image

Supercars Championship Resmi Gunakan ECU dengan Firmware Terbaru

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Supercars | 13 February 2019

SPORTKU.COM

Rangkaian penyempurnaan regulasi terus dilakukan oleh penyelenggara Supercars Championship. Tahun ini, menjadi penanda penggunaan firmware ECU baru untuk musim 2019.

Seperti yang telah dilakukan di awal tahun, penyelenggara balap Supercars Championship, telah melakukan perubahan penggunaan gearbox. Mereka kini menggunakan transaxle Xtrac untuk menggantikan piranti Albins yang sudah menjadi komponen resmi dalam gelaran balap tersebut. Selain itu, tahun ini juga penyelenggara telah memutuskan untuk menggunakan control ECU baru untuk musim balap 2019.

Perubahan tersebut mengatur penggunaan firmware yang ada pada ECU Motec dengan update yang terbaru. Dalam hal ini, komisi teknik telah melakukan penguncian beberapa fitur seperti mengontrol fungsi shiftcut dan pembatan kecepatan saat berada di pitlane. Di samping itu, mereka juga turut mengontrol lambda yang kini telah direvisi dengan melakukan pembatasan pada mesin mereka yang sebelumnya dipercaya dapat menyebabkan kerusakan dan dapat meningkatkan biaya.

Menanggapi perubahan tersebut, Ryan Story, bos Shell V-Power Racing, mengatakan dengan adanya perubahan tersebut, akan membuat suguhan balapan lebih menarik dan akan terjadi pertarungan yang lebih sengit dalam perebutan podium tertinggi dalam balapan.

Baca Juga :
Supercars Championship Gunakan Gearbox Baru untuk Musim Depan

 

"Itu akan menarik. Saya pikir Erebus (tim balap EBM) akan keluar dari kotak dengan sangat kuat. Mereka cukup terkenal untuk menjalankan linier dan memenangkan Bathrust dengan itu beberapa tahun yang lalu dan hampir memenangkan hal itu tahun lalu dengan semacam peraturan yang sama. Saya pikir itu akan mengguncang urutan kekuasaan sedikit. Akan menarik untuk melihat bagaimana hasilnya," ujar Ryan Story.

Nantinya, sistem baru ECU tersebut akan dijalankan bersamaan dengan regulasi baru Supercars Championship di mana mereka kini telah memasukkan peringatan bendera kuning di dalam mobil dan penanaman GPS tracking yang telah diujicobakan pada Bathurst 12 Hour yang digelar baru-baru ini.

Selain peningkatan firmware tersebut, Supercars Championship juga telah melakukan beberapa perubahan untuk musim ini. Di antaranya adalah teknologi marshall terbaru yang memang baru disahkan untuk dipergunakan tahun ini. Selain itu, ada juga mengenai penambahan penggunaan ban sepanjang musim 2019.

Selain memperbarui regulasi, penyelenggara juga turut melakukan sebuah pelarangan. Mereka telah sepakat untuk melakukan pelarangan dalam hal penggunaan peredam suspensi. Mereka mengatakan, dengan penggunaan tersebut, dirasa akan membebankan biaya yang lebih tinggi untuk balapan sehingga bertolak belakang dengan visi Supercars Championship yang menginginkan balapan dengan dana yang tidak terlalu mahal.

Baca Juga :
Supercars dan Indycar Jalin Kolaborasi

 

Baca Juga :
Supercars Championship 2019 Melarang Penggunaan Peredam Suspensi

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Supercars | 13 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company