image Ilustrasi: Bersepeda dengan orang lain atau dalam kelompok bisa menambahk kecepatan Anda

Trik Mudah Menambah Kecepatan Dalam Bersepeda (Bagian 1)

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

uploads/news/2019/02/trik-mudah-menambah-kecepatan-45772f5226bf66e.jpg

Trik Mudah Menambah Kecepatan

test-rute-gfny-samosir-84919f872edfb97
SPORTKU.COM

Bagi para hobiis yang serius, bersepeda memang bukan hanya soal melaju di atas ajalan raya atau lintasan.

Melaju dengan kecepatan tinggi atau bahkan bisa meninggalkan rekan atau lawan dalam sebuah ajang kompetisi, tentunya bisa menjadi kepuasan tersendiri.

Untuk bisa menambah kecepatan saat bersepeda ternyata bukan hanya soal seringnya bersepeda. Tapi, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa menambahkan kecepatan dari sebelumnya.

Sebelumnya membahas soal ini lebih jauh, mungkin perlu diketahui berapa kecepatan rata-rata pesepeda jalan. Itu mungkin sebuah pertanyaan yang sulit untuk dijawab dan hal itu juga tergantung di mana kita tinggal – apakah di lingkungan yang berbukit, berangin dan sebagainya. Faktor penentu lainnya adalah tingkat dasar kebugaran.

Jawaban atas pernyataan tersebut bisa mengacu data dari aplikasi Strava. Dari aplikasi tersebut terungkap bahwa pesepeda pria di Inggris misalnya, berkendara dengan kecepatan rata-rata 25,61 km/jam. Sedangkan di kalangan wanitanya mencapai 19,84 km/jam.

Pebalap tercepat justru berada di Belanda. Kecepatan rider pria rata-rata di sana mencapai 26,92 km/jam dan wanita, 21,36 km/jam.

Data di atas mungkin bisa menjadi bahan acuan yang menarik buat Anda, sebelum melakukan beberapa trik sederhana di bawah ini:

1. Tekuk dan selipkan siku
Hal terbesar yang memperlambat seseorang saat bersepeda adalah hambatan angin. Cara yang paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan sedikit menurunkan posisi tubuh Anda di sepeda. Daripada duduk dengan posisi tegak di sadel dan menangkap banyak angin, cobalah turunkan tubuh Anda lebih dekat ke arah roda, dengan menekuk dan menyelipkan siku. Anda akan segera merasakan perbedaannya.

2. Dengarkan musik
Mendengarkan musik dinilai bisa menambah kecepatan. Menggunakan musik yang memiliki irama yang mirip dengan irama bersepeda yang optimal dianggap akan membantu Anda untuk mengayuh lebih cepat - jika Anda dapat mencocokkan irama Anda dengan ritme.

Hanya saja, cara ini bisa membahayakan. Terlebih saat bersepeda di jalan raya.

Oleh sebab itu, cara ini dapat dilakukan saat bersepeda di dalam ruangan - dan dapatkan manfaatnya dengan beberapa sesi pelatihan yang terstruktur.

Baca juga:
YETI TRIBE INDONESIA GELAR GOWES DAN BERLATIH BERSAMA DI HUTAN UI

3. Bersepeda dengan orang lain atau dalam kelompok
Bersepeda dengan orang lain akan meningkatkan kecepatan rata-rata Anda dalam beberapa cara. Pertama, jika Anda bergiliran melaju di depan dan berbagi pekerjaan dalam “memotong” angin, Anda akan melakukan perjalanan yang lebih cepat dalam sebuah kelompok daripada sendirian.

Berkendara dengan orang lain juga akan mendorong Anda untuk meningkatkan level usaha Anda dan mencoba untuk mengikuti seseorang dengan sedikit lebih cepat juga akan membantu dalam meningkatkan kecepatan rata-rata. Tidak hanya pada perjalanan itu, tetapi juga membantu membangun kebugaran Anda pada perjalanan lainnya.

4. Pompa ban
Ban yang dipompa dengan benar akan berputar lebih cepat. Anda harus memeriksa tekanan ban Anda sebelum memulai setiap perjalanan karena perubahan suhu dan sedikit perembesan udara dapat membuat ban kempes secara sendirinya.

Periksa dinding samping ban untuk mengetahui tekanan yang disarankan. Belilah track pump (pompa lantai) yang bagus agar Anda bisa mendapatkan tekanan yang dibutuhkan dengan mudah. Mini-pump paling baik digunakan hanya untuk keadaan darurat di jalan.

5. Lebih sedikit melakukan pengereman
Cobalah untuk mengurangi pengereman. Pengereman akan memperlambat Anda dan mengharuskan Anda mengayuh pedal lebih cepat untuk mencapai ke kecepatan semula. Pengereman yang tidak perlu juga sebuah pemborosan energi dan momentum.

Caranya, pertama cobalah untuk menghilangkan 'kenyamanan' pengereman. Ini terjadi ketika Anda berjalan di jalan yang cepat atau menurun dan Anda mulai bergerak sedikit lebih cepat dari biasanya.

Lakukan pengereman untuk menurunkan kecepatan ke tingkat yang Anda rasa nyaman. Tetapi perhatikan dulu baik-baik. Jika permukaan jalan baik, bebas dari halangan dan relatif lurus, tidak ada alasan untuk memperlambat. Jadi biarkan roda sepeda berputar dan nikmati beberapa kecepatan secara gratis.

Tempat berikutnya untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah saat menikung. Pengereman akan membantu Anda menahan kecepatan lebih lama. Ingatlah untuk selalu mengerem dalam kondisi garis lurus sehingga Anda berada pada kecepatan menikung yang nyaman sebelum mulai berbelok!

Bersambung....

 

Baca juga:
ARAB SAUDI BANTAH PANGERAN MOHAMMED BIN SALMAN BELI MANCHESTER UNITED

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company