image

Perawatan Mobil dengan Teknologi Nano Ceramic Coating

Text : Harsya Fikmazi | 16 February 2019

uploads/news/2019/02/perawatan-mobil-nano-ceramic-80029f0898fc5d7.jpeg

Perawatan Mobil Nano Ceramic Coating

prediksi-charles-leclerc-tentang-234027165dfda6d
SPORTKU.COM

Guna menjaga tampilan mobil agar lebih menarik, salah satunya adalah dengan cara melakukan nano ceramic coating pada permukaan cat mobil.

Bicara mengenai proteksi cat mobil yang terbayang adalah biaya yang mahal dengan waktu pengerjaan yang lama. Namun, seiring perkembangan zaman, saat ini sudah banyak outlet salon kecantikan untuk mobil, salah satunya adalah HD Car Care yang baru saja membuka gerai terbarunya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Gerai baru tersebut bisa menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang ingin membuat tampilan mobilnya lebih terawat dan dari sisi estetika lebih menarik lagi.

Sebelum mobil yang ingin menggunakan nano coating, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemiliknya. Salah satunya adalah mengenai kondisi permukaan cat mobil yang masih mulus alias tanpa ada goresan dalam. Jika ada goresan dalam di permukaan mobil, sebaiknya pemilik melakukan perbaikan terlebih dahulu baru melakukan pelapisan nano ceramic coating agar hasil lebih maksimal lagi.

"Untuk pengerjaan used car atau mobil bekas, biasanya 2 hari kerja supaya hasilnya lebih maksimal. Pengerjaan tersebut juga meliputi seluruh panel eksterior mobil yang memiliki permukaan vernis. Proses tersebut juga memakan waktu karena ada pekerjaan yang mendetail seperti, logo, emblem, dan grill. Bicara mengenai toleransi permukaan mobil yang bisa di coating, seperti guratan rambut. Kalau kerusakaannya cukup parah, harus di body repair terlebih dahulu baru di nano ceramic, karena kalau kondisi seperti itu tidak bisa di repair," jelas Jupiter, Manager Opertional HD Car Care Lebak Bulus, Jakarta.

Baca Juga :
Ott Tanak Mendominasi WRC Swedia 2019

 

Hadirnya teknologi nano ceramic coating ini juga merupakan evolusi dari sisi perawatan mobil. Jika sebelumnya untuk perawatan cat mobil hanya mengenal wax, kini dengan adanya nano ceramic, lapisan permukaan mobil tersebut akan lebih terproteksi lantaran bahan baku yang digunakan untuk nano ceramic ini memiliki bahan dasar partikel kaca yang memiliki molekul lebih kecil lagi.

"Nano ceramic itu merupakan pelindung cat dengan menggunakan teknologi yang paling advance saat ini. Mungkin 20 tahun lalu, pelindung cat hanya sebatas wax, terus bergulir dengan teknologi baru lagi yang menggunakan polimer, dan dari sana ada lagi yang namanya grass resin dan saat ini dari benda tersebut partikelnya dibuat lebih kecil dan jadilah nano ceramic. Jadi sebenarnya nano ceramic itu partikel kaca yang dikecilkan, molekulnya dikecilkan agar masuk ke pori-pori vernis dan cat. Hal itu yang membuat bisa bertahan jauh lebih lama, karena memiliki sifat permanen," tambah Yaska Wu, Operational Manager HD Car Care Indonesia.

Sementara itu, setelah mobil yang dilapisi dengan nano ceramic, juga masih butuh perhatian. Akan tetapi, perhatian yang diberikan tidak seperti pertama kali pemilik mobil melakukan pelapisan cat tersebut, kali ini hanya diberikan quick polish yang berguna untuk tetap menjaga kualitas dan tingkat kecerahan dari warna mobil yang sudah dilapisi oleh nano ceramic coating tersebut.

"Initial treatment sekali, 6 atau 8 bulan sekali ada maintenance atau perawatan yang diberikan. Namun memang untuk lingkup pekerjaan perawatan tidak seperti pertama kali melakukan nano coating. Dalam perawatan juga kami tetap melakukan quick polish untuk semua panel hingga bagian mesin dan under carriage, hanya beda di wax saja kalau untuk perawatan, tidak di coating ulang lagi," tambah Jupiter, di sela-sela peresmian gerai terbarunya.

Baca Juga :
Prediksi Charles Leclerc Tentang Kejuaraan F1 Musim Ini

Peresmian gerai HD Car Care Lebak Bulus Jakarta Selatanprediksi-charles-leclerc-tentang-234027165dfda6d.jpeg

Text : Harsya Fikmazi | 16 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company