranye/hitam/putih. Jersey ini merepresentasikan antusiasme, ketekunan, kesempurnaan atraksi dan kesuksesan.

Kategori Master
Jersey khusus untuk pemimpin race kategori Master (+40 tahun) ini mengusung warna biru/hitam/putih. Warna biru menjadi simbol dari loyalitas, bijaksana, percaya diri, kecerdasan hati terkait kekuatan dan stabilitas.

Kategori Grand Master
Diperkenalkan sejak 2003, jersey ini tujukan bagi pemimpin race pada kategori lebih dari 50 tahun. jersey spesial ini mengusung warna ungu/hitam/putih, yang menggambarkan kedewasaan, kreativitas, intelek dan kejayaan.

Kategori Berpasangan
Untuk pemimpin kategori ini, penyelenggara juga menyiapkan jersey khusus yang berwarna hijau/hitam/putih. Jersey hijau melambangkan keseimbangan dan harmoni, menciptakan keseimbangan antara pikiran dan hati dalam menghadapi kesulitan.

Special Jersey
Jersey ini diberikan kepada tim yang berisikan khusus dari Afrika, yang berada di posisi tertinggi, dan Exxaro Special Jersey diberikan kepada tim Afrika Selatan yang berada di posisi tertinggi dengan kedua pebalap yang berusia di bawah 26 tahun.

Kedua jersey khusus ini terbuka untuk semua tim yang memenuhi persyaratan, terlepas dari kategori tim yang telah terdaftar.

Jika pemimpin kategori juga memenuhi syarat untuk jersey spesial, jersey pemimpin kategori akan dipilih. Dalam keadaan seperti itu, tim berikutnya yang berkompetisi untuk jersey ini akan menjadi penjaga jersey dan memakainya dalam perlombaan.

Jersey Khusus Pria dan Wanita Afrika
Jersey yang berwana merah mencolok ini diberikan kepada tim-tim dengan posisi tertinggi dalam kategori Pria dan Wanita UCI, yang berasal dari Afrika. Jika seorang rider memiliki kewarganegaraan ganda, negara tempat ia pertama kali memegang lisensi balap elite haruslah orang Afrika.

Dengan olahraga bersepeda gunung yang berkembang pesat di seluruh benua, persaingan untuk bisa mendapatkan jersey khusus ini menjadi semakin ketat setiap tahunnya. Utnuk diketahui, hasil terbaik yang dicapai oleh tim putra Afrika adalah berada di posisi kelima pada 2015 lalu.

Jersey khusus wanita Afrika diperkenalkan pada lomba 2018 dan menjadi sebuah langkah baru untuk menuju kesetaraan gender dalam olahraga sepeda gunung.

  • DATA & FAKTA :
  • Cape Epic pertama kali digelar pada tahun 2004 dengan jarak tempuh sekitar 700km dan durasi selama 8 hari.
  • Cape Epic merupakan race sepeda gunung marathon yang memiliki status Hors Categorie (HC) dari Union Cycliste Internationale (UCI) atau federasi olahraga bersepeda dunia.



Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cape Epic | Media Source : Cape Epic | 12 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Tim Giant Kembali Bersama Fox

Tim Giant Kembali Bersama Fox

MTB
Tim Giant Tambah Pebalap

Tim Giant Tambah Pebalap

MTB

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company