image Pebalap F1 Toro Rosso 2019, Daniil Kvyat dan Alexander Albon

Kekhawatiran Alexander Albon Bawa Bendera Thailand

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter Toro Rosso | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

uploads/news/2019/02/kekhawatiran-alexander-albon-26507a906c2765f.jpg

Kekhawatiran Alexander Albon

alexander-albon-40207048661b9c0
SPORTKU.COM

Alexander Albon sangat bangga dengan warisan Thailand-nya, tapi di satu sisi ia merasa ini adalah masalah besar.

Alexander Albon merupakan pebalap kelahiran Inggris 22 tahun silam. Tapi ia turun di kejuaraan F1 2019 dengan berdiri di bawah bendera Thailand, maka Albon pun menjadi pebalap kedua dari negeri Gajah Putih yang turun di ajang balap jet darat, setelah sebelumnya ada Birabongse Bhanudej atau yang lebih dikenal sebagai Pangeran Bira dari Siam, yang tampil debut di Grand Prix Inggris 1950.

Selama berkarier di F1, Prince Bira belum pernah menapaki podium, apalagi menyabet titel juara dunia. Posisi terbaik yang pernah diraihnya hanya sampai empat besar. Albon yang sebelumnya menjadi pebalap FIA Formula 2, berhasil menempati juara ketiga klasemen akhir pebalap pada tahun 2018. Ia nyaris menjadi runner up setelah disalip oleh Lando Norris.

Tapi, apapun prestasi Albon, ia berjanji akan melakukan yang terbaik bersama Toro Rosso. Bahkan Albon juga ingin menyandingkan track record dengan Prince Bira. "Ini masalah besar bagi saya untuk menjadi pengemudi Thailand," akunya. "Sudah lama sejak ada orang Thailand di Formula 1 dan saya hanya berharap bisa membuat semua orang bangga."

Baca Juga :
Alexander Albon Umumkan Nomor Balap Untuk Formula 1 2019

Beberapa tahun yang lalu ada perbincangan untuk mengadakan balapan Formula 1 di Thailand. Bahkan mereka sudah memiliki sirkuit yang siap dengan ketentuan penyelenggaraan F1. Albon berharap hal itu bisa segera terwujud, karena ia ingin sekali bisa bermain di kandang seperti beberapa pebalap lainnya.

"Saya pikir akan bagus untuk memiliki balapan di Thailand, itu akan luar biasa," tambahnya. "Memang Vietnam akan mengadakannya tahun depan, dan itu adalah salah satu langkah yang dekat. Setidaknya itu memberi saya sesuatu yang mirip dengan perlombaan di rumah. Bisa dibayangkan, motorsport di sana semakin besar dan saya berharap mereka memiliki seseorang yang berani untuk membawa kejuaraan ini."

Thailand memiliki lintasan balap yang sudah disahkan oleh FIA pada tahun 2014. Sirkuit tersebut diberi nama Sirkuit Buriram karena memang letaknya di provinsi Buriram, sekitar 400 meter dari Bangkok dan bisa ditempuh lewat darat selama lima jam tanpa henti, atau sekitar 50 menit dengan pesawat.

Sirkuit yang juga dikenal dengan sebutan Chang International Circuit sudah pernah mengadakan kejuaraan MotoGP tahun lalu. Kontrak dengan penyelenggara berkisar mulai dari 2018 hingga 2020 mendatang. Diharapkan ajang balap jet darat juga bisa diadakan di tempat yang sama pada masa yang akan datang, sesuai dengan keinginan Albon.

Baca Juga :
Alexander Albon Belajar Dari Mobil Formula E

 

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter Toro Rosso | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company