image Nomor Punggung Unik Ivan Zamorano 1+8 (Nerazzurri Ale) Nomor Punggung Default Sepakbola (Sportkeeda)

Sejarah Nomor Punggung di Sepakbola

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 13 February 2019

uploads/news/2019/02/sejarah-nomor-punggung-di-79079754c1fab34.jpg

Sejarah Nomor Punggung di Sepakbola

sejarah-jersey-arsenal-official--862313382adb869
sejarah-jersey-arsenal-official--889594b688f6781
SPORTKU.COM

Inilah sejarah pemberian nomor punggung dalam sepakbola yang kini menjadi identitas pemain di lapangan.

Nomor punggung bagi pesepakbola merupakan sebuah identitas yang melekat. Contohnya adalah Cristiano Ronaldo yang memiliki ciri khas dengan menggunakan jersey bernomor punggung 7 atau dikenal dengan CR7—yang bahkan memiliki hak cipta sebagai sebuah brand.

Adapula nomor punggung yang ikonik semisal nomor 10 yang mana semua orang sepakat bahwa Diego Maradona sebagai pemain yang paling diingat menggunakan nomor punggung tersebut lantaran kesuksesan dirinya baik saat membela klub maupun Timnas.

Bahkan di Napoli—klub yang pernah dibela Maradona—mempensiunkan nomor punggung nomor 10 untuk menghormati pencapaian pria asal Argentina tersebut.

Pemberian nomor punggung sendiri dalam sejarah terdapat beberapa versi berbeda. Ada yang mengatakan untuk membantu wasit dalam mengenali pemain di lapangan ada pula nomor punggung dikenakan untuk identifikasi posisi pemain di lapangan.

Lantas tim mana yang pertama kali menerapkan nomor punggung di dalam sejarah sepakbola? Jawabannya adalah Arsenal pada tahun 1892 ketika bertanding melawan Sheffield Wednesday di mana 11 pemain yang masuk dalam daftar starting line-up diberikan nomor urut dari angka 1 sampai 11. Sementara pemain cadangan menggunakan nomor punggung 12 sampai 22.

Adapun yang menginisiasi adalah pelatih legenda Arsenal, Herbert Chapman di mana dirinya mengidentifikasi pemainnya terutama dalam posisinya masing-masing.

Di tahun tersebut, formasi yang digunakan adalah formasi 2-3-5 yang berarti bahwa ada dua bek, tiga pemain tengah, dan lima penyerang. Dengan rincian sebagai berikut:

Kiper (1), bek kanan (2), bek kiri (3), bek tengah (4), bek tengah (5), gelandang bertahan (6), gelandang sayap (7), gelandang tengah (8), playmaker (10), gelandang sayap (11), striker (9).

Nomor Punggung Default Sepakbola (Sportkeeda)
sejarah-jersey-arsenal-official--889594b688f6781.jpg

Baca juga
Petarung MMA Indonesia Jagokan Juventus

Skema ini masih diterapkan sampai saat ini untuk penyebutan posisi seorang pemain, bukan nomor punggung sang pemain.

Penggunaan nomor punggung sendiri di mana satu nomor bisa dikenakan dua pemain berbeda lantaran pemberian nomor dilakukan bagi pemain inti, jika ada pemain inti yang cedera nomor punggung pun beralih.

Akhinya pada Piala Dunia 1954, FIFA mewajibkan tim peserta untuk mempermanenkan nomor punggung dari 1 sampai 22 sehingga tidak harus menurunkan pemain yang memakai nomor satu hingga sebelas.

Tak heran akhirnya muncul nomor keramat di luar 1-11 seperti nomor 14 yang dikenakan oleh Johan Cruyff di Timnas Belanda.

Pada musim 1993/1994 di Inggris yang memulai Liga Primer Inggris menerapkan aturan nomor punggung permanen yang akhirnya diikuti oleh liga-liga Eropa lainnya. Adapun aturan batas nomor punggung yang berlaku di sepakbola adalah 99.

Nomor punggung 99 sendiri sempat menjadi tren ketika dikenakan oleh Ronaldo Luiz Nazario di AC Milan lalu disusul oleh Antonio Cassano di Inter Milan. Saat ini pesepakbola yang paling tenar menggunakan nomor punggun 99 adalah penjaga gawang AC Milan, Gianluigi Donnarumma.

Nomor punggung 1 yang identik dengan kiper pun di era modern juga kerap digunakan oleh pemain yang bukan berposisi kiper seperti Jonathan de Guzman saat di Napoli, Edgar Davids di Barnet FC, dan Simon Vukcevic di FK Partizan.

Adapun aturan nomor punggung adalah bahwa setiap pemain hanya boleh melakukan pergantian nomor punggung sebanyak sekali, yakni di awal musim sebelum kompetisi bergulir.

  • DATA & FAKTA :
  • Hicham Zerouali yang bermain d Aberdeen pernah menggunakan nomor punggung 0 karena namanya terdiri dari kata Zero. Namun hanya semusim karena dilarang dan ia pun menjadi satu-satunya pemain profesional yang menggunakan nomor tersebut.
  • Ivan Zamorano menggunakan nomor punggung 1+8 lantaran nomor punggung 9 kesukaanya dikenakan oleh Ronaldo saat di Inter Milan.

Baca juga
Supercars dan Indycar Jalin Kolaborasi

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 13 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company