image

Tips Mengenali Kerusakan pada Kopling Mobil

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Yout Mechanic | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

SPORTKU.COM

Pengguna mobil dengan transmisi manual, kerusakan kopling bisa menjadi hal yang menjengkelkan. Berikut kenali kerusakan bagian kopling sebelum bertambah parah

Untuk bisa merasakan gejala awal bahwa kopling kendaraan sudah masuk dalam fase kerusakan, bisa dilakukan dengan cara merasakan tinggi atau rendahnya melepas pedal kopling saat pengoperasiannya. Bagi yang sering menggunakan mobil manual, sudah pasti tahu seberapa jauh kopling mobil bisa dilepas. Rupanya, dengan merasakan hal tersebut sudah bisa menjadi indikasi awal bahwa kopling mobil sudah butuh pertahian.

"Paling gampang dari pedal kopling, kopling itu makin menipis jaraknya kan makin jauh, artinya kalau lepas pedal makin tinggi dari biasanya, itu tanda-tanda kopling sudah tipis. Kalau bawa mobil setiap hari, pasti akan terasa. Biasanya bisa dilepas seperempat sudah bisa dilepas, terus makin hari makin tinggi, kejadian seperti itu sudah paling gampang untuk mengenali kopling sudah habis atau tidak," jelas Hadi Taruna alias Hatar, pemilik bengkel Engine Block Autoworks.

Baca Juga :
Asyik, Jawa Barat Akan Punya Sirkuit Baru!

Beberapa pemilik mobil mungkin masih bisa berdalih bahwa kopling tersebut tidak mengalami kerusakan. Namun tunggu dulu, jika hal tersebut diabaikan, akan terjadi kerusakan yang akan mendera bagian tersebut. Salah satunya adalah kerusakan release bearing kopling serta bisa terjadinya slip kopling saat mengoperasikannya. Menurut Hatar, hal tersebut tidak ada cara alternatif lainnya selain melakukan penggantian.

"Jadi tidak menganggu mobil slip, kalau mobil slip artinya mobil digas, rpm naik tapi mobilnya enggak laju, kayak gitu slip. Dan kalau dibiarkan terus, kategori kerusakannya akan lebih parah lagi. Dikhawatirkan bukan hanya slip, ada kondisi yang lebih parah lagi seperti ketika angkat pedal kopling sudah tinggi, terjadi slip kopling dan release bearing bunyi, itu kondisi yang paling parah. Kalau bearing sudah bunyi, akibatnya bisa macet nanti koplingnya," tambah Hatar dalam wawancaranya.

Salah satu penyebab kopling cepat aus adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengemudi itu sendiri. Seperti meletakan kaki di pedal kopling ketika mobil tengah melaju. Kebiasaan seperti ini memang sudah menjadi salah satu habbit yang sering terjadi. Meskipun berdalih bahwa tidak menekan, namun sejatinya ketika kaki diletakkan di atas pedal kopling, tetap ada tekanan yang dihasilkan ketika kaki diletakkan di pedal kopling.

"Yang bikin cepat aus, kakinya gak mau lepas dari kopling. Yang benar itu kan tekan kopling, pindah gigi, langsung kaki dilepas dari pedal kopling. Kebanyakan orang kan tidak seperti itu, mereka meletakkan kakinya di pedal, meskipun menurut dia tidak menekan, tapi namanya kaki disandar ke pedal, kan ada tekanan juga," pungkas Hatar yang juga pemilik tim balap Ganteng Racing Team di ajang ISSOM ini.

Baca Juga :
Mengenal Karakter Dua Sirkuit Speed Offroad

  • DATA & FAKTA :
  • Indikasinya paling gampang mengenali keausan kopling adalah saat kopling dilepas. Baik itu kopling hidrolis atau mekanis kalau dilepas tingkat ketinggiannya sudah tinggi dari biasanya, itu sudah indikasi plat kopling sudah berkurang. Kalau sudah berasa gitu, harusnya ganti plat koplingnya.
  • Kedua, cara melepas koplingnya juga berpengaruh, terkadang pengemudi melakukan pengoperasiannya tidak seimbang antara melepas kopling dan menginjak pedal gas. Sehingga rpm sudah tinggi namun kopling belum dilepas dikhawatirkan dapat merusak kopling
  • Ketiga adalah pengemudi yang sering terjebak macet, karena stress hournya sebentar-sebentar menginjak pedal gas. Akibatnya juga ada efek ke bagian lain, seperti matahari kopling yang gampang rusak dan release bearingnya juga bekerja keras, serta plat koplingnya yang lama kelamaan akan menjadi tipis.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Yout Mechanic | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company