image Andre Dumais - Founder ETCC Indonesia Rudi SL pebalap di ETCC 3000 Mobil pebalap ETCC Indonesia

Regulasi ETCC Indonesia Tidak Berubah, Ini Penjelasan Penyelenggara

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

uploads/news/2019/02/regulasi-etcc-indonesia-tidak-671785d7c7cfed6.jpg

Regulasi ETCC Indonesia Tidak Berubah

etcc-eword-2805112e090cfc4
issom-seri-6-2018-65389e4694e5f9c
issom-putaran-kelima-2018-5138298fb776a38
SPORTKU.COM

Penyelenggara Kejurnas ETCC Indonesia telah memutuskan untuk tidak mengubah regulasi balap 2019. Apa yang menjadi pertimbangan penyelenggara?

Seperti penjelasan yang diutarakan oleh Andre Dumais, Founder European Touring Car Championship (ETCC) Indonesia pada malam apresiasi ETCC Award, beberapa waktu lalu. Dalam sambutannya, sosok yang akrab disapa Dume ini, menjelaskan untuk musim balap 2019, regulasi ETCC Indonesia tidak mengalami perubahan, alias tetap sama seperti regulasi yang mereka gunakan pada tahun lalu (2018).

Bicara kepada SPORTKU, Dume, mengatakan, "Karena memang sementara ini sudah memadai, dan kalau regulasi terlalu banyak diubah-ubah jadi tidak konsisten, ujung-ujungnya pengeluaran biaya. Nah yang kita memang dari dulu pertahankan adalah bagaimana caranya cost (pengeluaran uang untuk membangun mobil balap) tidak makin melebar atau tidak makin membengkak."

Perihal keputusan tersebut, pecinta BMW ini memaparkan bahwa keputusan tersebut sudah diterima oleh semua pihak, dalam hal ini mekanik dari setiap tim balap dan juga manager tim balap itu sendiri. Sehingga, apa yang dihasilkan sudah melewati pembahasan secara bersama-sama oleh Dewan Komisi Teknik ETCC Indonesia.

Baca Juga :
Lola Moenek Mengaku Kecewa dengan Pebalap ISSOM 

"Sudah melewati pembahasan dari Dewan Komisi Teknik (DKT). Artinya, terakhir yang kita bahas adalah regulasi yang saat ini (2018) masih mumpuni, dan yang memutuskan tetap penyelenggara ETCC Indonesia. DKT itu tugasnya mengawasi dan memastikan semua berjalan sesuai aturan," imbuh Andre Dumais.

"Tadinya ada wacana beberapa item, tapi setelah kita tinjau lagi, karena kita tidak memutuskan sepihak dan kita putuskan memang belum perlu diupdate lagi mengenai regulasi untuk tahun ini. Sebelumnya kan ada wacana bahwa akan menambah lebar tapak ban, tapi terus dengan dasar pertimbangan masih belum perlu, dan sampai akhirnya benar-benar tidak ada perubahan sama sekali dalam regulasi," sambungnya.

Selain alasan yang sudah dipaparkan tersebut, Andre Dumais pun menyadari bahwa untuk melakukan perubahan regulasi ada beberapa hal mendasar yang harus dilewati. Sehingga memang menurut Dume, mayoritas pebalap sangat respect terhadap penyelenggara ETCC Indonesia lantaran pengaturan regulasi yang sangat jelas. Hal ini yang membuat pebalap pun bertahan dan sangat yakin bahwa penyelenggara ETCC Indonesia tidak semena-mena dalam penentuan regulasi.

"Intinya cuma satu, ETCC ini kan memang dari sisi regulasi selalu sangat hati-hati. Artinya memang pebalap ini kan kebanyakan respect dan bertahan itu karena mereka yakin ETCC tidak semena-mena merubah regulasi. Sudah pasti bahwa regulasi kita tidak ada keberpihakan, kita rangkum di regulasi bagaimana caranya bisa mengakomodir semua kebutuhan pebalap. Dan juga disesuaikan semaksimal mungkin untuk pengeluaran biaya yang tidak terlalu tinggi," pungkas Andre Dumais.

Sebelumnya, memang ada wacana untuk mengupdate regulasi dari dimensi ban yang digunakan. Namun, setelah dimatangkan secara bersama-sama, penyelenggara pun memutuskan bahwa regulasi tersebut tidak bisa direalisasikan lantaran satu dan lain hal. Sehingga, untuk penggunaan dimensi ban, masih mengadopsi dari peraturan regulasi 2018 lalu.

Baca Juga :
Balapan yang Mengesankan Bagi Rudi SL Selama 2018

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company