image MTB XC dengan roda 29er MTB DH dengan roda 27,5inci MTB dengan roda 27,5+

Mengenal Ukuran Roda MTB, Apa Saja?

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Red Bull | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Red Bull | 14 February 2019

uploads/news/2019/02/draf-mengenal-ukuran-roda-mtb-69497f2d86f97b7.jpg

Mengenal Ukuran Roda MTB

mengenal-ukuran-roda-mtb-7329672196c4ab5
mengenal-ukuran-roda-mtb-230617064c614de
mengenal-ukuran-roda-mtb-444234ba8437398
SPORTKU.COM

Membeli sepeda gunung dahulu cukup mudah. Cukup dengan ban kasar, suspensi (jika beruntung) dan hanya satu pilihan roda (26 inci).

Akan tetapi, kini kondisinya telah berubah, khususnya dalam hal ukuran roda. Dipasaran kini terdapat MTB dengan opsi roda 26, 27,5, 27,5 plus, 29er bahkan Fat Bike (4inci) atau MTB dengan roda yang super lebar.

Kondisi tersebut memang bisa membuat membingungkan bagi kalangan pemula. Ada pula rumor yang menyebutkan bahwa kondisi tersebut terjadi akibat konspirasi di kalangan industri sepeda untuk bisa menjual lebih banyak sepeda.

Tapi apakah itu benar? Dan apakah ukuran roda itu penting?

29er
Perdebatan tentang ukuran roda MTB dimulai ketika roda 29 inci diperkenalkan ke pasar sekitar lima hingga 7 tahun lalu.

Produsen sepeda mengklaim, dengan adanya peningkatan kontak ban dan rolling resistance ban akan membantu pemula dan pada situasi yang sama, menambah kecepatan dan handling yang lebih stabil dibandingkan dengan roda 26 inci.

Sebagian besar teori itu benar, meski di sisi lain kurang puas. Roda 29 akhirnya menjadi ukuran roda default untuk pebalap cross country dan rider yang suka bersepeda dalam jarak yang jauh.

Penggunaan roda 29 selanjutnya turut terlihat di dunia balap enduro racing yang bergerak cepat saat produsen sepeda yang bereksperimen dengan waktu.

Road 29er mungkin kurang sesuai untuk orang asia atau mereka yang memiliki postur yang mungil. Sebab, rider akan tampak kurang sesuai dengan sepedanya.

Roda 27,5
Sekitar tahun 2013, produsen sepeda mulai berbicara tentang roda ukuran menengah baru yang disebut 27,5. ukuran tersebut menawarkan manfaat rolling dari roda 29, dengan handling yang gesit dari roda 26.

Faktanya roda 27,5 hanya bekerja lebih baik untuk sebagian besar aspek trek, enduro atau menuruni bukit.

Di Indonesia sendiri, ukuran roda inilah yang kini menjadi standar, khususnya pada produk MTB premium.

Fat Bike
Industri sepeda juga telah melemparkan beberapa “bola panas” dalam beberapa tahun terakhir. Yang pertama adalah dorongan industri pada Fat Bike (dengan roda selebar 4inci), yang murni ditujukan pada pengendara yang mencari produk niche dan bisa membawa mereka hampir ke mana saja.

Dengan Fat Bike, Anda mungkin merasakan bahwa perjalanan menjadi jauh lebih lambat. Tetapi ban besar yang ada di Fat Bike menawarkan cengkeraman yang belum pernah terjadi sebelumnya dan handling yang dapat diprediksi. Untuk menggunakannya, pastikan Anda memiliki tekanan ban yang tinggi.

Baca juga:
CAMPENAERTS BERTEKAD PECAHKAN REKOR WIGGINS

Roda 27.5+ (plus)
Ukuran roda MTB Lainnya dan mungkin paling menggiurkan adalah 27.5+. Ini roda dengan pelek 27,5 tapi lebih luas, dengan ban yang lebih besar atau lebar (sekitar 3 inci). Ini tentu saja bukan ban berukuran Fat Bike, tetapi terasa sangat berbeda dengan karet 2,4 inci yang biasa dan tepat ditujukan untuk pengendara trail.

Menurut data pemasaran, roda ini menawarkan cengkeraman yang lebih baik, berkat tambalan kontak yang meningkat, tetapi juga ketahanan bergulir yang serupa dengan ban tradisional yang lebih kecil, yang sangat membantu, baik untuk kalangan pemula maupun ahli.

Sepeda 27.5+ menawarkan fitur lain yang menarik atau satu sepeda untuk pengendara sepeda gunung modern. Fitur lain yang cukup baik adalah, ban 27,5+ memiliki diameter yang hampir sama dengan ban 29 inci. Artinya, jika sepeda Anda memiliki celah roda di frame yang memadai, maka Anda dapat menggunakan dua set roda pada satu sepeda.

Sepeda cross country Scott Spark 2017 adalah contoh yang bagus untuk hal ini, karena Anda dapat balapan dengan roda 29er dan pada kesempatan lainnya, bisa melahap trek dengan roda 27,5+.

Jadi, apakah ukuran roda yang Anda miliki sangat penting? Terutama ke tempat tinggal Anda dan Anda tegolong dari jenis pengendara apa.

Jika Anda bersemangat tentang aspek “niche” tertentu dari olahraga ini, maka ukuran yang lebih bisa sebagai “tiket”. Sedangkan jika Anda hanya suka melintasi lintasan dengan sepeda terbaik yang Anda mampu, maka roda 27,5 atau 29er akan baik-baik saja. Harap diingat, saat ini seseorang yang berada di luar sana dan memiliki sepeda roda 26inci yang sudah tua.

Terlepas dari semua itu, berapa pun ukuran roda yang Anda miliki, keluarlah dan nikmati treknya!

 

Baca juga:
YT RESMI LUNCURKAN MTB DH TUES 29

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Red Bull | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Red Bull | 14 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company