image Alexey Lutsenko (Astana/tengah) juara  Tour Oman 2018 Tour Oman

Preview Tour Oman 2019

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Tour Of Oman | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 15 February 2019

uploads/news/2019/02/preview-tour-oman-476971d28cc63b0.jpg

Preview Tour Oman

preview-tour-oman-2019-377602ed754211d
preview-tour-oman-2019-501573cfc54e28e
SPORTKU.COM

Tahun ini, Tour Oman merayakan edisi yang ke-10.

Perayaan tersebut akan kembali digelar akhir pekan ini, dengan campuran antara etape datar dan bergelombang, dan finish di puncak Green Mountain yang ikonik.

Seperti dalam beberapa tahun terakhir, perlombaan ini akan dibuka dengan memberi kesempatan bagi para sprinter, meskipun akan ada beberapa hal baru di awal pertama perlombaan, ke Suhar Corniche, sebelah barat Muscat.

Rute
Semua etape, dimulai dari Pantai Al Sawadi, yang membentang di sepanjang jalan pantai menuju perbatasan dengan Uni Emirat Arab. “Kereta” sprint akan memiliki banyak waktu untuk berakhir di jalan yang lebar dan pada penyelesaian akhir sepanjang 1,3km, langsung ke Suhar Corniche.

Para puncheur (pebalap dengan spesialisasi di jalur yang variatif, dengan tanjakan pendek namun terjal) akan maju ke depan pada etape 2 dan 3. merek akan dihadang bukit-bukit, di belakang Muscat yang memiliki dua pendakian yang pendek tapi curam, bersama dengan jalan yang sempit ke 25 km terakhir.

Final berada di pendakian Al Jissah dan keluar sejauh lima kilometer, sebelum turun dengan cepat dan kemungkinan kelompok kecil berlari ke garis finish. Nathan Haas (Katusha-Alpecin) menang pada lintasan ini 12 bulan lalu.

Etape 3 menghidupkan kembali finish di Qurayyat, di mana Soren Kragh Andersen menang pada dua tahun lalu. Ada dua tanjakan lain yang dikategorikan dan banyak medan bergelombang saat balapan menuju ke timur Muscat, menuju pendakian terakhir, yang sepanjang 2,8km. Pendakian mungkin tidak akan menciptakan celah waktu yang besar tetapi akan memberikan ledakan di bagian akhir.

Etape 4 menampilkan tiga tanjakan di Jalan Al Jabal. Tetapi itu tidak cukup untuk mengganggu peloton dan menyangkal banyak sprinter yang akan bertarung di depan Oman Convention & Exhibition Centre.

Berikutnya, etape 5, adalah pertunjukkan dari race ini, dengan finish di Jabal Al Akhdar atau Green Mountain. Etape sepanjang 152km, yang dimulai di Samayil tahun ini, adalah menyuguhkan pendakian terakhir, yang panjangnya 5,7km dan rata-rata 10,5 persen. Tahun lalu, Chris Froome dan Vincenzo Nibali menang di sini, bersama dengan Miguel Angel Lopez (Astana).

Baca juga:
MENGENAL UKURAN RODA MTB, APA SAJA?

Pebalap Unggulan
Alexey Lutsenko (Astana) adalah favorit pra-balapan tahun ini, setelah menang tahun lalu. Pebalap Kazakhstan itu adalah pebalap Klasik yang kuat dan memiliki pukulan untuk bersaing di etape awal dan juga kemampuan mendaki yang lebih luas untuk tampil di Green Mountain - seperti juara 2017, Ben Hermans. Lutsenko tahu bagaimana memenangkan perlombaan ini dan harus mendekati performa terbaik.

Berikutnya adalah Greg Van Avermaet. Dia adalah pebalap dengan profil yang sama, yang telah menunjukkan tingkat kemampuan panjatnya dengan meraih medali emas di Olimpiade Rio dan kemenangan etape di Tour de France dalam beberapa tahun terakhir. Kemenangan sprintnya yang menanjak di Valencia beberapa waktu lalu, adalah bukti bahwa ia telah mencapai puncaknya dengan mengenakan jersey tim barunya, CCC.

Selain kedua pebalap tadi, ada lagi sejumlah nama yang akan meramaikan persaingan. Mereka adalah Domenico Pozzovivo (Bahrain-Merida), Mathias Frank (AG2R La Mondiale), Ben O'Connor (Dimension Data) dan Darwin Atapuma (Cofidis).

Pebalap berbahaya lainnya adalah Rui Costa (UAE Team Emirates) – juara Abu Dhabi Tour 2017 dan Jesus Herrada (Cofidis) – peringkat 4 klasemen umum pada tahun lalu.

Tour Oman 2019
16-21 Februari, Al Sawadi Beach, Oman, 2.HC

Stage 1: Al Sawadi Beach - Suhar Corniche 138.5 km
Stage 2: Royal Cavalry Oman - Al Bustan 156.5 km
Stage 3: Shati Al Qurum - Qurayyat 192.5 km
Stage 4: Yiti (Al Sifah) - Oman Convention & Exhibition Centre 131 km
Stage 5: Samayil - Jabal Al Akhdhar (Green Mountain) 152 km
Stage 6: Al Mouj Muscat - Matrah Corniche 135.5 km

Baca juga:
PRISCILLA DUKUNG RIKA ISHIGE MENANG DI BANGKOK

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Tour Of Oman | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingnews | 15 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Valverde Tercepat di Etape 3

Valverde Tercepat di Etape 3

ROAD BIKE
Gaviria Berjaya Dikandang

Gaviria Berjaya Dikandang

ROAD BIKE
Tim WorldTour Terinspirasi F1

Tim WorldTour Terinspirasi F1

ROAD BIKE
Juara Dunia di UAE Tour

Juara Dunia di UAE Tour

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company