image Regulasi helm F1 2019 Regulasi stop lamp F1 2019 Regulasi fairing halo 2019

Helm dan Lampu Rem Ikut Diatur dalam Regulasi Formula 1 2019

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Motorsport.tech, scuderia Ferrari | Editor: Andi Wahyudi | 19 February 2019

uploads/news/2019/02/regulasi-keselamatan-formula-1-943343ef05c34dc.jpg

Regulasi Keselamatan Formula 1 2019

hasil-tes-pramusim-f1-841124d055eb6f0
hasil-tes-pramusim-f1-413653c8b5e37f2
hasil-tes-pramusim-f1-17259b026ec0c03
SPORTKU.COM

Setiap tahun, regulasi Formula 1 selalu diperbarui untuk meningkatkan persaingan serta keselamatan di dalamnya.

Musim ini, regulasi Formula 1 banyak mengatur tentang bentuk mobil yang diyakini akan lebih mudah untuk melakukan overtake. Selain pembahasan regulasi bentuk mobil yang sudah kami bahas sebelumnya, pada artikel ini kami akan membahas mengenai hal apa saja yang ikut diupdate oleh penyelenggara untuk regulasi dari sisi keselamatan pebalap itu sendiri. Ada apa saja yang mereka atur untuk musim ini?

1. Lampu Rem
Pengadopsian lampu rem model vertikal yang berada di sisi belakang rear wing, sejatinya pernah digunakan oleh Mercedes kala 2018 lalu. Saat itu, pengetesan tersebut digunakan oleh Silver Arrow ketika tes paruh musim. Setelah pengetesan tersebut, Mercedes tak nampak lagi mengaplikasikan fitur tersebut pada balapan berikutnya. Kini, regulasi Formula 1 seperti dilansir dari motorsport.tech, menyampaikan fitur tersebut akan digunakan untuk musim 2019.

Pengadopsian fitur tersebut, juga untuk memungkinkan pebalap di belakang dapat melihat dengan jelas mobil yang berada di depannya. Pasalnya, ketika lampu tersebut disematkan, ketika kondisi balapan hujan, hal tersebut dirasa cukup membantu penglihatan mereka agar tetap balapan dengan cara yang lebih aman.

2. Fitur Helm Balap F1 dan Sarung Tangan Sensor
Selain penerapan lampu rem vertikal yang berada di belakang rear wing, untuk musim 2019 regulasi juga turut mengatur keselamatan dari sisi penggunaan helm. Musim lalu, ada sebuah piranti yang berada tepat di atas visor pebalap. Namun untuk tahun ini, fitur tersebut ditanggalkan lantaran sudut penglihatan pebalap akan berkurang sehingga regulasi mengatur untuk tidak menggunakannya.

Sementara itu, mengenai sensor pad yang berada di ujung sarung tangan pada salah satu jari, akan berfungsi untuk mendeteksi detak jantung pengemudi untuk melihat tingkat oksigen darah, yang direkam dan disiarkan ke FIA secara real time saat berada di trek. Ini memberikan FIA tidak hanya mengenai kesehatan dasar tentang pengemudi, tetapi ketika berlari di bawah tekanan, tetapi juga jika terjadi kecelakaan. Sensor tersebut juga berguna sebagai langkah yang akan diambil oleh tim medis ketika melakukan pertolongan.

3. Halo Fairing dan Nose Mounting
Tahun kedua pengaplikasian halo, penyelenggara mulai menambahkan piranti yang mereka gunakan, yakni dengan menambah fairing yang letaknya berada di atas halo. Dalam regulasi tahun 2019, penggunaan fairing halo sangat berguna mengingat saat musim lalu ada beberapa kecelakaan parah dalam balapan dan 'terselamatkan' dengan adanya halo tersebut. Dalam peraturannya, fairing tersebut tidak boleh terlalu tajam lantaran dapat membahayakan marshall serta pebalap itu sendiri ketika kecelakaan.

Sedangkan untuk nose mounting, hal tersebut juga memiliki dampak yang serius ketika kecelakaan. Kini, mereka mengatur untuk melakukan pemasangan empat titik untuk penyangga antara hidung mobil dengan body mobil. Di samping itu, dengan adanya nose mounting tersebut, juga dikatakan akan memudahkan tim saat melakukan penggantian ketika berada di pitstop.

Baca Juga :
Komparasi Front Wing Mobil F1 2019

 

Baca Juga :
Lampu Rem Baru Mercedes W09 yang Eye Catching

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Motorsport.tech, scuderia Ferrari | Editor: Andi Wahyudi | 19 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company