image Ilustrasi: menggunakan pakaian yang ketat bisa menambah kecepatan Ilustrasi:  Berkendara dengan tangan di stang bagian bawah

Trik Mudah Menambah Kecepatan Dalam Bersepeda (Bagian 2)

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Dok. Sportku | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingweekly | 18 February 2019

uploads/news/2019/02/trik-mudah-menambah-kecepatan-9376941e4c346f0.JPG

Trik Mudah Menambah Kecepatan

photo-gfny-bali-23853e2bcf24041
photo-gfny-bali-944335eac5a8dc8
SPORTKU.COM

6. Berkendara dengan tangan di stang bagian bawah

Jika Anda mengendarai sepeda dengan dropbar, seberapa sering Anda menggunakan bagian bawahnya? Peluangnya mungkin tidak banyak, tetapi posisi tersebut akan mampu meningkatkan handling sepeda, mengurangi hambatan aerodinamis dan membantu Anda berbelok dan turun dengan percaya diri.

Melaju dengan posisi tangan di bagian bawah setang dapat menurunkan hambatan angin sebesar 20 persen dibandingkan dengan memegang setang bagian atas.

Dua hal utama yang membuat orang bersepeda dengan posisi tersebut adalah tidak dapat menjangkau tuas rem dan merasa tidak nyaman. Kedua hal itu dapat diatasi dengan set-up sepeda yang benar. Jika sepeda Anda cocok dengan Anda, Anda harus dapat mengendarai sepeda dengan posisi di drop pada sebagian besar perjalanan. Anda juga mungkin perlu melakukan peregangan karena paha belakang yang kaku dan punggung bagian bawah yang tidak fleksibel akan membuat hal itu lebih sulit dilakukan.

Baca Juga :
Trik Mudah Menambah Kecepatan Dalam Bersepeda (Bagian 1)

 

7. Track stand
Anda mungkin pernah melihat para komuter atau kurir sepeda yang menyeimbangkan posisi tubuhnya dengan mudah di lampu lalu-lintas, dan berpikir bahwa mereka hanya memamerkan keterampilan super mereka.

Hal itu memang membutuhkan latihan. Ketika Anda berhenti untuk makan atau berkeliaran menunggu teman Anda, mulailah 'bermain-main' dengan teknik ini.

Untuk mempelajari caranya adalah dengan menemukan sedikit area yang miring - gradien membantu menemukan titik keseimbangan Anda. Mulailah bersepeda dengan sangat lambat dalam lingkaran yang sempit. Itu akan membantu Anda memahami cara menyeimbangkan berat badan. Lakukan selambat dan sekencang mungkin, dan cobalah dengan gerakan yang halus.

Saat Anda merasa nyaman, berhentilah perlahan dengan roda mengarah ke atas. Angkat kepala Anda. Pilih tempat dan fokuskan mata Anda pada tempat itu. Sekarang, dengan kaki depan Anda - kaki yang maju (kaki pada posisi pukul tiga dan sembilan), putar roda (sekitar 45°) ke tanjakan, dengan menjaga tekanan yang cukup untuk menjaga keseimbangan Anda.

Dengan menggunakan teknik yang sama dengan yang Anda gunakan untuk berkendara di dalam lingkaran, kendurkan sedikit tekanan pada pedal, sehingga roda akan kembali berputar. Terapkan lagi dan roda akan bergulir ke depan. Dengan sedikit gerakan bolak-balik itu, Anda dapat menjaga keseimbangan.

Sebagai awalnya, Anda juga dapat memegang tiang lampu atau pagar saat berhenti. Ingatlah untuk mulai mengayuh sedikit sebelum Anda melepaskannya, sehingga Anda memiliki momentum. Jika tidak, Anda mungkin akan melompat ke samping!

8. Pergi dengan headwind dan pulang dengan tail wind
Kecuali Anda seorang pelaut dan pesepeda, Anda mungkin tidak memikirkan arah angin setiap harinya. Tetapi angin bisa menjadi teman dan musuh Anda. Angin di haluan dapat membuat berkendara terasa penuh perjuangan dan membuat Anda merasa lambat. Angin penarik membuat Anda merasa seperti pahlawan super karena Anda dapat dengan mudah melaju dengan kecepatan tinggi.

Manfaatkan angin dengan merencanakan rute Anda, sehingga ketika Anda paling segar adalah ke headwind dan saat kembali atau pulang dibantu tail wind.

9. Menurunkan berat badan
Jika ingin sedikit lebih cepat, menurunkan berat badan akan membuat perbedaan yang besar. Menurunkan berat badan akan memungkinkan Anda bisa bergerak lebih cepat dengan jumlah usaha yang sama. Bobot yang lebih sedikit jelas akan membantu saat menanjak karena Anda kurang bergerak dan melawan gaya gravitasi.

Menurunkan berat badan juga akan membantu Anda membuat “lubang” yang lebih kecil di udara dan mengurangi hambatan yang terjadi saat bersepeda di lintasan mendatar.

Anda mungkin tidak harus terobsesi dengan diet atau pelatihan untuk menurunkan berat badan yang cukup. Tidak mengkonsumsi satu sendok teh gula dalam cangkir teh Anda, pada tiga atau empat kali dalam sehari, akan cukup untuk menghilangkan lemak 0,5 lb dalam sebulan. Bersepeda dangan waktu tambahan 30menit, tiga kali seminggu, akan memungkinkan bobot Anda turun sebanyak 1lb sebulan.

10. Interval
Cara tercepat untuk meningkatkan kecepatan rata-rata Anda adalah dengan melatih pada kecepatan di atasnya. Anda tidak bisa hanya keluar dan berkendara di rute normal dengan lebih cepat dari biasanya.

Sebaliknya, pelatih merekomendasikan pelatihan interval karena itu memungkinkan Anda untuk mendapatkan kecepatan di atas kecepatan rata-rata biasa Anda dan kemudian memperlambat dan memulihkan diri sebelum kembali bergerak cepat.

Anda dapat mencoba teknik ini selama perjalanan apa pun. Pelatihan fartlek dirancang oleh pelatih Swedia dan pada dasarnya bermain dengan kecepatan.

Baca juga:
ANNEKE BEERTEN KEMBALI KE SPECIALIZED

11 Membangun otot
Anda dapat memperoleh kekuatan dengan pelatihan olahraga khusus. Jika Anda bersepeda secara teratur, kecepatan rata-rata Anda secara bertahap akan meningkat seiring dengan jarak yang Anda rasa nyaman untuk dikendarai.

Namun, untuk mempercepat perkembangan dan untuk membangun teknik yang baik serta membantu membangun otot bersepeda, ada latihan yang dapat Anda lakukan.

Mengayuh pedal dengan cepat memiliki ketergantungan yang lebih besar pada sistem kardiovaskular daripada mengayuh dengan lambat pada roda gigi yang berat. Mengayuh dengan cepat akan membantu Anda menjadi lebih efisien juga.

Mengayuh pedal dengan cepat sangat penting untuk membuat otot-otot Anda “meledak” dengan cepat dan membangun koneksi yang tepat, antara otak, sistem saraf dan serat-serat otot Anda.

Di jalan yang datar, gunakan gigi yang membuat Anda nyaman dan catat kecepatan Anda. Ubah ke gigi yang lebih mudah dan lihat apakah Anda masih dapat menjaga kecepatan yang sama dengan mengayuh secara lebih cepat.

12. Pakaian yang ketat
Ada dua alasan untuk mengenakan pakaian bersepeda yang ketat. Satu, bahan ini dirancang untuk menghilangkan panas dan keringat dan membuat Anda tetap dingin dan kering, yang membuatnya jauh lebih nyaman untuk berkendara. Dua, pakaian longgar akan menambahkan banyak hambatan - yang pastinya akan memperlambat Anda.

Carilah pakaian yang pas, lakukan zip up jika Anda ingin lebih cepat. Yang benar-benar serius, mereka bahkan menutupi sepatunya dengan sepatu bot Lycra.

13. Menggunakan sepeda dan atau roda aero
Jika ingin maksimal, Anda juga dapat membeli kecepatan. Tubing aerodinamis pada sepeda, jari-jari dan rims bagian dalam yang aero-profil dapat membantu mengurangi hambatan dan memungkinkan Anda untuk bergerak lebih cepat.

Namun, tubuh manusia menyebabkan sekitar 70 persen dari total hambatan (sepeda dan roda sekitar 30 persen), sehingga peningkatan posisi berkendara Anda akan menjadi faktor yang paling penting.

Sebelum mulai mengeluarkan uang, ingatlah bahwa peningkatan ini akan sangat kecil dibandingkan dengan yang dapat diperoleh dari menurunkan berat badan, bersepeda lebih banyak dan menjadi lebih bugar. 

Baca juga:
CAMPENAERTS BERTEKAD PECAHKAN REKOR WIGGINS

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Dok. Sportku | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingweekly | 18 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company