image

Sebastien Vettel: Sayap Depan Mobil F1 2019 Jelek!

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Scuderia Ferrari | Editor: Andi Wahyudi | 20 February 2019

uploads/news/2019/02/vettel-front-wing-f1-8409483093453a9.jpg

Vettel: Front Wing F1 Jelek!

renault-pada-sesi-tes-167171c9df70f92
SPORTKU.COM

Regulasi yang mengatur mengenai bentuk dan desain front wing mobil F1 2019 mendapat komentar pedas dari Sebastian Vettel.

Menurut pebalap Scuderia Ferrari tersebut, regulasi yang telah ditetapkan oleh FIA untuk mengatur front wing tahun ini tidak membuatnya cukup senang. Bahkan, pebalap yang tahun ini bertandem dengan Charles Leclerc, tidak segan-segan mengeluarkan komentar pedasnya untuk hal tersebut. Seperti dilansir dari planetF1.com, pebalap kelahiran Jerman tersebut mempertanyakan mengapa hal tersebut bisa disahkan!

"Sayap depan mobil Formula 1 2019, terlihat sangat jelek. Saya tidak mengerti mengapa itu (sayap depan mobil F1 tahun ini) sangat luas. Saya pikir bertahun-tahun yang lalu kami kembali kepada bentuk sayap yang lebih ramping, karena kami mengatakan itu sebenarnya buruk untuk balapan," ujar Vettel.

Baca Juga :
Komparasi Front Wing Mobil F1 2019

"Sekarang kita ingin kembali ke bentuk yang lebih lebar, mungkin mereka lupa mencatat bahwa jika Anda melihat ada sebuah space kosong di mobil itu adalah keindahan," tambah Vettel, pebalap yang menguasai hari pertama tes pramusim kemarin.

Dalam regulasi yang telah diputuskan, perubahan front wing atau sayap depan mobil Formula 1 tersebut, diharapkan dapat memberikan performa yang lebih baik. Bahkan, regulasi tersebut dengan gamblang mengatakan bahwa perubahan tersebut juga dilandasi karena untuk membantu pebalap dalam hal melakukan slipstream dan jika memungkinkan bisa meningkatkan kemudahan dalam melakukan overtake.

Selain mengomentari hal tersebut, menurut pebalap yang masih menargetkan menjadi juara dunia bersama Scuderia Ferrari tersebut tidak ada satupun tim yang memiliki desain sayap depan yang bagus. Ia benar-benar tidak terkesan dengan perubahan yang dilakukan untuk mengelola bentuk front wing tersebut. "Saya depan untuk semua tim, terlihat agak aneh," tambah Vettel lagi.

Selain pengaturan front wing, regulasi juga mengatur mengenai sayap belakang. Dijabarkan dalam regulasi Formula 1 2019, juga diatur dengan dimensi yang lebih tinggi, lebih luas dan lebih sederhana. Hal ini juga tidak lepas dari perubahan yang dilakukan pada sayap depan.

Baca Juga :
Red Bull Racing Percaya Diri dengan Bentuk Front Wing RB15

Front wing Scuderia Ferrari SF90renault-pada-sesi-tes-167171c9df70f92.jpg

  • DATA & FAKTA :
  • Untuk tahun ini, sayap depan mengalami perubahan beberapa aspek. Seperti lebar sayap yang bertambah 200mm, tinggi bertambah 20mm dan lebih panjang 25mm. Bahkan untuk plate yang terletak di bawah front wing, juga dibatasi menjadi dua plate saja yang sebelumnya sebanyak empat plate.
  • Sayap belakang juga mengalami perubahan dimensi dengan naik sekitar 20mm. Selain itu, lebarnya juga ditambah sebesar 100mm. Bahkan, untuk pembukaan DRS juga meningkat sekitar 20mm dan mampu memberikan daya dorong sebesar 25 persen lebih besar dari regulasi tahun 2018.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Scuderia Ferrari | Editor: Andi Wahyudi | 20 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company