image Vinicius Junior (Irish Mirror)

Vinicius Junior yang Mulai Mengigit di Real Madrid

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Foxsportsasia | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

uploads/news/2019/02/vinicius-junior-yang-mulai-726918a3307a393.jpg

Vinicius Junior yang Mulai Mengigit

vinicius-junior-foxsportsasia--27654beadb59939
SPORTKU.COM

Penampilan memikat yang ditunjukan Vinicius Junior membuat penggemar Real Madrid sudah mulai bisa menghilangkan bayang-bayang Cristiano Ronaldo.

Pada 22 Mei 2017 lalu, Real Madrid mengeluarkan biaya sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp717 miliar untuk mendatangkan Vinicius Junior dari Flamengo. Jumlah yang sangat besar bagi pemain muda berusia 16 tahun saat itu.

Vinicius yang lahir pada 12 Juli 2000 itu direkrut Madrid tak lama setelah dirinya menjalani debut bagi Flamengo pada 13 Mei 2017. Usut punya usut, klub asal Brasil itu baru bisa memainkan dirinya lantaran pemain bertinggi badan 176cm itu lebih sibuk membela negara.

Vinicius pertama kali membela Timnas Brasil pada tahun 2015 silam. Ia dipanggil oleh Guilherme Dalla Dea untuk memperkuat Timnas Brasil U-15 yang bermain di Copa America U-15.

Di turnamen tersebut, Brasil memenangkan gelar dan Vinicius keluar sebagai pemain paling subur kedua dengan raihan enam gol.

Dua tahun berikutnya, Vinicius tampil di ajang Copa Amerika U-17 dan lagi-lagi dirinya berhasil memenangkan turnamen dan kali ini dirinya didapuk sebagai pemain terbaik dan menjadi top skor dengan tujuh gol.

Tak heran bila Madrid pun terpincut. Mereka pun tak mau kehilangan bakat terbaik milik Brasil saat ini kendati baru bisa mendatangkan dirinya di awal musim 2018/2019.

Meski berstatus sebagai pemuda terbaik yang dimiliki Brasil saat ini, Vinicius tak langsung mendapatkan tempat utama di Madrid. Di era kepelatihan Julen Lopetegui, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu disekolahkan ke Real Madrid Castilla yang notabene merupakan tim satelite yang berkompetisi di Divisi Ketiga di Spanyol.

Berlian dimanapun akan tetap menjadi berlian. Sekalipun dikubangan lumpur, berlian tetaplah berlian. Benar saja, meski bermain di level bawah, Vinicius membuktikan diri bahwa dirinya bisa berkembang dengan berhasil mencetak empat dari lima pertandingan yang ia jalani bersama tim nomor dua Madrid itu. Bahkan ia mampu mencetak dua gol saat melawan tim rival Atletico Madrid.

Perkembangan karir Vinicius pun melesat di Madrid kala pelatih utama mereka, Lopetegui dipecat. Santiago Solari yang ditunjuk sebagai penggantinya pun mempercayakan pemain yang kini sudah berusia 18 tahun itu promosi ke skuat utama dengan status permanen.

Memang, Lopetegui sudah mempercayakan Vinicius untuk debut sejak masa kepelatihannya, namun pelatih asal Spanyol itu belum 100 persen percaya dengan kemampuan pemain yang mendapatkan nomor punggung 28 itu.

Baca juga
Turnamen Superliga Badminton 2019 Digelar Hari Ini

Solari yang sebelumnya melatih Castilla memang sudah percaya dengan kemampuan Vinicius pun tak ragu memasang sang pemain dalam starting line up. Nasib baik pemain yang dikenal dengan kecepatannya itu juga lantaran cederanya Gareth Bale.

Dia sangat muda dan Anda bisa melihat perkembangannya dalam beberapa bulan terakhir," kata Solari di Sport Skeeda.

"Kami senang dengan perkembangannya. Dia mendapatkan banyak pertolongan tak hanya dalam pertandingan, tetapi juga di luar lapangan."

"Pujian tinggi mesti dialamatkan untuk Vinicius, tetapi juga rekan-rekan setimnya untuk saran yang diberikan, membantunya mengembangkan permainannya,” sambungnya

Sejak berseragam Los Blancos, julukan Madrid, Vinicius sudah terlibat dalam 23 penampilan resmi di semua kompetisi. Dia memberikan kontribusi tiga gol dan 12 assist.

Hal ini tentunya membuat penggemar klub pun sudah mulai sedikit demi sedikit untuk bisa melupakan Cristiano Ronaldo, pemain yang tidak tergantikan bagi klub selama sembilan musim terakhir di mana berkat peran sentralnya klub bisa memenangkan semua gelar, termasuk tiga gelar Liga Champions selama beruntun.

Memang, belum ada sumbangsih yang bisa diberikan oleh Vinicius, namun banyak yang memprediksi bahwa sang pemain bisa menjadi pengganti yang tepat bagi Ronaldo di Madrid di masa depan.

Media kenamaan Italia, Corriere Della Sera bahkan memprediksi Vinicius bakal lebih hebat dari Ronaldo atau bahkan Neymar sekalipun.

"Dia adalah pewaris Cristiano Ronaldo di Real Madrid dan lebih kuat dibandingkan Neymar," tulis mereka.

  • DATA & FAKTA :
  • Vinicius Junior berada di urutan ke-39 daftar pemain terbaik U-21 di dunia versi The Telegraph tahun 2017.
  • Vinicius Junior berhasil mencetak 17 gol dalam 19 penampilannya bersama Timnas Brasil U-17
  • Vinicius Junior membela Timnas Brasil U-15 di usia 13 tahun menjadi pemain bintang mereka walau usianya masih satu tahun lebih muda dari rekan setimnya.

Baca juga
Mourinho Buka Peluang Melatih di Ligue 1

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Foxsportsasia | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company