image Maurizio Sarri Kecewa (Fox Sport) Punggawa Chelsea (Evening Standard) Eden Hazard Bekerja Sendirian (TalkSports)

Penyebab Buruknya Penampilan Chelsea Belakangan Ini

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 16 February 2019

uploads/news/2019/02/penyebab-buruknya-penampilan-chelsea-68792b4e1797598.jpg

Penyebab Buruknya Penampilan Chelsea

maurizio-sarri-the42--66529c24b9a122d
maurizio-sarri-the42--95593f17c0b248b
maurizio-sarri-the42--78147d4e3c86e92
SPORTKU.COM

Inilah faktor-faktor penyebab mengapa Chelsea belakangan ini tampil buruk sehingga mempengaruhi posisi mereka di klasemen

Chelsea harus menelan pil pahit ketika mereka harus dikalahkan dengan skor mencolok, yakni 0-6 dari pesaingnya dalam merebut gelar Liga Primer Inggris, Manchester City. Kekalahan ini sangat menyakitkan di mana untuk pertama kalinya mereka mengalami kekalahan terburuk sejak kalah 7-0 dari Nottingham Forest pada April 1991 silam.

Selain itu, kekalahan cukup telak dari City membuat klub berjuluk The Blues itu menerima tiga kekalahan dalam lima laga terakhir di Liga Primer Inggris setelah sebelumnya sempat ditaklukan oleh tim gurem, Borunemouth dengan skor 4-0 dan ditumbangkan oleh Arsenal 2-0.

Alhasil, Chelsea yang di awal musim sempat berada di papan atas klasemen dan menjadi calon kuat penguasa Liga Primer Inggris pun perlahan luntur. Bahkan, mereka terancam tak dapat tampil di Liga Champions musim depan mengingat saat ini posisi klub berada di peringkat keenam di klasemen sementara.

Lantas mengapa hal tersebut terjadi? Apakah ada yang salah dengan Chelsea yang kini dilatih oleh Maurizio Sarri? Berikut ini daftar penyebabnya

Tak Miliki Plan B

Sebagai pelatih, Sarri terhitung monoton dalam menerapkan taktik. Skema 4-3-3 andalannya tak berubah sejak pertama kali menginjakan kaki di Stamford Bridge tak pernah diubahnya.

Awalnya, gaya permainan dan filosofi yang diterapkan Sarri banyak mendapatkan pujian lantaran Chelsea mampu tak terkalahkan dalam lima laga awal Liga Primer Inggris. Namun, belakangan taktik tersebut cenderung kaku.

Kekalahan atas Manchester City di mana mereka kemasukan empat gol dalam 25 menit di babak pertama membuktikan bahwa bila penerapan taktik itu mudah ditebak untuk lawannya.

Bahkan, tak ada perubahan berarti yang dilakukan oleh Sarri sehingga banyak yang menduga bahwa pelatih asal Italia itu tak memiliki plan B dalam rancangan taktik mikiknya.

Guardiola, yang telah menukangi City sejak tahun 2016 sendiri dikenal sebagai pelatih yang memiliki filosofi unik seperti Sarri. Namun, di Liga Primer Inggris yang keras dan serba dinamis, pelatih asal Portugal itu memilih untuk lebih fleksibel. Musim ini misalnya, ia telah mengubah pakem 4-3-3 menjadi 4-1-4-1, 4-2-3-1, hingga pernah mencoba taktik 3-5-2 sejauh ini.

Baca juga
Paras Cantik Rika Ishige

Pertahanan Buruk

Eden Hazard Bekerja Sendirian (TalkSports)
maurizio-sarri-the42--78147d4e3c86e92.jpg

Enggannya Sarri untuk mengubah pola taktik dirinya menyebabkan ia dianggap tidak memperhatikan lini belakang Chelsea yang musim ini termasuk sebagai tim yang paling banyak kebobolan di Liga Primer Inggris. Tercatat mereka telah kebobolan 29 gol sejauh ini.

Kualitas lini belakang Chelsea sangat buruk tercermin ketika mereka tampil melawan City. Gol Sundulan Ross Barkley memberi bola langsung ke Sergio Aguero yang menyebabkan gol sampai posisi buruk Marcos Alonso dalam menjaga striker asal Argentina yang berbuah penalti sehingga mampu mencetak hattrick adalah sebuah kenyataan bahwa pertahanan tim asal London tersebut tengah dalam kondisi tidak baik.

Kurangnya Kedalaman Skuat

Penyebab mengapa Chelsea belum bisa konsisten sejauh ini adalah bahwa mereka terlalu mengandalkan satu sosok. Adapun sosok yang dimaksud adalah Eden Hazard. Pemain winger yang saat ini tercatat sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol bagi klub dengan catatan 15 gol dan 10 assist dalam 33 penampilan.

Raihan tersebut berbeda dari dua penyerang andalan Chelsea Olivier Giroud yang baru mencetak enam gol serta Alvaro Morata yang hanya mencetak sembilan gol—dan kemudian memilih pergi dari Chelsea. Dengan hanya mengandalkan Hazard seorang membuat Chelsea bisa tak berdaya bila Hazard absen.

Sebagai gantinya, Chelsea telah mendatangkan Gonzalo Higuain, namun pemain asal Argentina itu masih perlu pembuktian apakah dirinya bisa menjadi “backup” dari Hazard bila sang pemain tak tampil atau bermain di bawah performa sebagai pencetak gol.

Bila Sarri tetap dipertahankan di musim depan, Chelsea mau tak mau wajib mendatangkan pemain yang mampu membuat kedalaman skuat Chelsea. Bila tidak, dipastikan trofi gelar juara juga akan semakin menjauh dari klub tersebut.

  • DATA & FAKTA :
  • Penyanyi Bryan Adams menciptakan lagu "No ONe Can Stop Us Now" untuk Chelsea.
  • Chelsea bermarkas di Stadion Stamford Bridge sejak 28 April 1877 hingga saat ini.
  • Maskot kebesaran Chelsea adalah seekor singa yang diambil dari logo mereka dan diberi nama "Stamford The lion".

Baca juga
Felipe Nasr Gantikan Maximilian Gunther

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 16 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company