image Red Bull Racing Mercedes AMG Alfa Romeo Racing

Komparasi Front Wing Mobil F1 2019

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 19 February 2019

uploads/news/2019/02/komparasi-front-wing-mobil-888025f55bc6704.jpg

Komparasi Front Wing Mobil F1

livery-red-bull-racing-8090730495cc958
mercedes-meluncurkan-mobil-baru-73000f3ddce5713
sauber-menjadi-tim-terakhir-8809498ca389250
SPORTKU.COM

Tim Formula 1 sudah meluncurkan mobil barunya  untuk musim 2019. Seperti apa perbedaan antara satu mobil dengan yang lainnya?

Dari beberapa regulasi yang mengatur tentang perubahan desain mobil Formula 1, salah satu bagian yang paling tersorot perubahannya adalah front wing. Sayap depan mobil tahun ini, dibuat lebih simple bila dibandingkan dengan mobil tahun lalu di mana kisi-kisi yang sebelumnya menghiasi bagian atas front wing, tahun ini ditiadakan. Tampil lebih polos dan lebih besar lantaran ada penambahan panjang seperti yang telah diatur dalam regulasi.

Mercedes AMG F1, sebagai tim juara musim lalu, tidak banyak melakukan perubahan di sektor front wing. Dalam wujud mobil yang mereka presentasikan saat proses peluncuran, front wing mereka hanya terdiri dari empat layer plate front wing yang ditambahkan dengan sebuah fitur di bagian ujung front wing. Sedangkan untuk bagian bawahnya, seperti yang telah diatur oleh regulasi bahwa setiap tim hanya diperbolehkan menggunakan dua plate di bagian bawah kanan dan kiri front wing.

Baca Juga :
Kejutan Red Bull Racing Lewat Spesial Livery

Tim penantang asal Maranello, Italia, Scuderia Ferrari, musim 2019 ini memiliki desain front wing yang lebih agresif bila dibandingkan kompetitor utamanya tersebut. Jika diperhatikan secara seksama, front wing Scuderia Ferrari memiliki bentuk yang berbeda dari Mercedes. Tim yang saat ini dinahkodai oleh Mattia Binotto, melakukan perubahan desain dengan membuatnya lebih landai di bagian ujung front wing.

Sementara itu, Red Bull Racing, tim yang juga tengah mengincar titel juara pada tahun ini, melakukan rombakan yang cukup besar untuk urusan front wing. Berdasarkan foto yang dirilis secara resmi, front wing RB15 terbagi menjadi lima layer dan terbagi menjadi tiga layer di bagian atas terpisah dan sedangkan dua layer masih menyatu dengan pangkal front wing. Pada desain RB15, front wing juga dibuat lebih ringkas lantaran di bagian tengah tidak terlalu menyesak seperti desain Scuderia Ferrari dan Mercedes AMG F1.

Tim lain yang menampilkan desain front wing berbeda adalah Alfa Romeo Racing. Saat kedapatan dengan melakukan pengetesan sebelum hari peluncuran, publik dikejutkan dengan bentuk yang lebih agresif dari front wing mobil terbaru Alfa Romeo Racing. Secara tegas, front wing tersebut dibuat lebih bertingkat dan memiliki panjang yang berbeda antara plate di bagian atas dan plate bagian bawah.

Jika diperhatikan, maka tampilan front wing C38 Alfa Romeo Racing selain memiliki sifat agresif, juga tampil dinamis dengan lekukan front wing yang berbeda dari seluruh tim yang ikut dalam kompetisi Formula 1 2019. Selain front wing, ada beberapa bagian lagi yang diboyong oleh masing-masing tim untuk musim ini. Penasaran seperti apa? Tunggu ulasan berikutnya di SPORTKU!

Baca Juga :
Alfa Romeo Jadi Tim Terakhir yang Meluncurkan Mobil Pesaing 2019

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 19 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company